Home Blog Page 304

Abbott Konfirmasi Antigen Bioquick Bisa Deteksi Omicron XBB

0

Abbott mengeluarkan konfirmasi bahwa antigen Bioquick COVID-19 Rapid Ag Test, produk lokal mereka untuk pasar Indonesia mampu mendeteksi Omicron subvarian XBB.

“Seperti yang ditunjukkan melalui pesan teks, kami belum menerima laporan negatif tentang kinerja Bioquick sehubungan dengan deteksi Omicron atau sub-varian XBB-nya. Abbott secara saksama memantau mutasi COVID-19 untuk memastikan bahwa pengujian kami, termasuk Bioquick COVID-19 Rapid Ag Test, dapat mendeteksinya. Kami telah melakukan analisis menyeluruh terhadap varian yang diketahui, termasuk sub-varian Omicron XBB, dan tidak ada dampak yang diprediksi terhadap kinerja pengujian,” demikian konfirmasi yang kami dapatkan dari jurubicara Abbott Regional  untuk wilayah Asia Pasific.

Konfirmasi tersebut menegaskan isi Dokumen Petunjuk Teknis Prediksi Dampak Varian pada Tes Diagnostik SARS-CoV-2/COVID-19 Abbott dalam pendeteksian varian virus SARS-CoV-2. Dokumen yang dihasilkan melalui analisis berkelanjutan oleh Koalisi Pertahanan Pandemi Abbot (Abbot Pandemic Defense Coalition) ini dikeluarkan sebagai jaminan kepada pelanggan bahwa Abbott melakukan analisis berkelanjutan dan menyeluruh terhadap varian SARS-CoV-2 yang muncul.

Di dalam dokumen tersebut tercantum bahwa dua merek alat tes antigen Abbott yang sedang dan pernah beredar di Indonesia, yaitu Bioquick dan Panbio  memperlihatkan kemampuan untuk mendeteksi protein SARS-CoV-2 yang dicari. Sub varian XBB (BA.2.10)  juga tercantum sebagai salah satu dari ratusan varian Covid-19 yang dianalisa oleh Koalisi Pertahanan Pandemi Abbott.

Covid varian XBB atau BA.2.10 merupakan evolusi dari strain subvarian BA.2 omicron. Varian ini disebut sebagai yang terbaru dari serangkaian varian yang telah muncul di negara-negara dengan tingkat vaksinasi yang tinggi.

Omicron varian XBB pertama kali ditemukan pada Agustus 2022 di India dan dilaporkan telah menyebar ke 28 negara di penjuru dunia. Penyebaran dan sifat penularannya yang cepat membuat sebagian besar masyarakat dunia diselimuti kekhawatiran besar akan terulangnya kasus pandemik Covid-19 dua setengah tahun silam.

Namun begitu, lonjakan kasus varian XBB tidak diiringi dengan peningkatan kematian dan kenaikan jumlah perawatan di rumah sakit. Menurut para ahli medis, subvarian Omicron BA.2.10 memiliki gejala-gejala yang cenderung ringan. Antara lain batuk, pilek, demam, sakit kepala, nyeri tulang, serta kehilangan penciuman pada sejumlah pasien.

Di Indonesia, seperti disiarkan Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan RI dalam web Kemkes.go.id, kasus pertama XBB  ditemukan pada akhir September. Dan sampai 4 November kemarin, menurut Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Muhammad Syahril ada 12 kasus XBB terlapor, di mana dua kasus berasal dari perjalanan luar negeri, sementara 10 kasus merupakan transmisi lokal.

Jubir Kemenkes juga menyebutkan, seiring dengan hadirnya varian XBB, terjadi kenaikan COVID-19 di 30 provinsi di Indonesia dalam kurun waktu satu minggu terakhir. Pada level nasional, terjadi peningkatan sekitar 4.700 – 4.900 kasus selama empat hari terakhir. Tren kenaikan kasus disinyalir terjadi seiring dengan ditemukannya varian XBB di Indonesia.

Jakarta Watch Exchange Show 2022

Pameran Jam Tangan Mewah dan Barang-Barang Bermerek Kelas Atas yang Paling Dinantikan!

