Kisah Perawat Asal Jepara, Banting Setir Buka Bisnis Rumahan Bermodal Rp 100.000

Berbekal smartphone dan aplikasi Mitra Shopee, Istiyana berbagi tips dalam mengembangkan warung rumahannya jadi usaha beromset jutaan per minggu

Banyak orang berpendapat jika ingin memulai sebuah bisnis, modal besar dan konsep yang matang harus disiapkan, namun tidak begitu kenyataannya bagi Istiyana. Mitra Shopee asal Jepara, Jawa Tengah, ini tidak menyangka usaha yang dirintis pada 2005 dengan modal hanya Rp100,000 itu justru kini menjadi bisnis yang menjanjikan dan telah menjadi sumber penghasilan utamanya bersama sang suami untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Semua dapat terwujud berkat semangat, ketekunan, serta keberanian untuk berinovasi dalam era yang serba digital saat ini dengan menggunakan aplikasi Mitra Shopee, sebuah aplikasi digital yang menawarkan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan hingga isi saldo ShopeePay. 

Istiyana bercerita bahwa ia merupakan seorang lulusan D1 Ilmu Keperawatan, namun profesi yang ia geluti justru berbanding terbalik dengan gelar yang dimiliki mengingat sulitnya lapangan pekerjaan di bidang kesehatan saat itu.

Setelah lulus kuliah, Istiyana pun mengambil beberapa kali pelatihan dan membuka salon potong rambut di rumahnya yang pada saat itu cukup ramai pelanggan. Melihatnya banyaknya pelanggan yang datang dan mengantri, ia memutar otak dan menggunakan uang Rp 100.000 yang dimiliki untuk memulai warung kecil menjual berbagai minuman dan jajanan untuk pelanggannya. 

“Sejak awal, saya yakin rezeki bisa datang dari mana saja asalkan ada keberanian untuk mulai, berinovasi dan pintar cari peluang. Dengan tekun, saya mengumpulkan sedikit demi sedikit modal untuk menambah produk di warung kecil-kecilan saya, yang berdampak pada pembeli makin ramai dan saya mendapatkan pelanggan tetap dari para tetangga.”

“Namun, semakin berkembangnya era digital, ternyata membuat kebutuhan pelanggan berubah. Tak hanya sembako, mereka sering bertanya apakah saya menjual pulsa dan paket data atau bisa membayar tagihan internet atau listrik tidak di warung. Tak ingin tertinggal, pada akhir 2019 saya bergegas mencari referensi dari teman dan direkomendasikanlah layanan Mitra Shopee. Saya langsung mengunduh aplikasinya dan langsung mendaftar jadi Mitra,” ujar Istiyana.

Kini, usahanya sudah tumbuh semakin besar. Sejak bergabung menjadi Mitra Shopee, Istiyana bercerita bahwa omsetnya dalam seminggu bisa mencapai jutaan rupiah dari penjualan produk digital melalui Mitra Shopee.

Marriott International Rayakan Momen Penting Menuju Nol Bersih

Marriott International, Inc. (Nasdaq: MAR) telah memverifikasi target pengurangan emisi jangka pendek dan jangka...

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

Babak Baru MGallery dengan Peluncuran Kampanye Globalnya 

Dimulainya 2024, MGallery semakin bertekad untuk menggiatkan “M” yang ikonik, yang sekarang identik dengan...

- A word from our sponsor -