5 Tips for Work Life Balance

Tips Integrasi Kehidupan Ibu yang Bekerja, dari Pengusaha Wanita Sukses dalam Memperingati Hari Ibu Internasional

Hari Ibu Internasional diperingati setiap hari Minggu kedua bulan Mei yang baru saja berlalu beberapa hari yang lalu. Perayaan ini dibuat sebagai satu hari untuk menghormati ibu. Perempuan diberi hak istimewa untuk bisa menjadi seorang ibu.

Namun, perempuan juga masih memiliki pilihan untuk menjadi ibu rumah tangga sekaligus full-time mother atau ibu yang juga bekerja kantoran (working mother), yang mana kedua pilihan tersebut sama baiknya asalkan kita bisa memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing pilihan yang diambil.

Meskipun ibu yang bekerja memiliki hak untuk memilih, tidak dapat disangkal, masih ada beberapa stigma tentang apakah seorang ibu yang bekerja dapat mengemban tanggung jawab di tempat kerja dan sebagai seorang ibu pada saat yang bersamaan sekaligus, juga banyak yang meragukan seorang ibu yang bekerja untuk bisa memiliki jenjang karir yang lebih tinggi. 

Sebenarnya, peluang untuk sukses dalam karier itu sama bagi semua orang yang memiliki kemampuan dan kemauan, termasuk para ibu. Ada banyak wanita sukses yang bisa menjadi pemimpin perusahaan besar, namun juga dapat membangun keluarga bahagia mereka dengan seimbang.

Violet Lim, CEO dan salah satu pendiri Lunch Actually – dating agency pertama dan terbesar yang ada di 5 negara, sekaligus seorang ibu dari dua anak, adalah salah satu bukti nyata bahwa wanita bisa sama hebatnya dengan wanita karier yang belum berkeluarga bahkan pria.

Violet adalah wanita di balik 4.500+ pasangan yang mendapatkan pasangan dan memiliki pernikahan bahagia dan 150.000+ kencan – yang telah menjadi panutan bukan hanya bagi anak-anaknya tetapi juga bagi lebih dari 100+ karyawan di bawah perusahaannya. Dia dapat mempertahankan tanggung jawabnya di kedua peran yang berbeda dengan menerapkan keseimbangan dunia kerja sebagai gaya hidupnya  – work-life balance.

Menurut Violet, wanita perlu menggunakan kekuatan mereka sebagai keuntungan mereka. Tetap merasa ‘lapar’ dan fokus pada hal-hal yang dapat anda sendiri kendalikan – dorongan, ketekunan, kegigihan anda adalah kuncinya.

Misalnya, daripada mengambil jalan dengan berusaha untuk memiliki kepribadian yang lebih maskulin untuk berbaur dengan pria, kita dapat memanfaatkan kemampuan komunikasi yang baik dan keterampilan interpersonal untuk mencapai tujuan kita.

Photo by Meghan Lamle on Unsplash

Berikut adalah tips utama Violet untuk memiliki keseimbangan dalam dunia kerja bagi wanita:

1. Ubah pola pikir

Setiap orang memiliki definisi sukses yang berbeda-beda, tetapi ingatlah bahwa TIDAK ADA kehidupan yang sempurna. Tidak apa-apa untuk tidak sempurna selama anda mencoba yang terbaik dalam segala hal. Cobalah untuk mengubah pola pikir anda dari ‘menjadi ibu yang sempurna’ ke- ‘menjadi ibu yang bahagia’ dan ‘selalu mencapai 100% target di tempat kerja’ menjadi ‘mencapai setidaknya melebihi target minimum’ dan mengerahkan yang terbaik untuk mewujudkan pola pikir tersebut menjadi kenyataan.

2. Tetapkan tujuan dan prioritas anda

Tujuan dalam karir anda mungkin mencapai tingkat CEO pada saat anda berusia 40 tahun, tujuan dalam hubungan anda mungkin untuk bisa menikah dan memiliki 2 anak pada usia 40 tahun, atau tujuan keluarga Anda yakni bisa menyekolahkan anak-anak anda di sekolah terbaik pada usia 50-an.

Setelah Anda menetapkan semua tujuan tersebut, Anda perlu memecahnya menjadi hal dan langkah yang terukur dan dapat direalisasikan. Anda juga mungkin perlu menyelaraskan kembali harapan Anda!

Rock Bar Luncurkan Identitas Visual Baru

Perubahan besar pada identitas visual Rock Bar menandai era baru komitmen Ayana Resort untuk tetap...

Marriott International Rayakan Momen Penting Menuju Nol Bersih

Marriott International, Inc. (Nasdaq: MAR) telah memverifikasi target pengurangan emisi jangka pendek dan jangka...

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

- A word from our sponsor -