Home Blog

Accor Memberi dari Hati untuk ATFAC (A Trust For A Child)

0


Komitmen untuk Membangun Generasi Penerus Indonesia

Meski menghadapi tantangan akibat pandemi Covid-19, semangat Accor tidak surut dan grup terus berupaya untuk mendukung masa depan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia dari keluarga kurang mampu melalui program CSR grup, ATFAC (A Trust For A Child).

Didirikan oleh Accor Indonesia pada tahun 2001, dan dioperasikan oleh “Yayasan Peduli Tunas Bangsa”, program ATFAC adalah konsep inovatif yang menggabungkan kelestarian lingkungan dan pengentasan kemiskinan. Ini bertujuan untuk membantu anak-anak asuhnya mendapatkan akses ke pembelajaran dan pendampingan setelah sekolah, makanan bergizi, fasilitas olahraga dan sosial, sambil membimbing mereka tentang cara merawat lingkungan.
 
“Kami bangga dengan dukungan tim kami yang tak tergoyahkan dalam menjaga program ATFAC tetap hidup selama 20 tahun terakhir, bahkan di masa-masa yang penuh tantangan,” ungkap Garth Simmons, Chief Executive Officer, Accor Southeast Asia, Japan and South Korea.

“Kami berharap dapat melihat semua anak asuh kami berhasil menyelesaikan sekolah, dan berkembang dengan keterampilan tambahan seperti mengenai komputer, bahasa Inggris, dan lainnya yang akan membantu mereka berhasil dalam upaya masa depan mereka. Kami ada untuk mendorong mereka untuk mencapai impian mereka tentang kehidupan yang lebih baik, dan di sana untuk mendukung mereka jika mereka ingin berkarir di hotel kami.”
 
Juni lalu merupakan bulan syukur atas kelulusan delapan anak ATFAC, enam di antaranya  tamat SMK dan dua tamat SLTA. Sebagai alumni program ini, mereka sekarang siap untuk merangkul kehidupan kerja, bahkan beberapa tertarik untuk bergabung dengan hotel kami. Untuk merayakan pencapaian ini, Accor mengadakan upacara kelulusan secara hybrid.
 
Accor memiliki Sanggar ATFAC di Jakarta dan Bali. Kesejahteraan anak-anak ATFAC tergantung pada semua pihak yang terlibat. Tim-tim di Indonesia (korporat dan hotel) dengan antusias menggelar berbagai kegiatan seperti pendampingan, donasi dari karyawan hotel dan tamu, dan donasi senilai 100 juta rupiah dari hotel-hotel Accor di wilayah Greater Jakarta.

Tim hotel-hotel juga mendistribusikan makanan bergizi dan memberikan fasilitas penunjang kegiatan, penyelenggaraan bazar, penjualan souvenir ATFAC dan eco-pens (pena yang terbuat dari bahan daur ulang), dan lainnya.
 
Pemerintah turut menunjukkan dukungannya melalui partisipasi dari Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak, Lenny N. Rosalin, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda, Femmy Eka Kartika Putri, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan beberapa bulan lalu.

Selain itu, Sanggar di Bali sebelumnya, menyambut baik kunjungan komunitas nasionalisme di bawah Yayasan Pandu Pemimpin Cinta Bangsa yang diwakili oleh beberapa public figure, yaitu Yosi Mokalu, Yohana Elizabeth H., Bambang Reguna Bukit (Bams), Soni Mongan (Amho) serta rekan-rekannya, membawa keceriaan dan semangat dengan nilai Nasional Is Me kepada anak-anak.
 
Keberadaan dua sanggar dan kegiatan yang sedang berlangsung juga terlaksana berkat dukungan dari Accor Solidarity.

Program dana abadi ini mendorong dan mendukung komitmen Accor untuk solidaritas, memberikan dukungan finansial untuk wilayah dan masyarakat setempat, serta memungkinkan grup untuk membeli sanggar di Jakarta, Cipinang.

Hal ini memungkinkan grup untuk memiliki sanggar permanen sendiri, dengan rencana untuk merekrut lebih banyak anak asuh di masa depan. Accor Solidarity mendukung dalam penggalangan dana, sambil melibatkan karyawan dan pelanggannya.
 
Untuk informasi lebih lanjut tentang ATFAC, silakan kunjungi atfac.org

La Maison 1888 Menangkan Penghargaan Restoran 2021 Wine Spectator

0

La Maison 1888 satu-satunya restoran di Vietnam yang memenangkan penghargaan ini selama empat tahun berturut-turut dan daftar minuman anggurnya diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia

La Maison 1888, restoran Prancis terkenal di InterContinental Danang Sun Peninsula Resort yang diawasi oleh seorang ikon kuliner Pierre Gagnaire, telah menerima penghargaan atas program minuman anggurnya yang luar biasa pada Wine Spectator’s  2021 Restaurant Awards. Program tahunan yang mengakui restoran di seluruh dunia sebagai tujuan utama bagi pecinta anggur.

“Kami merasa sangat terhormat untuk menerima Penghargaan Keunggulan Terbaik dari Wine Spectator selama empat tahun berturut-turut. Di La Maison 1888, kami telah membuat komitmen untuk memberikan pengalaman gastronomi yang tak tertandingi. Sommelier kami siap membantu setiap tamu memilih anggur yang sempurna untuk melengkapi kreasi kuliner Pierre Gagnaire yang luar biasa. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Wine Spectator yang telah mengakui dedikasi kami terhadap keunggulan makanan penutup,” kata Seif Hamdy, General Manager, InterContinental Danang Sun Peninsula Resort.

La Maison 1888 memiliki gudang anggur terbesar dari semua restoran di Vietnam

“Dalam edisi Penghargaan Restoran tahun ini, kami membayangkan bagaimana pemilik restoran menavigasi periode yang sangat sulit ini, dan melihat ke depan, dengan setiap indikasi bahwa tahun mendatang akan menjadi salah satu yang paling menjanjikan dalam beberapa dekade untuk industri yang kita semua cintai. Ini adalah perjalanan yang panjang, dan rasanya luar biasa untuk merayakan restoran dan semua yang mereka bawa ke dunia minuman anggur,” kata Marvin R. Shanken, Editor and Publisher, Wine Spectator.

