QR Code — Kunci Kesuksesan CTV Campaign

Di sisi lain, sebagian besar inventory iklan CTV tidak dijual melalui mobile marketing network, ini membuat app growth publisher atau pengiklan lainnya kesulitan melacak dan mengatribusikan hasil. Ini mungkin akan berubah, tetapi saat ini, pengukuran campaign di CTV dan platform lainnya tetap sulit dilakukan.

Pada saat yang sama, belanja iklan CTV diproyeksikan akan mencapai $19 miliar pada akhir 2024 seiring dengan bertambahnya jumlah penonton. Masalah pelacakan kinerja perlu diatasi.

QR codes menjadi penyelamat 

Bagaimana para marketer dapat melacak CTV campaign dengan lebih baik?

Ternyata, dengan cara yang sangat mudah, yakni menambahkan QR code pada iklan. Secara teknis, proses scan QR code mirip dengan klik pada iklan, ini akan membawa pengguna ke suatu halaman seperti landing page dalam aplikasi atau app store listing.

Di dunia yang semakin berfokus pada privasi, QR code membuat pengiklan dapat menjangkau pengguna yang telah memberikan persetujuan tingkat paling tinggi untuk privasi disertai dengan pelacakan.

Cara menggunakan QR codes di CTV 

Bayangkan bahwa QR code adalah tombol call to action. Penonton harus menggunakan kode ini agar dapat beralih ke tahap berikutnya dalam perjalanan pengguna dan mudah-mudahan melakukan tindakan yang diharapkan. Perumpamaan sebagai call to action (CTA) juga akan membantu Anda membuat iklan yang mendorong pengambilan tindakan.

Sama halnya dengan tombol CTA, pertanyaan harus disampaikan dengan jelas. Contoh CTA dalam email atau iklan mobile adalah “Unduh Sekarang” atau “Daftar Hari Ini” dan pesan ini harus singkat seperti meminta penonton untuk scan QR code.

Photo by Marta Filipczyk on Unsplash

Berikan penjelasan tentang alasan kenapa mereka perlu scan QR code dan apa yang akan terjadi. Artinya, iklan lama mungkin perlu disesuaikan agar CTA tampak jelas, tetapi upaya tambahan ini akan sepadan dalam jangka panjang.

QR code harus dapat dengan mudah di-scan. Jangan sampai pengguna yang sudah berdiri dari sofa dan berusaha scan QR code kemudian menyerah karena kode sulit di-scan dan acara favorit mereka sudah kembali mulai.

Oleh karena itu, pertimbangkan ukuran dan latar belakang materi iklan. Pastikan bahwa QR code cukup besar untuk dilihat dan memiliki latar belakang yang gelap di sekitarnya agar dapat dengan mudah dideteksi oleh ponsel pengguna.

Mei yang Menyenangkan di Sudestada

Sudestada menyongsong Mei dengan beragam penawaran menarik serta memperkenalkan kembali hiburan live music. Sudestada dengan...

The Purist Villas, Ubud: Tempat Peristirahatan Berseni dan Penuh Keberagaman Budaya

Bagi para travelers yang menyukai kebudayaan, resor butik ini menawarkan tempat peristirahatan mewah yang...

Around The World Brunch 

Makan Sepuasnya di Catappa Restaurant Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran  Grand Mercure Jakarta Kemayoran dengan...

- A word from our sponsor -