L’Oréal Paris Dukung Perempuan Indonesia Dorong Kemajuan Ekonomi Nasional

  • Karena perempuan begitu berharga, L’Oréal Paris bekerjasama dengan Stellar Women untuk mendobrak batasan bagi perempuan untuk dapat mewujudkan mimpinya menjadi sukses dalam memajukan ekonomi bangsa.
  • Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L’Oréal Paris merupakan program akselerator untuk perempuan pengusaha yang memberikan dukungan, mentor, dan akses intensif selama 8 minggu

L’Oréal Paris, brand kecantikan nomer satu di dunia kembali meneguhkan komitmennya untuk memberdayakan perempuan di Indonesia terutama para perempuan pengusaha untuk mendorong roda perekonomian di Indonesia. Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar, lebih dari 60% UMKM Indonesia dikelola oleh perempuan sehingga peran perempuan tak dapat diremehkan.

Bekerja sama dengan Stellar Women, sebuah komunitas yang mendukung dan menghubungkan perempuan berdaya, L’Oréal Paris resmi menjadi mitra utama Stellar Power Accelerator Program 2022 sebagai bentuk dukungan nyata untuk memberi kelas inspirasi, mentoring dan membantu perempuan dalam memajukan usaha mereka.

Dalam survei bertajuk “Advancing Women in Entrepreneurship” yang dilakukan oleh Google-Kantar tahun 2020, angka partisipasi wanita Indonesia dalam bidang kewirausahaan termasuk yang tertinggi di Asia Tenggara. Penelitian tersebut menemukan bahwa 49% wanita menyatakan telah memiliki bisnis yang mereka jalankan sendiri, sementara 45% mengaku baru ingin berwirausaha.

Delapan dari 10 perempuan yang sudah atau ingin berwirausaha di Indonesia mengungkapkan keinginan mereka untuk meningkatkan keterampilan dalam menjalankan bisnis, seperti keterampilan berbinis, pengelolaan uang, dan keterampilan digital. Namun, walaupun angka partisipasi wanita dalam bidang kewirausahaan di Indonesia tercatat paling tinggi di Asia Tenggara, mereka masih terganjal sejumlah stigma dan stereotip untuk mewujudkan impiannya.

Maria Adina, Brand General Manager L’Oréal Paris mengatakan, ”Di L’Oréal Paris, kami percaya bahwa setiap perempuan berharga, dan berhak untuk merasa percaya diri dalam mengekspresikan diri, dan tentunya untuk menggapai impian di bidang apapun yang kita pilih. Untuk itu, L’Oréal Paris berkomitmen untuk secara nyata mendukung kemajuan perempuan Indonesia dengan mitra strategis Stellar Women yang memiliki misi yang sama.”

“Perempuan memiliki kekuatan menjadi motor penggerak dimanapun mereka berada, apapun karyanya. Namun, seringkali terhalang akses dan tak jarang ekspektasi sosial yang membuat mereka membatasi kemampuan dirinya sendiri dalam mewujudkan kesuksesan yang diimpikan, terutama untuk menjadi perempuan pekerja dan pengusaha. Senang sekali, L’Oréal Paris dapat bermitra dengan Stellar Women, bersama kami akan memberikan inspirasi, kelas-kelas pengembangan bisnis, sampai akses mentoring dengan perempuan pengusaha yang berhasil sukses. Harapan kami, melalui program ini kami dapat memungkinkan para perempuan pengusaha untuk mendobrak batasan dalam meningkatkan kemampuan diri baik secara bisnis maupun pribadi, dan melahirkan pengusaha-pengusaha perempuan baru yang bisa kita semua banggakan,” lanjut Adina.

Stellar Power Accelerator merupakan program akselerator terbesar di Indonesia yang diselenggarakan untuk perempuan pengusaha, yang selama ini memiliki keterbatasan akses terhadap pendanaan ataupun dukungan finansial lainnya. Stellar Power Accelerator memberikan dukungan, mentor, dan akses yang dibutuhkan perempuan untuk mengembangkan bisnisnya mulai dari penjualan, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, dan masih banyak keahlian lainnya.

Selama delapan minggu, peserta akan mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam melalui sesi perkuliahan, kelompok mentorship, maupun diskusi dengan sesama perempuan pengusaha. Pada 2021, Stellar Women menerima lebih dari 1.500 pendaftar, dan tahun ini diharapkan angka ini akan berkembang menjadi 2 kali lipat.

“Di tahun kedua ini, kami sangat antusias untuk menyambut perempuan-perempuan dengan visi di Stellar Power Accelerator. Kami sudah menyaksikan besarnya dampak program ini untuk para alumni di tahun 2021 dan kami tidak sabar untuk menyaksikan momentum yang lebih dahsyat dari partisipan tahun 2022. Tahun ini menjadi lebih spesial karena kami dapat bermitra dengan L’Oréal Paris yang telah terbukti berdiri dan mendukung perempuan berdaya tidak hanya di Indonesia namun juga dunia. Kami juga menggandeng Blibli sebagai exclusive ecommerce partner Stellar Power Accelerator 2022, untuk pelatihan pengelolaan ecommerce kepada perempuan Indonesia,” ujar Samira Shihab, selaku Founder dari Stellar Women.