Wine Spectator memulai programnya untuk mengenali daftar minuman anggur terbaik di dunia pada tahun 1981. Ada tiga tingkatan: Award of Excellence, Best of Award of Excellence dan Grand Award—dengan 1.673; 1.141; dan 103 pemenang tahun ini di masing-masing kategori.

La Maison 1888 telah memenangkan Best of Award of Excellence di Wine Spectator’s 2021 Restaurant Awards. Penerima Best of Award of Excellence menawarkan pilihan ekstensif dengan cakupan yang sangat luas di berbagai wilayah dan kedalaman vertikal yang signifikan.

Teras luar ruangan yang mempesona di La Maison 1888 memberikan pemandangan laut yang indah

Dengan gudang minuman anggur restoran terbesar di Vietnam, La Maison 1888 menyajikan anggur terbaik yang ditawarkan negara ini. Kepala sommelier Raphael Gras secara pribadi mengumpulkan koleksi label luar biasa, banyak di antaranya hanya dapat ditemukan di InterContinental Danang Sun Peninsula Resort. Misalnya, La Maison 1888 menyimpan satu-satunya di Vietnam botol Henri Jayer Cros Parantoux Burgundy dan Château-Grillet yang berasal dari wilayah anggur Rhône di Prancis.

Harta karun langka lainnya dapat ditemukan di “Grandeur Collection” yang bergengsi, termasuk Château Lafite Rothschild 1er Grand Cru Classé, Petrus Grand Vin, Château Latour 1er Grand Cru Classé, dan Château Haut Brion 1er Grand Cru Classé, di samping berbagai macam yang lebih terjangkau vintages, yang semuanya dapat dipasangkan dengan sempurna dengan masakan restoran yang istimewa.

Dengan begitu banyak pilihan minuman anggur kelas dunia yang ditawarkan, tidak mengherankan bahwa La Maison 1888 telah menerima Best of Award of Excellence Wine Spectator setiap tahun sejak 2018.

Tentang Wine Spectator

Wine Spectator adalah otoritas terkemuka di dunia tentang anggur. Didukung oleh majalah Wine Spectator, publikasi cetak yang menjangkau sekitar 3 juta pembaca di seluruh dunia, merek ini juga mencakup situs anggur paling komprehensif di WineSpectator, platform seluler, dan serangkaian acara khas.

Wine Spectator memeriksa dunia anggur dari kebun anggur ke meja, menjelajahi peran anggur dalam budaya kontemporer dan memberikan ulasan ahli lebih dari 15.000 anggur setiap tahun. Perusahaan induk M. Shanken Communications, Inc., juga menerbitkan Cigar Aficionado, Whisky Advocate, Market Watch, Shanken News Daily dan Shanken’s Impact Newsletter.

Tentang La Maison 1888

La Maison 1888, restoran Prancis ternama di InterContinental Danang Sun Peninsula Resort yang diawasi oleh ikon kuliner Pierre Gagnaire, telah meraih berbagai penghargaan internasional untuk masakan, anggur, dan suasananya. Dirancang oleh arsitek bintang Bill Bensley dengan gaya rumah antik Prancis, restoran ini menampilkan hidangan yang berjiwa dan rasa Prancis, tetapi diwarnai oleh pengaruh Vietnam yang tidak salah lagi.

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi danang.intercontinental.com/la-maison-1888.

Tentang InterContinental® Hotels & Resorts

Merek InterContinental® Hotels & Resorts membuat perjalanan memikat, dengan wawasan dari pengalaman lebih dari 70 tahun. Setiap properti kami menyediakan pintu gerbang menuju kemewahan InterContinental Life.

Sebagai sebuah merek, mereka bertujuan untuk mewujudkan kecanggihan global melalui layanan yang unggul dan bersahaja serta fasilitas yang luar biasa. Apa yang membuat mereka benar-benar berbeda adalah minat tulus yang mereka tunjukkan kepada tamu kami melalui layanan yang dipersonalisasi dan penuh perhatian.

InterContinental® Hotels & Resorts menawarkan layanan VIP tanda tangan paling berharga bagi tamu melalui program InterContinental® Ambassador khusus dan pengalaman Club InterContinental® eksklusif. Mereka menghubungkan tamu-tamu yang sering bepergian dengan apa yang istimewa dari suatu destinasi, sehingga para tamu menikmati pengalaman lokal otentik yang akan memperkaya hidup mereka.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, kunjungi intercontinental.com.

Serial Reality Show Kencan Terbaru ‘Fboy Island’ Tayang 5 Agustus 2021

0

Serial reality show kencan ini berkisah tentang tiga perempuan saat mereka mengatur kencan bareng di kolam renang dengan harapan menemukan hubungan cinta yang awet.

HBO GO memulai koleksi program realitasnya dengan tayangan serial reality show kencan terbaru dari HBO MAX 10 episode Fboy Island, mulai tayang di Asia dengan 3 episode pada 5 Agustus eksklusif di HBO GO. Episode terbaru akan tayang pada Kamis berikutnya, 3 episode pada 12 Agustus dan 4 episode terakhir pada 19 Agustus.

Dengan pemandu bintang komedian dan aktris ternama Nikki Glaser (“The Nikki Glaser Podcast,” tur komedi nasional “One Night with Nikki Glaser”), serial ini menceritakan tentang tiga perempuan yang pindah ke pulau tropis di mana mereka bergabung dengan 24 lelaki – 12 orang memproklamirkan diri sebagai “Nice Guys” tengah mencari cinta, dan 12 lainnya menjuluki diri mereka “FBoys,” berada di sana untuk bersaing meraih sejumlah uang. Para perempuan akan mengatur kencan bareng di kolam renang dengan harapan menemukan hubungan cinta yang awet.

Pada akhirnya, semua akan terungkap – siapa sosok Nice Guy, siapa si FBoy, dan siapa yang menjadi pilihan oleh para perempuan. Fboy Island merupakan sebuah eksperimen sosial yang mempertanyakan pertanyaan kuno: Dapatkan para FBoys benar-benar berubah atau apakah para Nice Guys dapat menyelesaikan sampai akhir?

