Pecahkan Rekor MURI di Hari Batik Nasional 2023

Yayasan Batik Indonesia Gandeng Para Pembatik Nusantara

Memperingati Hari Batik Nasional 2023 yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023, Yayasan Batik Indonesia menyelenggarakan acara dengan mengusung tema “Batik Bangkit” dengan tujuan untuk kembali membangkitkan industri batik dari masa pandemi yang sempat terpuruk, sehingga industri batik dapat kembali bangkit dari semua aspek baik produksi, perdagangan, perkembangan, serta inovasinya. 

Bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mendungkung kembali geliat industri batik nusantara diharapkan Hari Batik Nasional 2023 ini dapat menjadi tonggak bagi kembangkitan kembali Industri Batik Nasional.

Selain itu, diharapkan Hari Batik Nasional 2023 juga dapat menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap kebudayaan Indonesia, serta pada kesempatan ini juga acara Hari Batik Nasional 2023 memiliki tujuan untuk mengangkat dan mempromosikan kekayaan ragam batik Indonesia dari ujung pulau Sumatera sampai Tanah Papua.

Yayasan Batik Indonesia juga mengadakan serangkaian kegiatan menuju Hari Batik Nasional yang sudah dimulai sejak 6 September 2023 melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah yang dibagi menjadi tiga kategori yaitu Pelajar, Mahasiswa dan Umum. Salah satu momen besar yang digelar oleh Yayasan Batik Indonesia adalah pemecahan rekor MURI. 

Pemecahan Rekor MURI Melibatkan Pembatik dari Seluruh Indonesia

Tidak hanya mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah, perayaan Hari Batik Nasional 2023 ini juga dihiasi oleh kegiatan membatik bersama oleh para pembatik nasional yang datang dari seluruh Indonesia yang berhasil memecahkan rekor MURI untuk kategori “Membatik Secara Serentak dengan Motif Terbanyak” yang diselenggarakan pada hari Minggu, 1 Oktober 2023, satu hari sebelum acara puncak berlangsung.

Melibatkan 125 pembatik yang datang dari seluruh wilayah Indonesia, Hari Batik Nasional 2023 berhasil pecahkan rekor MURI dengan menghadirkan 125 ragam motif batik nusantara mulai dari batik buketan Pekalongan, batik Batang Kapal Jambi, batik Megamendung Cirebon, batik Tegalan, batik Tropis Bali dan masih banyak motif batik lain yang dikerjakan secara serentak.

Nikmati Sehari Penuh Kejutan di Hari Puncak 5.5 Voucher Kaget dengan Kisi-Kisi dari Shopee!

Bersiap dimanjakan dengan berbagai promo spesial Gratis Ongkir RP0, Voucher Kaget 5M, dan Flash...

Conrad Bali Merayakan 20 Tahun Melalui 20 Momen yang Menginspirasi dan Bermakna

Resor bintang lima merayakan dua dekadenya di industri perhotelan yang penuh kehangatan lewat berbagai...

Kolaborasi Chef Restoran Berbintang Michelin di T’ang Court Jakarta

Chinese Executive Chef ternama dari restoran berbintang Michelin T’ang Court di The Langham, Shanghai...

- A word from our sponsor -