Timor de Belitong

Upaya Pemerintah Belitung Timur Mengangkat 17 Subsektor Ekonomi Kreatif Dibalut Kearifan Lokal

Guna menggaungkan sekaligus meneguhkan Kabupaten Belitung Timur, sebagai daerah kepulauan yang kaya akan keindahan alam, seni, budaya, dan bahari menggelar event Timor de Belitong, 1 – 4 Juni 2023 di Lapangan Jagor, Kurnia Jaya, Manggar, Belitung Timur.

Dengan mengangkat tema ‘Art & Creative Fest’ Kabupaten Belitung Timur diharapkan mengeksplor 17 subsektor ekonomi kreatif di antaranya, seni rupa, fashion, kuliner, musik dan seni pertunjukan yang dibalut kearifan lokal dari kehidupan bahari pesisir.

Khairil Anwar, Wakil Bupati Belitung Timur saat meresmikan event Timor de Belitong menyampaikan, selain sebagai upaya untuk mendatangkan wisatawan asing dan perjalanan wisatawan nusantara, event ini pun diharapkan mampu meningkatkan pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi Covid-19.

Event ini pun dapat menjadi salah satu upaya penting dalam mewujudkan Belitung Timur bangkit dan berdaya, bangkit budayanya, berdaya masyarakatnya. Khususnya generasi muda agar mencintai seni dan budaya daerahnya sendiri,” ungkapnya, Kamis malam, (01/06/2023).

Evi Nardi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur menerangkan, event Timor de Belitong ini untuk mendorong 17 subsektor ekonomi kreatif yang berakar dari potensi daerah.

“Selain itu event ini pun bertujuan sebagai ajang promosi potensi kepariwisataan dan ekonomi kreatif, meningkatkan kreatifitas pelajar, mendorong kemajuan dan pengembangan produk UMKM lokal, dan menjadikan Timor de Belitong sebagai annual event,” urainya.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada tahun 2021 sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp1.191 triliun produk domestik bruto (PDB) Nasional.

Sektor ekonomi kreatif menjadi unggulan karena pertumbuhannya yang cepat tiap tahunnya. Sektor ini pun diharapkan dapat meraup devisa besar serta mampu menyeimbangkan neraca perdagangan.

Rock Bar Luncurkan Identitas Visual Baru

Perubahan besar pada identitas visual Rock Bar menandai era baru komitmen Ayana Resort untuk tetap...

Marriott International Rayakan Momen Penting Menuju Nol Bersih

Marriott International, Inc. (Nasdaq: MAR) telah memverifikasi target pengurangan emisi jangka pendek dan jangka...

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

- A word from our sponsor -