Nikki Glaser menyampaikan, “Ketika saya pertama kali mendapat ajakan untuk ambil bagian dalam reality show kencan berjudul Fboy Island, saya langsung menjawab ya. Kemudian saya menyadari mereka tidak meminta saya menjadi salah satu gadis yang tengah mencari cinta. Ini bukan lelucon; hal yang memalukan.”

“Namun sebagai penggemar berat genre ini, menjadi pemandu acara ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Saya menanti menjadi pemandu untuk 43 season berikutnya. Saya tahu tayangan yang diciptakan dan diproduksi oleh orang-orang di belakang dua acara favorit (“The Bachelor” & “Love Is Blind”) akan menjadi benar-benar bagus, namun ini melebihi harapan saya. Saya telah mengetahui apa yang akan terjadi dan saya tak sabar untuk menyaksikannya setiap minggu.”

Fboy Island diproduksi oleh STXalternative, difilmkan awal tahun ini di Kepulauan Cayman. Konsep serial ini diciptakan oleh Elan Gale (“The Bachelor”), yang menjadi executive producer untuk TheYearOfElan Productions bersama Jason Goldberg untuk STXalternative, Ben Bitonti, Nikki Glaser dan showrunner Sam Dean.

Akses streaming dan unduh Fboy Island di HBO GO. Unduh aplikasi dari App Store atau Play Store dan dapatkan akses uji coba gratis. Akses HBO GO melalui IndiHome dan MAXstream Telkomsel atau hbogoasia.com. HBO GO juga tersedia di Android TV, Apple TV, LG TV dan Samsung Smart TV – dengan fungsi AirPlay dan Google Cast.

Kangen Liburan? Coba 5 Menu Lintas Negara Berikut Ini!

0

Memasuki paruh kedua tahun 2021, situasi pandemi masih mengharuskan sebagian besar masyarakat untuk tetap berada di rumah. Tak ayal, penatnya rutinitas dan terbatasnya ruang mobilitas seringkali menimbulkan rasa jenuh.

Untuk mengobati kerinduan masyarakat akan aktivitas di luar rumah dan berlibur, Burgushi menghadirkan nuansa liburan di rumah melalui serangkaian menu unggulan Burgushi yang unik dan lezat. Para pecinta Burgushi dapat merasa seperti sedang wisata kuliner di Jepang, Korea, dan Amerika walau sedang berada di rumah saja. 

Sebagai restoran burger sushi nomor 1 di Indonesia yang telah hadir sejak tahun 2017, Burgushi selalu berkomitmen mengedepankan pelayanan dan inovasi kreatif demi memuaskan para pelanggan setianya.

Salah satu bentuk perwujudan komitmen tersebut, Burgushi selalu berupaya meluncurkan menu-menu kreatif nan lezat sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia, termasuk menu terbaru untuk menjawab kejenuhan masyarakat Indonesia di tengah masa pandemi ini.

“Ketika kita melancong ke sebuah negara, salah satu hal yang melekat di kenangan kita dan paling kita rindukan adalah pengalaman wisata kuliner khas negara tersebut. Melalui citarasa dan keunikan menu khas Burgushi, kami ingin menghadirkan nuansa berlibur dari rumah yang pastinya dirindukan oleh banyak orang,” ujar Chief Marketing Officer Burgushi Josh.

Kami juga baru saja meluncurkan menu premium terbaru yang bisa didapatkan dengan harga sangat terjangkau, yaitu Beef Saikorice. Kehadiran Beef Saikorice ini menambah keberagaman menu unik Burgushi yang selalu inovatif. Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan setia Burgushi, kami menyediakan promo ShopeePay cashback 30% saat melakukan pembelian takeaway serta promo 60% dan gratis ongkir melalui layanan ShopeeFood yang dapat dipesan dengan mudah dari rumah,” tambahnya.

Sudah tak sabar untuk jalan-jalan ke Jepang, Korea, dan Amerika bersama Burgushi? Ini lima menu favorit Burgushi yang bisa Anda jadikan referensi untuk berwisata kuliner keliling dunia!

1. Salmon Sakura

Jika bicara mengenai Negeri Sakura, rasanya liburan di Jepang belum lengkap jika belum menikmati keindahan bunga sakura maupun menyicipi makanan olahan salmon lezat, seperti sushi dan sashimi.

Di Burgushi, Anda bisa mencicipi dua kombinasi otentik Jepang dalam satu menu spesial, yaitu Salmon Sakura. Kenikmatan salmon fillet segar disajikan saus mentai, kani mayo yang terbuat dari kepiting dan mayonaise, serta dilapisi dengan rice katsu dan nori atau rumput laut ala Burgushi. Baru membayangkannya saja sudah terasa nikmatnya, bukan?

2. Korean Spicy Chicken Beast

Demam Korea telah berhasil melanda seluruh dunia, hingga menjadikan Korea sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler yang digandrungi banyak orang. Jika Anda termasuk diantaranya, menu Korean Spicy Chicken Beast dari Burgushi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati kerinduan kalian berwisata di Korea. Sajian burger sushi dengan daging ayam yang dibalur bumbu pedas khas Korea ini dipastikan membuat Anda ketagihan dengan rasanya yang Daebak!

Bagi Anda penyuka rasa pedas, varian ini juga memberikan pilihan ekstra bumbu untuk tingkatan level kepedasan yang lebih tinggi. Anda bisa menikmati Korean Spicy Chicken Beast sambil menonton drama ataupun variety show Korea favorit Anda! 

3. Burger Monster

Dari Jepang dan Korea, Burgushi mengajak Anda untuk berwisata ke benua Amerika dimana menu burger berasal. Dihidangkan dalam porsi yang lebih besar, Burger Monster menggunakan dua lapis daging sapi, dua lapis keju, telur mata sapi, dan daging bacon. Jika Anda membayangkan burger yang dilapisi dengan roti berbentuk bundar, lain halnya dengan burger satu ini yang disajikan dengan rice katsu dan nori khas Burgushi. Rasanya pas, kenyangnya lebih puas!

