Bintang Indrianto’s Blue Fire Project

Oleh-oleh Perjalanan Bintang Indrianto ke Banyuwangi

Bintang Indrianto, dikenal sebagai pemain bass yang banyak mengeksplorasi bunyi-bunyian khas Indonesia, resmi merilis album terbarunya yang bertajuk Bintang Indrianto’s Blue Fire Project. Dirilis pada 24 Februari 2023 sebagai lanjutan kerja samanya dengan label rekaman demajors.

Bintang Indrianto memang tidak bisa berhenti berkreasi. Selama masa pandemi ia bahkan merilis 35 rekaman singel, sesuatu yang tidak lazim bagi seorang musisi, apalagi yang identik dengan jazz. 

Semuanya dihasilkan dari perjalanan Bintang, sebagai seorang pemain bass Indonesia, merespon setiap pelosok yang ia telusuri di negerinya. 

“35 trek itu jalannya beda-beda. Ada yang ke Padang, Banyuwangi, Bromo. Masing-masing menghasilkan bunyi yang beda,” jelas Bintang.

Terinspirasi fenomena api biru di kawah Ijen, pada pertengahan tahun lalu Bintang merilis trek bertajuk “Blue Fire” sebagai NFT. Inspirasi yang sama menghasilkan proyek musik terbarunya, Blue Fire Project

Blue Fire Project adalah oleh-oleh Bintang Indrianto dari Banyuwangi, yang selama tiga tahun terakhir ia singgahi setiap bulannya. 

Blue Fire Project bisa ada karena Jazz Gunung. Selama empat tahun saya ada di lingkungan event tersebut. Ketika kebagian untuk event yang di Ijen, Banyuwangi, saya merasa rugi kalau tidak berkolaborasi dengan musisi tradisi setempat,” cerita Bintang.

Produksi rekaman dilakukan secara swadaya oleh Bintang di kawasan sanggraloka Jiwa Jawa, di lereng gunung Ijen. Tepatnya di beberapa kamar dan ruang terbuka area yang dikenal sebagai tempat perhelatan Jazz Gunung itu.

“Di sana juga ada pendopo dan padepokan tari, budaya lokal begitu kuat. Beberapa komposisi, seperti ‘Gandrung Sewu’, ‘Precet’, ‘Blue Klung’ dan ‘Kawah Ijen’ sebenarnya sepaket dengan tarian,” jelas Bintang.

Rock Bar Luncurkan Identitas Visual Baru

Perubahan besar pada identitas visual Rock Bar menandai era baru komitmen Ayana Resort untuk tetap...

Marriott International Rayakan Momen Penting Menuju Nol Bersih

Marriott International, Inc. (Nasdaq: MAR) telah memverifikasi target pengurangan emisi jangka pendek dan jangka...

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

- A word from our sponsor -