Jakarta Watch Exchange Show 2022 atau disebut dengan JWX 2022 adalah acara yang telah dinantikan oleh para pecinta jam tangan mewah di Jakarta dan kota-kota besar sekitarnya yang akan menampilkan juga berbagai barang mewah lainnya dari merek-merek ternama kelas atas.

Pameran yang pertama kali dan terbesar yang diadakan di Jakarta ini akan berlangsung sejak 11 hingga 13 November 2022 mulai dari jam 10.00 sampai 22.00 setiap harinya dan bertempat di Atrium PIK Avenue di kawasan trendi Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

JWX 2022 akan menampilkan koleksi jam tangan mewah dari berbagai jenama terpopuler di dunia yang berkelas baik koleksi terbaru maupun koleksi vintage yang tentunya akan memberikan prestise bagi para kolektor jam tangan mewah. Sebut saja mulai dari Richard Mille, Patek Philippe, Audemars Piguet, Rolex, Vacheron Constantine dan berbagai jenama legendaris jam tangan mewah lainnya. 

Lebih dari 40 peserta pameran dari Jakarta, Surabaya dan Medan akan menggelar koleksi terbaik mereka dan untuk menambah kemewahan pameran ini, termasuk diantaranya juga ada berbagai barang mewah lainnya seperti mobil-mobil mewah atau lazim disebut supercars, perhiasan dengan kualitas terbaik, tas-tas mewah dari jenama high-end fashion, perlengkapan dan merchandise golf, aksesori untuk jam tangan dan barang-barang mewah lainnya. 

Sederet merek otomotif mewah seperti Ferrari, McLaren, Porsche, Mercedes Benz, Mustang, dan lainnya akan menampilkan berbagai koleksi mobil-mobil supercars mereka yang eksotis. Sementara pencinta high-street fashion juga akan dimanjakan dengan berbagai koleksi jenama mode dunia mulai dari Louis Vuitton hingga Hermes. Terdapat juga beberapa lukisan bertemakan jam tangan yang unik dan menarik bagi para kolektor jam tangan untuk dijadikan tambahan koleksi mereka yang berkelas. 

Serial Drama HBO Original ‘The Last of Us’ Mulai Tayang 16 Januari

0

Sembilan episode dari season pertama serial drama HBO Original The Last of Us mulai tayang Senin, 16 Januari di HBO GO

The Last of Us mengambil suasana dua puluh tahun setelah kehancuran peradaban modern. Joel, sosok petarung tangguh, disewa untuk menyelundupkan Ellie, gadis usia 14 tahun, keluar dari zona karantina yang penuh tekanan. Pekerjaan yang awalnya dianggap sederhana kemudian menjadi perjalanan yang brutal dan mengharukan, karena keduanya harus melintasi kawasan AS dan saling bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup.

Para pemerannya antara lain Pedro Pascal sebagai Joel, Bella Ramsey sebagai Ellie, Gabriel Luna sebagai Tommy, Anna Torv sebagai Tess, Nico Parker sebagai Sarah, Murray Bartlett sebagai Frank, Nick Offerman sebagai Bill, Storm Reid sebagai Riley, Merle Dandridge sebagai Marlene, Jeffrey Pierce sebagai Perry, Lamar Johnson sebagai Henry, Keivonn Woodard sebagai Sam, Graham Greene sebagai Marlon, Elaine Miles sebagai Florence, serta Ashley Johnson dan Troy Baker.

The Last of Us, diambil dari permainan video berjudul sama yang banyak mendapat pujian dikembangkan oleh Naughty Dog secara eksklusif untuk platform PlayStation®, ditulis dan diproduseri oleh Craig Mazin dan Neil Druckmann.

Serial ini diproduksi bersama dengan Sony Pictures Television dengan executive producer Carolyn Strauss, Evan Wells, Asad Qizilbash, Carter Swan, dan Rose Lam. PlayStation Productions, Word Games, The Mighty Mint, dan Naughty Dog turut terlibat. 

Tonton streaming atau unduh The Last of Us di HBO GO. Berlangganan HBO GO online di hboasia.id atau di aplikasi mobile melalui App Store atau Play Store hanya dengan harga Rp 33.000 per bulan. Atau akses HBO GO melalui IndiHome dan MAXstream Telkomsel. HBO GO juga tersedia pada Android TV, Apple TV, LG TV dan Samsung Smart TV – yang hadir dengan fungsi AirPlay dan Google Cast.