4. Burgushi Signature


Menu Burgushi Signature yang satu ini memang tidak ada duanya! Burgushi Signature hadir dengan Mozarella cheesy beef patty yang empuk dan gurih dengan melted cheese yang lebih banyak, telur mata sapi, kol ungu, rice katsu, nori, dan tentunya saus rahasia ala Burgushi. Pastinya, Burgushi menawarkan menu premium ini dengan harga yang terjangkau. Jadi makin semangat untuk mencoba, kan?  

5. Beef Saikorice 

Tidak hanya berinovasi dengan menu kombinasi sushi dan burger, Burgushi juga baru saja meluncurkan menu nasi terbarunya, yaitu Beef Saikorice. Menu keluaran terbaru dari Burgushi ini menggunakan daging sapi premium khas Jepang, Saikoro Beef untuk memberikan pengalaman baru makan nasi khas Jepang.

Kabar baiknya, Anda bisa menikmati daging Saikoro premium yang empuk, tersaji lengkap dengan nasi, telur mata sapi, carrot tempura, serta nori tempura dengan harga yang sangat terjangkau.

Nikmati rangkaian menu Burgushi dengan promo cashback 30% dari ShopeePay saat melakukan pemesanan takeaway. Selain itu, Anda juga tetap dapat menikmati kelezatan Burgushi dari rumah dengan memanfaatkan promo sebesar 60% dan gratis ongkir dari layanan ShopeeFood.

Jadi, tunggu apalagi? Mari pesan menu Burgushi pilihanmu dan nikmati kelezatan berwisata lintas negara dari rumah!

Mengenang Spa-Francorchamps 50 Tahun Lalu

0

Kejayaan AMG di Kelasnya pada Ajang Balapan 24-jam di Tahun 1971

  • Mobil balap 300 SEL 6.8 berhasil meraih kesuksesan besar pertama kalinya untuk AMG pada 50 tahun yang lalu
  • Menempati posisi kedua pada ajang 24 Hours of Spa-Francorchamps dari 24 hingga 25 Juli 1971
  • 31 Juli sampai 1 Agustus 2021: Peringatan kemenangan 24 Hours of Spa-Francorchamps
  • “Red Pig” berada di Museum Mercedes-Benz dari 20 Juli hingga 19 September 2021

Ajang balapan ini mempertemukan AMG dalam area sirkuit motorsport sepanjang malam: dimulai pukul 3 sore pada 24 Juli 1971, sekitar 80 mobil balap memulai 24 Hours of Spa-Francorchamps. Tepat di tengah sirkuit, sebuah sedan mewah Mercedes-Benz yang perkasa dari seri model W 109 melaju di Ardennes.

Kendaraan tersebut bukanlah mobil balap pabrikan, melainkan kendaraan yang digunakan oleh perusahaan teknik yang didirikan oleh Hans Werner Aufrecht dan Erhard Melcher pada 1967.

AMG secara komprehensif mempersiapkan pendahulu Mercedes-Benz S-Class ini untuk balapan jarak jauh; yang ditekankan pada mesin dan sasis. Mobil balap ini memiliki kemampuan 315 kW (428 hp) dari kapasitas mesin 6.835 sentimeter kubik, torsi hingga 620 newton meter, kecepatan tertinggi lebih dari 265 km/jam dan kemampuan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik.

AMG 300 SEL 6.8 adalah nama mobil balap merah – meskipun tanda bintang pada pendinginnya telah dengan jelas menunjukkan brand dari Stuttgart.

Awal mula berdirinya AMG

Nama perusahaan AMG belum dikenal secara luas pada tahun 1971, terutama bagi para pecinta mobil Mercedes-Benz yang memiliki ketertarikan di dunia balap.

Nama AMG merupakan akronim huruf pertama yang diambil dari nama keluarga Aufrecht, Melcher dan kota Großaspach (di mana kedua pendiri bekerja pada mesin balap bersama untuk pertama kalinya di tahun 1960-an). Pusat AMG sebelumnya merupakan sebuah pabrik yang berada di kota tetangga Burgstall.

Pada akhir tahun 1971 di ajang balapan 24 Hours of Spa-Francorchamps, brand AMG telah meraih reputasi di dunia balap hanya dalam waktu satu malam. Hans Heyer dan Clemens Schickentanz membawa 300 SEL 6.8 sampai garis finish di posisi kedua dan berhasil mendapatkan kemenangan di kelasnya.

Bahkan program berita TV Jerman ARD yang terkenal “Tagesschau” melaporkan kudeta balap di Belgia. Majalah “auto motor und sport” merayakannya sebagai “pukulan jenius Swabia“.

“Posisi Kedua yang Luar Biasa”

Akan tetapi, kesuksesan 50 tahun lalu ini tidak membawa perubahan besar pada AMG secara langsung. Sedan besar dengan berat 1.635 kilogram (masih 195 kilogram lebih ringan dari versi seri) ini harus menegaskan bahwa mobil tersebut gesit dalam kompetisi di lintasan Belgia.

Untungnya, kendaraan ini cocok dengan jalur Spa-Francorchamps – sepanjang 14.863 kilometer dengan banyak lintasan lurus yang dapat dikendarai dengan kecepatan penuh. Mobil 300 SEL 6.8 ini dapat bertahan dan melaju dengan andal sepanjang malam karena semakin banyak kendaraan yang keluar dari balapan: saat dini hari, 23 mobil masih melajui; seluruh produsen kendaraan telah menarik perwakilannya.

Sementara, orang luar dari Affalterbach tetap berada di jalurnya dan pada akhirnya menjadi kendaraan kedua dari 18 mobil balap yang tersisa untuk melewati garis finish.

Majalah “Road & Track” meninjau tindakan penyeimbangan yang sukses antara tenaga performa dan berat: “Selama balapan, V8 besar sangat haus bahan bakar, juga karena bobotnya berarti bannya dapat cepat rusak.

Namun, kecepatan garis lurus Red Pig lebih dari sekedar menutupu ketidakefisienannya di lintasan lurus panjang Spa-Francorchamps, dan setelah 24 jam, mobil tersebut akhirnya melesat ke posisi kedua di belakang Ford Capri.”

Pembalap Ford adalah mantan pembalap Mercedes-Benz dan Brand Ambassador Mercedes-Benz saat ini Dieter Glemser bersama dengan pembalap Spanyol Alejandro “Àlex” Soler-Roig.