“Bentuk-bentuk kerja sama ini sejalan dengan visi Stellar Women untuk memberdayakan sekaligus mendukung pemimpin perempuan mewujudkan potensi terbesarnya, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional. Melalui Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L’Oréal Paris, kami ingin menjadi bagian dari masa depan mereka yang cemerlang,” tambahnya.

Setidaknya terdapat tiga program utama yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu 18 Januari 2022 s.d. 8 Maret 2022, yaitu Kelas Stellar Power Accelerator, Mentorship, dan Demo Day.

Kelas Stellar Power Accelerator

Kelas Stellar Power Accelerator merupakan rangkaian kelas virtual dimana peserta mempelajari keahlian berbisnis secara komprehensif langsung dari ahlinya. Puluhan sesi akan diselenggarakan untuk memberikan gambaran mengenai lanskap bisnis saat ini maupun keahlian bisnis yang diperlukan untuk berkembang.

Melibatkan lebih dari 45 ahli sebagai pembicara, antara lain Uma Hapsari (Founder of Amazara.id), Teresa Wibowo (CEO RupaRupa), Dinda Puspitasari (Illustrator), Prita Ghozie (CEO ZAP Finance), Lisa Widodo (COO Blibli), Najwa Shihab (Founder Narasi), Cinta Laura (L’Oréal Paris Spokesperson, Aktris, Penyanyi, Aktivis Sosial) dan masih banyak lagi. Program ini dapat diikuti oleh perempuan dari seluruh kota di Indonesia.

Tidak perlu khawatir mengenai jadwalnya karena rangkaian kelas akan dilaksanakan setiap hari Selasa malam pukul 18.00 – 20.30 WIB sehingga memudahkan mereka yang memiliki aktivitas di siang harinya.

Mentorship

Sebanyak 300 peserta terpilih akan mendapatkan kesempatan khusus untuk bergabung dalam kelompok mentoring. Dalam kelompok mentoring ini peserta dapat berbagi pengalaman dan memotivasi satu sama lain dengan perempuan pengusaha lainnya.

Setidaknya terdapat lebih dari 20 mentor womenpreneur, yang siap membina peserta untuk mengembangkan bisnisnya dengan tepat. Program mentorship akan dilaksanakan sebanyak empat sesi selama program Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L’Oréal Paris berlangsung.

Demo Day 

Stellar Power Accelerator juga memberikan dukungan pendanaan bagi perempuan pengusaha melalui program Demo Day. Peserta yang lolos tahap kurasi proposal bisnis, memiliki kesempatan untuk menunjukkan inovasi bisnisnya di hadapan para juri, yang merupakan investor dan pebisnis berpengalaman.

Para pemenang Demo Day akan mendapatkan hadiah tunai total Rp50 juta. Melalui subprogram ini, diharapkan perempuan Indonesia dapat lebih percaya diri dalam mengembangkan visi bisnisnya yang berdampak bagi masyarakat keseluruhan.

Pendaftaran peserta Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L’Oréal Paris telah dibuka! Dapatkan tiketnya di situs resmi Stellar Women (stellarw.com). Tiket single class Stellar Power Accelerator 2022 juga bisa didapatkan melalui Blibli, e-commerce partner Stellar Power Accelerator 2022 Powered by L’Oréal Paris.

Tentang L’Oréal Paris

L’Oréal Paris adalah sebuah perusahaan perawatan kecantikan terkemuka yang menggabungkan teknologi dengan kualitas terbaru untuk menghasilkan kecantikan luar biasa bagi semua orang, yang berbasis di Paris, Perancis. Misi utama kami adalah memberikan kemewahan yang terjangkau bagi semua individu yang menginginkan keunggulan dalam kecantikan.

Sebagai perusahaan kecantikan nomor 1 di dunia, L’Oréal Paris memiliki komitmen yang luar biasa dalam penelitian dan inovasi dan menyediakan produk-produk berkualitas tinggi bagi wanita, laki-laki dan anak-anak dari segala usia dan segala etnis karena kita begitu berharga.

Di Indonesia, L’Oréal Paris memiliki 4 kategori kecantikan utama yang meliputi pewarna dan perawatan rambut, perawatan kulit, make-up, dan perawatan pria, dengan produk favorit seperti Infallible, Rouge Signature, Excellence, Revitalift, UV Perfect, dan lain-lain.

Rock Bar Luncurkan Identitas Visual Baru

Perubahan besar pada identitas visual Rock Bar menandai era baru komitmen Ayana Resort untuk tetap...

Marriott International Rayakan Momen Penting Menuju Nol Bersih

Marriott International, Inc. (Nasdaq: MAR) telah memverifikasi target pengurangan emisi jangka pendek dan jangka...

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

- A word from our sponsor -