Sambung Rasa

0
Oleh Eileen Rachman & Emilia Jakob

Seorang teman yang baru saja kembali bekerja setelah masa berkabung ditinggal suaminya, terkejut menjumpai karangan bunga di atas meja kerjanya. Mendiang suaminya memang biasa mengirimi ia bunga setiap minggunya. Ternyata, bunga itu dikirim oleh teman-temannya yang mengetahui kebiasaan mendiang suaminya itu. Hatinya yang kosong kembali menghangat oleh kasih sayang teman-temannya ini.

Welas asih, compassion yang kita rasakan, ternyata tidak hanya pelipur lara, tetapi juga bisa membangkitkan motivasi. Welas asih yang biasanya kita saksikan di rumah sakit, panti jompo, ternyata tidak hanya dibutuhkan di sana. Melalui kemampuan welas asih, kita dapat melihat manusia dari sudut lain. Kita melihat manusia sebagai bagian dari alam semesta sehingga biasanya kita pun melihat diri kita dari perspektif yang lebih humanis.

Membangun hubungan dengan orang lain adalah hakikat manusia. Sementara semenjak era teknologi berkembang demikian pesat, hubungan antarmanusia sering dinomorduakan setelah teknologi. Padahal, kreativitas, resiliensi, bahkan produktivitas banyak dipengaruhi oleh kualitas hubungan interpersonal kita.

Adam Grant, penulis buku-buku organizational psychology, mengungkapkan, kita sering berfokus pada deadline yang ketat, teknologi yang berkembang pesat, sehingga mengesampingkan silaturahmi di tempat kerja. Padahal, bila kita merasa terasing dari rekan kerja, pekerjaan pun akan kehilangan maknanya.

Melihat bahwa compassion memiliki dampak yang sangat kuat untuk meningkatkan sambung rasa di dalam kelompok kerja, bagaimana cara meningkatkan atau mengembangkannya?

Pertajam kemampuan menyensor penderitaan orang

Sering kali kita terlambat mengetahui bahwa ada rekan kerja, atasan, ataupun bawahan sedang menderita. Norma-norma profesional sering menyarankan agar kita memendam emosi, tidak membawa urusan personal kita di tempat kerja.

Akibatnya, orang sering tidak berani menyampaikan masalah rumah tangganya yang sebenarnya membuatnya susah. Tembok pemisah ini sering kali menjadi lebih tebal bila kita sebagai atasan atau rekan kerja tidak memberi tanda, baik secara fisik maupun psikologis, bahwa kita ada untuk mereka.

Bisa karena kita sedang sibuk pada pekerjaan atau karena keengganan membuka hubungan emosi atasan-bawahan. Contohnya, bila seorang atasan mengalami kesusahan karena anggota keluarga yang sedang sakit keras, apa yang ada di benak para bawahan? Bagaimana para bawahan menyatakan rasa iba mereka?

Terkadang mereka bingung dan sungkan untuk mengungkapkan kepeduliannya kepada atasan agar tidak terkesan mencari muka. Di sinilah kita perlu mengasah keterampilan berempati yang dapat meningkatkan sambung rasa dan membuat hubungan atasan bawahan semakin kuat.

Art Moments Jakarta Kembali dalam Skala Lebih Besar di Tempat Kelahirannya 

0
Pembukaan Art Moments Jakarta edisi kelima dihadiri oleh para pencinta seni di tempat awal mula lahirnya bursa seni ini.

Ajang seni tahunan Art Moments Jakarta kembali ke tempat awal mula lahirnya bursa seni tersebut di The Grand Ballroom Sheraton Jakarta Grand Gandaria City Hotel dan Gandaria City Hall dan bergulir dari 4-6 November 2022. 

Sebanyak 40 galeri seni dari Asia Tenggara dan berbagai belahan dunia lainnya akan berpartisipasi dan menampilkan ribuan karya seni, kriya dan NFT dari sejumlah seniman ternama, seperti Miwa Komatsu, Andrey Ostashov, Made Wianta, Handrio, Nyoman Nuarta dan masih banyak lagi. 