Kemenangan bersejarah di 24 Hours of Spa-Francorchamps 2021

Bagi merek mobil sport Mercedes-AMG dan Mercedes-AMG Motorsport, kesuksesan di 24 Hours of Spa-Francorchamps 50 tahun lalu telah menjadi tonggak sejarah bagi brand mereka.

Tahun ini, total 13 tim pelanggan Mercedes-AMG GT3 mengambil bagian dari 24 Hours of Spa-Francorchamps (31 Juli hingga 1 Agustus 2021). Salah satu model GT3 dikenang hingga dua kali pada hari anniversary mengenai desainnya didasarkan pada mobil balap 1971 yang juga memiliki nomor awal 50.

Highlight lain: Museum Mercedes-Benz di Stuttgart, Jerman menghadirkan rekonstruksi terperinci dari “Red Pig” legendaris sejak 20 Juli lalu hingga 19 September 2021 di atrium. Tiket masuk ke area ini tidak dikenakan biaya.

Pesan Park Seo Jun di Momen Ulang Tahun Blibli

0

Blibli, bersama sang International Brand Ambassador Park Seo Jun, kembali menyapa para fans di Indonesia untuk tetap memberi semangat dalam menjalani protokol kesehatan demi kebaikan bersama. Bukan itu saja, Park Seo Jun membagi tips bagaimana menjaga optimisme di tengah keadaan yang menantang.

Pesan tersebut disematkan bintang asal Korea tersebut ketika menyambut pemirsa Indonesia di acara televisi “10th Bareng Kamu” yang memperingati ulang tahun Blibli ke-10, sekaligus menjadi kali pertama Park Seo Jun tampil di televisi lokal.

Devina Tandian, Associate Vice President Social Media & Community Blibli, mengatakan bahwa kehadiran Park Seo Jun, serta pesan positif yang dibawakannya, diharapkan memberi dorongan semangat bukan saja untuk para fans, namun juga masyarakat Indonesia, untuk menaati segala protokol demi menjaga kesehatan diri dan keluarga.

“Blibli memilih Park Seo Jun menjadi International Brand Ambassador karena dia adalah ikon generasi millennial yang layak menjadi panutan bagi anak-anak muda di Indonesia. Blibli percaya akan pentingnya bagi kita semua untuk mengambil langkah-langkah untuk mempercepat pemulihan Indonesia. Hal ini sesuai dengan inisiatif #KarenaSehatNo1 milik Blibli, di mana kami sebagai e-commerce bukan saja mendukung kebiasaan hidup sehat, namun juga menyediakan bermacam-macam kebutuhan yang membantu para pelanggan menjalankan keseharian mereka dengan aman dan lancar dari rumah,” lanjut Devina.

Pesan apa saja yang disampaikan oleh Park Seo Jun oppa kepada para fansnya di Indonesia? Mari kita lihat rangkumannya, sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan 

Kondisi pandemi yang masih berlangsung menuntut semua orang untuk disiplin menjaga kesehatan dan kebersihan. Park Seo Jun pun berpesan untuk  rajin menggunakan masker dan lakukan olahraga secara rutin, agar terhindar dari COVID-19. Selain itu, aktor drama Korea “Itaewon Class” ini juga berharap agar vaksin bisa segera didistribusikan secara nasional sehingga kondisi bisa segera normal kembali.

2. Menjalani gaya hidup sehat

Park Seo Jun juga memberikan inspirasi untuk menerapkan kebiasaan baik sehari-hari, salah satunya dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makan makanan sehat. Tujuannya agar badan selalu fit dengan nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh. Pesan ini tentunya sangat tepat untuk kita terapkan di tengah kondisi pandemi saat ini. 

3. Menghargai setiap proses kehidupan dan mengelola stres 

Park Seo Jun berpesan bahwa semua orang termasuk dirinya pasti pernah menghadapi masalah yang membuat stres. Menurutnya, kesulitan memang menjadi bagian dari hidup. Oleh karena itu, ia mengingatkan untuk menikmati setiap proses sulit, agar kita bisa melewatinya dan menjalani hidup dengan baik. 

4. Mencari hiburan yang sederhana tapi menyenangkan

Di tengah kegiatan yang sebagian besar dilakukan dari rumah, fans dan juga masyarakat pastinya telah mencoba berbagai hal untuk tetap semangat. Park Seo Jun memberikan salah satu rekomendasi hiburan yang sederhana tapi menyenangkan yaitu menonton serial TV terbaru. 

Memahami bahwa fans ingin mendengarkan lebih banyak dari sang idola, Blibli akan sekali lagi menghadirkan Park Seo Jun, kali ini di sesi podcast Blibli #Rooftalks, bertemakan “A Story About Becoming No.1”, khusus untuk merayakan ulang tahun Blibli.

Di sesi spesial ini, Park Seo Jun akan berbagi mengenai betapa pentingnya fans bagi dia, dan berbagai pengalaman seru sebagai aktor. Blibli pun akan membagikan voucher belanja khusus bagi yang mengikuti podcast. Sebab itu, catat tanggal main podcast di Jumat, 30 Juli, yang bisa ditonton dengan klik link INI.

Blibli selalu memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi pelanggan melalui berbagai inisiatif dan program, sesuai dengan komitmen Customer Satisfaction First yang termasuk pengiriman cepat, ongkos kirim gratis, dan produk berkualitas tinggi. Kepuasan pelanggan menjadi hal utama untuk menjaga loyalitas pelanggan, sesuai #KarenaKamuNo1.

HBO GO untuk Pertama Kalinya Hadirkan Tayangan Terkenal dari Mediacorp

0

Para pecinta drama di delapan kawasan seluruh Asia dapat segera menyaksikan cerita-cerita menggugah dari Singapura yang terkenal di HBO GO, karena platform streaming konten premium ini membeli beberapa tayangan Mediacorp, yaitu Last Madame, Titoudao dan The Little Nyonya, bagi pemirsa di Asia untuk pertama kalinya.

Tiga drama ini, dengan tema umum tentang perempuan yang berjuang di tengah kesulitan selama masa sebelum kemerdekaan Singapura, akan hadir bagi pemirsa di Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Diawali dengan Last Madame dan TiToudao yang akan dapat diakses streaming melalui HBO GO mulai 1 Agustus, sementara The Little Nyonya akan tersedia mulai 1 September.

