Starbucks Barista Championship – Indonesia 2022

Starbucks Barista Championship (SBC) merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Starbucks. Kejuaraan ini menjadi acara bergengsi yang paling ditunggu-tunggu oleh para barista Starbucks sebagai ajang untuk ofmemperlihatkan keterampilan dan keahlian mereka.

Para finalis bersaing untuk memperoleh nilai tertinggi berdasarkan pengetahuan kopi, kompetensi teknis, kemampuan komunikasi dan kreasi minuman yang dibuat. Berawal di tahun 2015, kompetisi ini telah diikuti oleh lebih dari 500 Store Coffee Master Starbucks dari seluruh Indonesia.

Starbucks Barista Championship – Indonesia 2022

Sebanyak lebih dari 500 Store Coffee Master mengikuti kompetisi ini di distriknya masing-masing. Seleksi ketat selama kurang lebih tiga bulan menghasilkan tujuh finalis dan akhirnya tersaring menjadi tiga Coffee Master terbaik yang maju ke babak final.

Starbucks Barista Championship – Indonesia 2022

Sebelumnya para Coffee Master harus melalui empat tahap dalam kompetisi:

  • Tingkat Store – Lebih dari 500 Coffee Master harus berkompetisi untuk menjadi representatif gerai mereka.
  • Tingkat District – 55 Coffee Masters dari masing-masing distrik akan melanjutkan kompetisi di tingkat ini.
  • Tingkat Regional – 7 finalis akan dipilih di tingkat regional untuk melaju ke babak akhir.
  • Grand Final – 3 finalis terbaik akan berkompetisi untuk memperebutkan gelar Starbucks Barista Champion – Indonesia 2022.

Profil Finalis Starbucks Barista Championship – Indonesia 2022

Cava Timotius Sedayu Bramono (Starbucks Reserve Dewata Bali)

Barista yang biasa dipanggil Cava ini bergabung di Starbucks sejak 2018 dan berhasil menjadi perwakilan Region 5 di SBC Indonesia 2022. Barista berprestasi ini merupakan salah satu pemenang Barista Idol 2021, dan di tahun yang sama, ia juga mendapat kesempatan untuk menjadi Coffee Experience Specialist/ Coffee Roaster di Starbucks Reserve Dewata.

Di Starbucks, ia merasa menemukan banyak peluang baru dan tim yang sangat mendukung untuk belajar tentang kopi. SBC tahun ini membuatnya sangat termotivasi karena ia ingin membagikan pengalaman dan inspirasi yang ia dapatkan selama di Bali kepada semua partner di Indonesia.

Untuk SBC, barista pecinta Cold Brew ini memberikan konsep yang akan membawa audiens jalan-jalan ke beberapa area di Indonesia. Ia memulai presentasi dari barat Indonesia dengan mengangkat pentingnya peran Farmer Support Center di Sumatra lewat kopi yang ia sajikan menggunakan teknik pour over.

Pindah ke tengah, ia mengangkat Coffee Experience Center di Bali dengan memperkenalkan signature beverage “the Specialist” yang merupakan campuran dari kopi Indonesia-Aceh, sirup bunga cempaka dan botanical liquid dari enam rempah-rempah.

Terakhir, ia mengangkat dua gerai yang baru saja dibuka di Tanah Papua dalam balutan latte art. Keberhasilan perusahaan untuk membuka gerai di ujung timur Indonesia ini dilihatnya sama ketika ia memandang latte art yang cukup menantang untuk ditaklukkan. 

Rock Bar Luncurkan Identitas Visual Baru

Perubahan besar pada identitas visual Rock Bar menandai era baru komitmen Ayana Resort untuk tetap...

Marriott International Rayakan Momen Penting Menuju Nol Bersih

Marriott International, Inc. (Nasdaq: MAR) telah memverifikasi target pengurangan emisi jangka pendek dan jangka...

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

- A word from our sponsor -