Khai Hori, Jivan Tulsani, Sendy Widjaja, I Ketut Alam Wangsawijaya, Munwar Basha

Art Moments Jakarta 2022 resmi dibuka pada 4 November 2022. Acara dibuka dengan para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh konduktor dari Jakarta Philharmonic Orchestra Children Choir. Acara pembukaan dilanjutkan dengan pidato pembuka dari Sendy Widjaja, Co-Founder dan Fair Director Art Moments Jakarta.

Jakarta Philharmonic Orchestra

Bergabung di atas panggung sebagai pembicara adalah Khai Hori, Curatorial Partner of Art Moments Jakarta; I Ketut Alam Wangsawijaya, Executive Vice President Transaction Business Development BCA; Jivan Tulsiani, Head of Marketing TZ – APAC, dan Munwar Basha, General Manager Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. 

“Setelah menunggu yang cukup lama, kita kembali menjadi salah satu bursa seni paling berpengaruh di Indonesia. Art Moments Jakarta berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dengan selalu menyajikan konsep program baru serta menciptakan kesempatan bagi para galeri seni, seniman, kolektor, dan pencinta seni untuk bertemu. Tahun ini, kami menampilkan seni murni, seni modern, seni tradisional, dan seni kontemporer dari galeri seni dan seniman asal Indonesia dan dunia, serta tak ketinggalan menampolkan seni digital dan NFT,” ujar Sendy. 

Khai Hori
I Ketut Alam Wangsawijaya – Executive Vice President Transaction Business Development BCA

Dalam pendapatnya mengenai Art Moments Jakarta, Head of Marketung dari TZ APAC, Jivan Tulsiani mengatakan, “Seniman Asia Tenggara dan Indonesia secara aktif mengembangkan seni digital dalam bentuk NFT hingga mereka mampu menjangkau audiens yang lebih luas, mendapatkan kompensasi yang layak atas karya mereka, serta menjadi agen perubahan positif dalam komunitasnya.”

Sambut Musim Perayaan Magis di The Hermitage Jakarta 

The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta mempersembahkan perayaan Natal dan akhir tahun yang memesona. 

Menyambut musim perayaan akhir tahun, The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta mengundang tamu untuk berkumpul bersama keluarga dan orang tersayang melalui sejumlah penawaran memikat, mulai dari Festive Hampers cantik dan paket Festive Dining untuk Natal dan Tahun Baru. 

Festive Hampers 

Mengekor kesuksesan kolaborasi sebelumnya bersama tokoh dan perancang busana, tahun ini, The Hermitage Jakarta kembali menggandeng salah satu desainer kain ternama Indonesia untuk meluncurkan bingkisan Natal yang cantik. Untuk Natal dan Tahun Baru kali ini, pihak hotel bekerja sama dengan Obin dari BINhouse dalam sebuah paket bingkisan Premium yang berisi penganan serta syal batik cantik dari BINhouse. 

Heritage x BINhouse Hampers, Rp3.980.000++ 

Bingkisan ini berisi empat kue kering artisan: Truffle Kaasstengels, Double Choco Mocha, Nastar, Klepon Sago, Sparkling Wine, 8 cokelat Praline, dan syal batik cantik dari BINhouse. 

Jolly Hampers, Rp1.380.000++ 

Bingkisan ini berisi empat kue kering artisan: Truffle Kaasstengels, Double Choco Mocha, Nastar, Klepon Sago, dan delapan cokelat Praline. 

Noel Hampers, Rp580.000++ 

Bingkisan ini berisi dua kue kering artisan: Truffle Kaasstengels and Klepon Sago. 

Buka Kantor di Jakarta, Julie Huang Dipilih AVOW Eksplorasi Peluang Baru di Asia Tenggara

0

AVOW, perusahaan spesialis akuisisi pengguna mobile OEM, baru saja mengumumkan bahwa Julie Huang telah bergabung sebagai Director of Business Development, Asia Tenggara. Dalam peran barunya, Julie akan memimpin AVOW dalam mengeksplorasi peluang-peluang bisnis baru di Asia Tenggara dan memperkuat pangsa pasar AVOW yang semakin meningkat di kawasan  tersebut. 