Mengambil suasana tahun 1930an, Last Madame berkisah tentang Chi Ling, seorang bankir, yang kembali dari Hong Kong untuk menetap dan menyelesaikan warisan nenek buyutnya, Fung Lan, pemilik rumah bordil terakhir di Singapura.

Ia kemudian menguak rahasia dan misteri di balik rumah toko warisan itu, dan berdamai dengan para moyangnya. Serial populer ini berhasil memboyong penghargaan Best Asian Drama pada ajang bergengsi Asia Contents Awards 2020, yang mengakuinya sebagai drama TV dan OTT luar biasa di Asia.

Last Madame

Titoudao menceritakan tentang pasang surut kehidupan bintang wayang terkenal Oon Ah Chiam yang harus menapaki karir untuk menjadi bintang. Di tengah perjalanannya, ia menemukan dirinya terjebak dalam cinta segitiga dengan dua pria mapan. Serial sebanyak 13 episode ini mendapatkan penghargaan Best Original Screenplay di Asian Academy Creative Awards, selain memboyong pulang Production of the Year dan Best Original Script dari Life! Theatre Awards.

The Little Nyonya menceritakan kisah bagaimana seorang perempuan peranakan mengatasi berbagai perjuangan hidup dalam budaya keluarga tradisional, bersama sepupunya yang cemburu dan iri karena banyak yang melamarnya.

Serial yang meraih sukses ini, telah mendapatkan pengakuan luas di luar negeri, meraih beberapa penghargaan seperti Best Drama Series di Asian Television Awards 2009, dan yang terbaru didaptasi untuk masyarakat China.

Unduh aplikasi HBO GO di App Store atau Play Store atau akses di hbogoasia.id. HBO GO kini tersedia di Android TV, Apple TV, LG TV dan Samsung Smart TV – yang dilengkapi fungsi AirPlay dan Google Cast.

Berolahraga dari Rumah ala Nana Mirdad

0

Tips Semangat, Gaya Hidup Sehat di Tengah Pandemi

Olahraga dari rumah anti bosan, cek perlengkapannya di ZALORA End of Season Sale!

Menjaga kesehatan dan imun tubuh kini merupakan salah satu bentuk usaha agar terhindar dari berbagai wabah penyakit, terutama COVID-19. Di tengah pandemi yang belum juga usai di Indonesia, terdapat perubahan tren dan kebiasaan masyarakat ketika menjalani pola hidup sehat, salah satunya dalam hal berolahraga.

Di mana sebelumnya, olahraga identik dengan komunitas dan masyarakat kerap berolahraga bersama kerumunan yang memiliki hobi serta minat yang sama sehingga olahraga terasa lebih menyenangkan. Namun untuk situasi seperti saat ini, masyarakat dianjurkan untuk tetap menjalani aktif berolahraga dan menjalaninya dari dalam rumah.

Melakoni gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan dari rumah telah dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia, tidak terkecuali Nana Mirdad, selebriti tanah air yang berdomisili di Bali. Bahkan Nana Mirdad telah rutin menjalani olahraga dari sebelum pandemi melanda lantaran Nana Mirdad mengaku menyukai aktivitas tersebut.

“Olahraga favoritku adalah lari, dan aku selalu usahain berolahraga setiap hari at least satu jam atau dalam seminggu 4-5 kali. Aku beruntung memiliki lingkungan yang juga mendukung goal-ku dalam berolahraga, sehingga aku bisa menjalani rutinitasku dengan semakin semangat,” ujar Nana.

Dalam kesempatan kali ini, Nana Mirdad berbagi tips motivasi berolahraga dari rumah agar terhindar dari rasa bosan:

1. Mengunduh aplikasi olahraga. 

Saat ini, kita sangat dimudahkan dengan adanya teknologi dan koneksi internet yang dapat diakses dengan baik, sehingga juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung gaya hidup sehat yaitu berolahraga rutin dari rumah melalui aplikasi di smartphone.

Nana Mirdad merekomendasikan bagi para pemula untuk mengunduh aplikasi olahraga, agar olahraga dapat dilakukan dengan rutin, terjadwal dan terdapat pengingat dari aplikasi.

2. Ikuti influencer favorit. 

Mengikuti perjalanan olahraga dan gaya hidup sehat idola memang dapat memotivasi para penggemarnya untuk juga melakukan hal yang sama. Nana Mirdad mengaku hingga sekarang juga masih sering explore olahraga apa yang sekiranya dapat ia ikuti setiap hari dari rumah agar tidak bosan.

Nana Mirdad saat berolahraga bersama (Sumber: Instagram & tim ZALORA)

3. Jangan set goal mau hasil yang cepat. 

Rasa bosan berolahraga pasti akan berdatangan dan dialami semua orang. Salah satu cara untuk menghindari rasa bosan ini adalah menjadikan olahraga sebagai aktivitas yang konsisten walau dengan kapasitas ringan, dan tidak berharap hasil yang cepat.

Karena ketika kita memaksakan untuk berolahraga dengan kapasitas yang berat dengan harapan menghasilkan sesuatu yang cepat, kita akan merasa bosan dalam melakukannya dan burn out jika hasil tidak sesuai dengan harapan.

4. Menggunakan baju olahraga dari bangun pagi. 

Kamu bisa memperkuat komitmen untuk berolahraga di hari itu dengan memulai gunakan pakaian olahraga sejak bangun pagi. Nana mengaku melakukan cara ini ampuh dan efektif untuk membuat kita konsisten berolahraga, karena kita akan terasa terbebani jika tidak berolahraga.

ZALORA, destinasi online fashion, beauty, lifestyle utama di Asia tawarkan berbagai pilihan perlengkapan olahraga bagi pria dan wanita melalui ZALORA End of Season Sale. Promo ini dapat dinikmati dari 23 – 31 Juli menawarkan diskon hingga 85%, termasuk untuk produk di bawah kategori sport.

Bimo Darmoyo, Associate Marketing Director ZALORA Indonesia menambahkan, “ZALORA selalu berupaya untuk memberikan pengalaman belanja online yang terbaik untuk mendukung kebutuhan setiap individu dalam hal fashion, beauty dan lifestyle.