Julie memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam jaringan iklan dan industri pemasaran media. Sebelum bergabung dengan AVOW, Julie mendapatkan pengalaman dengan mengembangkan dan memimpin sales team berkinerja tinggi di Eropa dan Asia di Glispa and Market Group. Ia berperan penting dalam membantu beberapa pemain terkemuka di industri aplikasi seluler di Asia untuk mengakses pasar dan secara signifikan meningkatkan pendapatan mereka.

“Julie sangat luar biasa untuk melengkapi A-Team dengan pengalaman nya dalam pemasaran pertumbuhan seluler dan tahu hal-hal yang perlu dilakukan agar klien dapat meraih kesuksesan,” kata Robert Wildner, CEO AVOW. 

“Indonesia adalah pasar terbesar kami di Asia Tenggara. Untuk mendukung pertumbuhan pesat dan fokus AVOW di kawasan ini, kepemimpinan Julie dalam sales dan pengalaman beliau dalam membangun sales team berkinerja terbaik akan mempercepat kesuksesan AVOW. Kami sangat senang dia bergabung.”

Pangsa pasar AVOW di SEA telah bertumbuh pesat dalam dua tahun terakhir dan AVOW kini memiliki kantor cabang di Jakarta. AVOW telah melayani berbagai pemain terkemuka di berbagai industri seperti Kredivo, Union Bank, Kumu, Lalamove, AstraPay, dan Shopee dengan meningkatkan pertumbuhan dan keterlibatan pengguna di aplikasi seluler mereka.

Misi AVOW adalah untuk menggambarkan potensi sesungguhnya dari periklanan mobile OEM. Untuk mendukung tercapainya tujuan ini dan rencana pertumbuhan AVOW di kawasan ini, Julie akan berperan penting dalam meningkatkan kesadaran di kalangan pemasar seluler tentang berbagai manfaat mobile OEM saat diintegrasikan ke dalam bauran pemasaran seluler.

“Saya senang bergabung dengan tim AVOW dan berkontribusi untuk mengembangkan fondasi kokoh yang telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir. Ini adalah saat yang menyenangkan bagi semua pemasar, khususnya di kawasan SEA, di mana app store alternatif mendapatkan momentum tinggi. Melewatkan peluang iklan OEM sama dengan kehilangan jutaan audience yang belum dapat dijangkau di pasar. Periklanan mobile OEM menyediakan banyak peluang untuk menjangkau dan menarik pengguna baru. Saya ingin mengembangkan solusi ini ke pasar Asia Tenggara,” kata Julie Huang, Director of Business Development, Asia Tenggara.

Baru-baru ini AVOW ditunjuk sebagai agensi resmi utama produsen smartphone Android terbesar, Xiaomi untuk kawasan Asia Tenggara. Selain itu, AVOW juga menjadi agensi resmi Xiaomi untuk kawasan Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika.

Tribe Hadir di Bali dengan Mengusung Desain yang Berani

0

Tribe Bali Kuta Beach Telah Dibuka, Menawarkan Ruang Berbasis Desain yang Dapat Diakses oleh Siapa Saja, Kamar Berdesain Cerdas dan Grab & Go Makanan dan Minuman 24/7 untuk Wisatawan Generasi Baru.

Tribe, bagian dari Ennismore, sebuah merek gaya hidup global yang kolektif, telah membuka pintu hotel pertamanya di Indonesia dengan pembukaan Tribe Bali Kuta Beach di Pulau Dewata, Indonesia.

Berlokasi strategis di pinggir Pantai Kuta yang terkenal, 10 menit berkendara dari bandara dan cukup dengan berjalan kaki untuk mengakses banyak restoran dan bar, Beachwalk Shopping Mall, Waterbom Water Park, dan street food di area Dewi Sri, hotel Tribe Bali Kuta Beach menawarkan lebih dari sekadar akomodasi yang bergaya.

Di Tribe, para tamu akan menemukan penawaran hotel yang telah dirancang secara khusus, yang menarik perhatian para wisatawan di seluruh dunia dengan fokusnya pada pengalaman yang berkesan dan berkualitas, yang memberi tamu segala hal yang mereka butuhkan dan bahkan lebih dari yang mereka butuhkan. Lupakan pelayan atau layanan pramutamu yang biasa-biasa saja – Tribe tahu bahwa wisatawan modern mendambakan efisiensi, fleksibilitas, dan kenyamanan berbasis desain.

“Lahir di Australia, berkat visi dari Mark dan Melissa Peters, Tribe diciptakan sebagai jawaban atas fakta sederhana: Saat ini, lebih dari sebelumnya, para wisatawan mendambakan pengalaman hotel berkualitas tinggi dengan harga terjangkau,” kata François Leclerc, Deputy Brand COO untuk Tribe.

Airasia Super App Menyempurnakan Ekspansi Wilayah Asia Tenggara dengan Peresmian di Indonesia

0
  • Berfokus pada Provinsi Bali dengan menyasar turis mancanegara sebagai target market utama.
  • Bali menjadi wilayah pertama untuk peluncuran airasia ride di Indonesia demi memberikan pengalaman perjalanan yang lengkap dan terintegrasi dengan layanan transportasi e-hailing.

Airasia Super App mengumumkan kehadirannya di Indonesia dengan peresmian yang berlangsung di TRIBE Bali Kuta Beach Hotel pada hari ini. Jangkauan airasia Super App ke Indonesia merupakan tonggak penting bagi travel super app ini untuk menyempurnakan ekspansi di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2022, dimana Pulau Bali sebagai pasar utama wisatawan mancanegara menjadi fokus utama. Acara peresmian ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gde Wayan Samsi Gunarta, Chief Commercial Officer airasia Super App, Tan Mai Yin, dan Chief Executive Officer airasia Super App, Amanda Woo yang bergabung secara virtual.

Sebelumnya, airasia Super App yang merupakan lini bisnis digital milik Capital A (dahulu dikenal dengan AirAsia Group) telah diluncurkan di Malaysia pada Oktober 2020, disusul Thailand serta Filipina pada bulan Februari dan April tahun ini. Hadirnya airasia Super App akan turut menggebrak industri digital tanah air sebagai satu-satunya aplikasi travel super app yang terintegrasi secara praktis.

Keterangan foto: (kiri-kanan) Head of Marketing airasia Super App Indonesia Boni Andika, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta, Direktur Operasional PT Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana, Chief Commercial Officer airasia Super App Tan Mai Yin, dan Group Head of Delivery airasia Super App Lim Ben Jie pada Peresmian airasia Super App Indonesia yang berlangsung di Bali

Pada momen yang sama, airasia Super App juga meluncurkan layanan transportasi e-hailing roda empat, airasia ride yang mengawali perjalanannya di Provinsi Bali. Langkah ini menjadi salah satu upaya airasia Super App untuk menyajikan pengalaman perjalanan dari hulu ke hilir kepada para pengguna di Indonesia.

CEO airasia Super App, Amanda Woo menyampaikan, “Kami sangat antusias atas peresmian airasia Super App di sini, sebagaimana Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang sangat kuat. Hal ini mungkin terkesan menjadi tantangan besar bagi kami untuk dapat menembus para kompetitor super app lokal yang telah didominasi oleh sejumlah pemain utama. Namun, kami memiliki diferensiasi, serta cara pendekatan yang berbeda untuk penetrasi pasar Indonesia.”

“Kami percaya tidak ada super app lain di luar sana yang benar-benar dapat menyatakan diri sebagai travel super app, dan mampu memberikan pengalaman praktis secara menyeluruh kepada penggunanya dengan menggabungkan segmen perjalanan dan gaya hidup dalam satu platform. Terlebih, kami adalah satu-satunya travel super app yang memiliki maskapai sendiri. Kekuatan ini memungkinkan kami untuk mengoptimalkan database pengguna yang luas dan memperkuat segmen travel.”

“Maka dari itu, salah satu fokus utama kami adalah mengembangkan destinasi wisata utama, dimulai dari Bali. Kami juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali yang telah hadir di acara peresmian airasia Super App pada hari ini.”

Suku dan Budaya: The Apurva Kempinski Bali Menyorot Pulau Sulawesi

0

Sebuah kolaborasi dengan desainer Dwi Iskandar, menampilkan keindahan kain tradisional Toraja melalui ‘Exotic Toraja’.