“Oleh karenanya, melalui kampanye ZALORA End of Season Sale ini kami berharap dapat menghadirkan keuntungan bagi para pelanggan, khususnya penggemar aktivitas olahraga. Pelanggan dapat mengakses berbagai potongan harga untuk brand ternama dari kategori sport, seperti Nike, Adidas, Vans, Skechers, Puma, Under Armour dan masih banyak lagi.”

Adapun penawaran menarik lainnya di luar kategori sport pada kampanye ZALORA End of Season Sale ini, seperti ‘International Branded Flash Sale’ dengan potongan harga hingga 40%, kategori beauty dengan diskon hingga 70%, brand-brand lokal yang terkurasi dalam kanal ZALOCAL dengan ekstra voucher sebesar 25%, ekstra voucher 30% untuk produk-produk yang ada di ZALORA dan produk luxury dengan ekstra voucher hingga 40%.

Kamu dapat menemukan berbagai potongan harga dari brand ternama lain seperti Longchamp & Ferragamo, H&M, Levi’s, Coach dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi zalora.com melalui desktop, mobile web, atau unduh aplikasi ZALORA.

4 Ide Rayakan Semangat Ajang Olahraga Dunia

0

Ala ShopeePay 8.8 Juara Cashback

Setelah sempat tertunda, ajang olahraga terbesar di dunia akhirnya terlaksanakan di Tokyo tahun ini. Indonesia pun kembali mengirimkan atlet-atlet terbaiknya untuk mewakili bangsa dalam bertanding di berbagai cabang olahraga.

Hal ini turut menyulut semangat masyarakat Indonesia untuk menyimak kiprah para atlet di setiap pertandingan, dan menyemangati mereka agar dapat membawa pulang gelar juara. 

Selain untuk turut menyemangati para atlet Indonesia yang tengah berkompetisi, kita juga bisa menggunakan semangat ini untuk mendukung perekonomian tanah air agar terus tumbuh dan tangguh di tengah situasi pandemi.

Berikut ini empat ide untuk merayakan semangat ajang olahraga dunia ala kampanye ShopeePay 8.8 Juara Cashback

1. Nobar Virtual Bersama Teman dan Keluarga

Konsep menonton sebuah pertandingan olahraga bersama teman dan keluarga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, dan sering disebut dengan nobar atau nonton bareng. Di tengah situasi pandemi, nobar bersama sahabat terdekat atau keluarga yang tidak serumah masih dapat dilakukan dengan aman secara virtual.

Tentukan pertandingan yang ingin ditonton bersama, lalu ajak teman-temanmu untuk berdiskusi selagi menonton melalui aplikasi yang sudah disetujui bersama. 

2. Mengunggah Dukungan untuk Indonesia di Media Sosial

Di era modern seperti sekarang, sangat mudah bagi kita untuk bisa berkomunikasi dengan figur publik melalui media sosial. Tak terkecuali para atlet yang bertanding mewakili Indonesia. Carilah akun media sosial milik atlet favoritmu, lalu utarakan dukunganmu berupa foto atau komentar positif kepada mereka.

Jika beruntung, mungkin mereka akan mengirimkan ucapan terima kasih kepada kamu. 

3. Memakai Atribut Merah Putih Secara Kreatif 

Agar sesi nobar semakin seru, jangan lupa untuk memakai atribut merah putih! Akan lebih seru lagi jika kamu mengadakan lomba dengan peserta nobar lainnya dalam menciptakan atribut yang kreatif. Mungkin kamu bisa mengikatkan pita merah putih di kepala, atau bahkan menambahkan aksen merah putih di hiasan rumah yang akan tampak di kamera. 

4. Pesan Camilan dari UMKM Lokal

Acara nobar akan terasa kurang pas jika tidak ditemani dengan camilan favorit. Ketika memilih camilan yang akan dibeli, kita bisa memiliki andil dalam mendukung perekonomian Indonesia, lho!

Membeli camilan dari UMKM lokal akan membantu mereka mendapatkan pemasukan di tengah tantangan yang dihadirkan oleh pandemi, dan membantu menggerakkan roda perekonomian Indonesia. Carilah UMKM yang menawarkan promo menarik agar kamu bisa lebih hemat ketika belanja camilan.

Sebagai contoh, pada kampanye ShopeePay 8.8 Juara Cashback, ShopeePay memberikan Voucher Cashback 100% seharga Rp88 dan Rp1 (Khusus 8 Agustus) untuk pengguna berbelanja di berbagai minimarket dan merchant ShopeePay seperti Sour Sally, Gulu Gulu, Eatlah, LET’S TOAST, Martabak Boss, Kopi Soe, dan ratusan merchant lainnya. 

Untuk mendapatkannya, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Shopee, pilih fitur Deals Sekitarmu, dan pilih Voucher Cashback 100% dari ragam merchant yang tersedia. Selain camilan, merchant menarik seperti Anteraja, Alodokter, dan IndoGold juga turut berpartisipasi dalam kampanye ini.

Voucher kemudian dapat digunakan di outlet fisik merchant yang dipilih. Dengan membeli voucher cashback tersebut pengguna akan mendapatkan cashback 100% untuk pembelian produk di seluruh merchant online dan offline yang berpartisipasi.

Itulah empat ide untuk merayakan semangat ajang olahraga terbesar di dunia. Informasi lebih lanjut mengenai rangkaian promo di ShopeePay 8.8 Juara Cashback dapat dilihat di tautan berikut.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play Store dan segera aktifkan ShopeePay.

Getting Back After A Set Back

0

Oleh Eileen Rachman, Emilia Jakob dan Linawaty Mustopoh

Tekanan dalam beberapa waktu terakhir ini terasa semakin berat bagi kita semua di Indonesia. Apalagi dengan jumlah penderita Covid-19 yang sementara ini sudah menduduki peringkat pertama angka penambahan kasus dibandingkan belahan dunia lain.

Suara ambulans semakin sering terdengar, ditambah maraknya berita tentang saudara, teman, dan kolega yang terpapar. Berita buruk lain datang dari mereka yang terpaksa kehilangan pekerjaan atau berkurang pendapatannya.