Malam pertunjukan spektakuler lainya berlangsung di The Apurva Kempinski Bali. Bekerja sama dengan perancang busana Dwi Iskandar, resor ini memberikan sorotan terhadap warisan budaya dari pulau Sulawesi dengan menghadirkan panggung yang terinpsirasi oleh Toraja. Pada 21 Oktober 2022, Pendopo Lobby yang megah di resor ini menjadi latar belakang dari kolaborasi spektakuler, yang di mana tidak hanya menyoroti 30 pakaian yang terinspirasi dari Toraja, tetapi juga pertunjukan musik dan tari dari wilayah tersebut.

Koleksi ini dipilih sendiri oleh Dwi Iskandar dengan bantuan komunitas Toraja yang diubah menjadi sebuah koleksi pakaian resor yang sesuai dengan gaya hidup daerah tropis. Dengan menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat, beberapa model difabel turut berpartisipasi, sementara siswa dari siswa dari Institut Seni Indonesia Denpasar dan Institut Desain dan Bisnis Bali juga diundang untuk mengambil peran dalam proses kreatif.

Karya Dwi Iskandar telah ditampilkan di peragaan busana di Indonesia, San Francisco, Hong Kong, Vietnam dan Seychelles. Ia juga berkesempatan untuk merancang gaun untuk para kontestan dari Malta dan Georgia pada Miss World Event 2013 di Bali. Dalam merancang pakaian, Dwi Iskandar sejak lama telah tertarik dengan bahan dan pola etnis dan selalu menggabungkan kain traditisional dengan desain kontemporer yang unik.

Kecintaan sang perancang busana terhadap budaya, seni, dan kain tradisional Indonesia tercermin dalam setiap karyanya. Di luar itu, Dwi Iskandar sangat antusias terhadap proyek keberlanjutan (sustainability), dimana menggabungkan konsep daur ulang ke dalam karyanya. Proyek ini juga melibatkan Yohan Tangkesalu, seorang pengusaha yang dikenal oleh publik karena upayanya untuk memperkenalkan budaya asalnya, Toraja serta mendukung Dwi Iskandar dalam penelitianya untuk daerah tersebut.

Sebagai resor bintang lima yang di mana dikenal dalam memberikan penghormatan kepada keanekaragaman budaya dan bangsa, The Apurva Kempinski Bali terus menunjukan dedikasinya terhadap budaya Indonesia. Selama setahun, perayaan Unity in Diversity telah dirancang untuk menampilkan semua pulau besar di Indonesia. Sepanjang tahun identitas budaya daerah seperti kegiatan holistik, citarasa tradisional, serta cerita dan kerajinan tangan dari masing-masing daerah dimasukan ke dalam pengalaman tamu.

Untuk mendukung program ini, Dwi Iskandar juga mengambil peran dalam menciptakan seragam khusus yang ekskusif digunakan oleh Lady in Red dari The Apurva Kempinski Bali. Lady in Red adalah duta representatif dari Hotel Kempinski yang ada di setiap hotel Kempinski di seluruh dunia.

“Kami benar-benar merasa terhormat dapat bekerja dengan Dwi Iskandar”, General Manager, Vincent Guironnet. “Kami memiliki visi yang sama, maka dari itu kami dapat menghasilkan kolaborasi yang luar biasa ini. Showcase ini diharapkan juga dapat memberikan pandangan sekilas terhadap program 2023, dimana Anda dapat melihat lebih banyak talenta Indonesia.”.

“Dengan melibatkan bakat dari penyandang difabel, kami dapat menunjukan bahwa dunia mode dapat melampaui pakaian dan gaya hidup,” kata Dwi Iskandar. “Saya percaya bahwa ini adalah platform yang sesuai bagi kita agar dapat menjangkau lebih banyak kalangan, karena semua orang berhak untuk menikmati fashion. Saya berharap bahwa pesan bermakna ini dapat disampaikan dengan baik melalui koleksi ini, serta membawa dampak positif bukan hanya kepada daerah Toraja, namun ke seluruh daerah di pulau Sulawesi dan Indonesia.”