Pada saat kita sudah memiliki harapan untuk menuju kehidupan normal, kita kembali harus mengekang keinginan untuk keluar dan bertemu langsung dengan keluarga, teman, dan kolega. Kemampuan daya lenting kita untuk menjaga kesehatan mental agar mampu bangkit setiap kali mengalami kesulitan terus diuji.

Bagaimana Kenyataannya?

Berdasarkan penelitian “Resiliensi Orang Indonesia” oleh panitia Dies Natalis ke-61 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, ternyata rata-rata resiliensi orang Indonesia tergolong rendah.

Riset terhadap 5.817 peserta secara daring ini juga menemukan adanya gangguan yang dapat menurunkan kesehatan mental, antara lain sulit berkonsentrasi, tidak merasa puas dengan apa yang dijalani, merasa kehilangan peran, sulit mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah.

Dengan tekanan yang sedemikian besarnya, tak jarang orang mengalami burn out atau bahkan depresi. Sementara bisnis tetap harus berjalan, pekerjaan tetap harus diselesaikan. Diam menunggu tidak membuat periuk nasi terisi dengan sendirinya. Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana kita bisa tetap waras dan produktif.

Menambah Saldo Emosi Positif

Ada orang yang sudah terlatih untuk menghadapi kesulitan semenjak masa kanak-kanak, tetapi banyak yang mungkin belum berpengalaman mengalami situasi pahit. Apa pun pengalamannya, setiap individu perlu mengembangkan kemampuan menanggapi situasi sulit dan bangkit kembali. Mereka yang terlatih menghadapi situasi sulit sedikit demi sedikit tentunya akan memiliki mental resilient yang lebih kuat ketika menghadapi kesulitan besar.

Konon, orang yang resilient memiliki kecenderungan untuk melihat segala sesuatunya dari sisi positif. Karena itu membangun emosi positif menjadi hal penting untuk dilakukan di masa ini.  Ibarat tabungan, kita perlu terus menambah saldo kita dengan emosi positif dan mengurangi emosi negatif yang menguras saldo energi kita.

Pada saat terpuruk, kita sering lupa memelihara diri kita sendiri. Kita kehilangan selera makan, tidak berolah raga, dan kurang tidur. Padahal kegiatan fisik seperti berolahraga dapat membangkitkan hormon endorfin sehingga membuat kita semakin bersemangat dan positif dalam menghadapi berbagai tantangan.

Makan yang sehat dan tidur yang cukup sangat penting agar kita dapat tetap menjaga kesehatan fisik. Pada akhirnya perasaan bahagia dan kepuasan akan bangkit dan tumbuh. Mendekatkan diri pada yang Ilahi lewat kehidupan doa dan kontemplasi atau melakukan meditasi akan sangat membantu untuk menenangkan kegelisahan diri yang terus bergejolak.

Keluh kesah, gerutu, sikap skeptis, dan sikap negatif lainnya dapat ditekan saat kita melakukan kegiatan yang positif. Dengan memenuhi kebutuhan diri, energi kita bisa kembali ke situasi sebelumnya.

Melihat hal-hal lebih yang kita miliki daripada melihat kekurangan kita adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menaikkan tingkat kepuasan, baik terhadap kehidupan, pekerjaan, maupun relasi kita dengan orang lain.

rawpixel.com

Alih-alih membandingkan diri kita dengan orang lain, mestinya kita lebih banyak mensyukuri apa yang ada. Hal ini tentunya dapat menjadi pengaman emosi diri kita tatkala menghadapi kesulitan atau kegagalan.

Pentingnya Dukungan Sosial

Keberadaan dukungan sosial sangat membantu kita dalam kesulitan. Keluarga dan teman dekat  dapat menjadi penyeimbang di kala kita merasa buntu menghadapi berbagai macam permasalahan.

Dalam kegiatan terapi kelompok, selain mendapatkan dukungan, tak jarang kita mendapati bahwa orang lain ternyata memiliki masalah yang jauh lebih besar, sehingga alih-alih terpuruk sendirian dalam masalah pribadi, kita malah tergerak untuk berbuat lebih bagi orang lain.

Mengambil kesempatan membantu orang lain dapat membuat kita merasa lebih kuat dan berdaya. Tidak tertutup kemungkinan kita bahkan dapat menemukan bakat terpendam yang menjadi kekuatan baru kita. Riset menunjukkan bahwa penghargaan diri alias self esteem sangat memengaruhi energi kita untuk bangkit kembali.

Mengubah Perspektif

Banyak orang berpikir dan terpaku pada satu solusi dalam menghadapi masalahnya, sehingga ketika solusi itu tidak tersedia di depan mata, ia seperti menghadapi jalan buntu. Padahal, kita tahu bahwa “ada banyak jalan ke Roma”, bukan? Kita perlu belajar membuat dan mengasah kemampuan pemecahan masalah kita.

Perspektif bahwa hidup merupakan rangkaian latihan pemecahan masalah membuat kita terus mencari cara penyelesaian masalah dan bergerak maju ke masa depan. Kita menjadi termotivasi untuk terus belajar pengetahuan dan keterampilan baru yang membuat kita semakin piawai dalam menghadapi berbagai tantangan.

Kita juga dapat melihat masalah sebagai kesempatan baru untuk menemukan makna hidup kita. Seperti kata Frankl, seorang psikiater yang menjalani kehidupan di kamp Auschwitz pada masa Nazi, “We cannot avoid suffering, but we can choose how to cope with it, find meaning in it and move forward with renewed purpose.”

Banyak yayasan kanker yang digerakkan oleh mereka yang kehilangan orang-orang yang dikasihinya karena kanker.

Pahami juga bagaimana peran kita terhadap permasalahan tersebut. “Simply waiting for a problem to go away on its own only prolongs the crisis.”

Sebaiknya kita langsung mengambil langkah bila menemukan sedikit celah untuk penyelesaiannya. Hanya dengan mencoba dan bersikap proaktif lah kita dapat mencapai apa yang kita mau.

“Do not judge me by my success, judge me by how many times I fell down and got back up again.” ― Nelson Mandela 

EXPERD – HR Consultant/Konsultan SDM

Diterbitkan di Harian Kompas Karier 24 Juli 2021