Singapore International Foundation Memenangkan City of Good Award

Atas Kemitraan Lintas Sektor-nya yang Mencapai Dampak Pembangunan Berkelanjutan

Penghargaan bergengsi ini mengakui sebuah program pembangunan kapasitas dari SIF bersama SingHealth, Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, dan Rumah Sakit Umum Haji Surabaya yang berupaya mengurangi angka kematian bayi dan anak di Indonesia.

Singapore International Foundation (SIF), bersama dengan mitranya SingHealth, memenangkan penghargaan perdana pada kategori City of Good Award di ajang President’s Volunteerism & Philanthropy Awards (PVPA) 2021 di Singapura pada Senin, 11 Oktober 2021.

PVPA mewakili penghargaan tertinggi atas kontribusi bagi masyarakat, baik secara individu maupun kelompok. Penghargaan ini diselenggarakan oleh National Volunteer & Philanthropy Centre (NVPC) dengan dukungan dari Kementerian Kebudayaan, Komunitas, dan Pemuda Singapura.

Tahun ini, PVPA memperkenalkan kategori City of Good Award sebagai penghargaan tertinggi untuk kemitraan lintas sektor yang menghasilkan dampak dan efektivitas yang signifikan dan berkelanjutan, serta menghasilkan kontribusi jangka panjang bagi masyarakat.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada SIF dan SingHealth oleh Presiden Singapura Halimah Yacob di Istana. Penghargaan ini dinominasikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Proyek Kegawatdaruratan Pediatri dan Perawatan Neonatal / Paediatric Emergency and Neonatal Care (PENC) Project dari SIF, serta berkolaborasi dengan Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Berkat dukungan dari Pemprov Jawa Timur, program lintas batas ini berupaya untuk menurunkan angka kematian bayi dan balita di Provinsi Jawa Timur.

Singapore International Volunteer (SIV) atau Relawan  Internasional Singapura (berbaju oranye) bekerja sama dengan rekan dari Indonesia pada saat workshop pelatihan fisik Program Perawatan Darurat & Neonatal Pediatrik di Surabaya, Indonesia.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, mengomentari terkait nominasi Pemprov Jawa Timur: “Dengan senang hati Pemprov Jawa Timur menominasikan SIF dan SingHealth atas City of Good Award. Kami berterima kasih atas kolaborasi profesional dari mitra Singapura kami dalam proyek yang bermakna, disertai dengan persahabatan yang hangat kepada masyarakat Indonesia. Hasil positif yang dicapai menunjukkan bahwa ikatan kami yang kuat melampaui tantangan lintas batas, terutama yang ditimbulkan oleh pandemi global.”

Selama empat tahun (dari Juli 2018 hingga Maret 2021), tim spesialis Singapore International Volunteers (SIVs), yang terdiri dari dokter dan perawat dari KK Women’s and Children’s Hospital (KKH) di bawah SingHealth, bekerja bersama mitra mereka di Indonesia untuk meningkatkan penyediaan darurat pediatri dan pelayanan neonatus di institusi kesehatan masyarakat di Jawa Timur. Proyek kolaboratif ini berbentuk lokakarya pelatihan klinis, dialog kepemimpinan, simposium, dan upaya penjangkauan masyarakat.

Melalui berbagi pengetahuan dan keterampilan dengan rekan-rekan mereka di Indonesia, tim SIV melatih tim inti yang terdiri dari 24 pelatih utama Indonesia dan bersama-sama mereka melatih sebanyak 280 praktisi kesehatan Indonesia di tujuh rumah sakit dalam mengelola kedaruratan anak dan bayi yang sensitif terhadap waktu. Proyek ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi 50.000 pasien muda setiap tahun, sejalan dengan tujuan nasional Indonesia untuk mengurangi angka kematian bayi dan anak di bawah usia lima tahun.

Sejak pelaksanaannya, program PENC telah menunjukkan hasil positif yang signifikan. RSU Haji Surabaya melaporkan penurunan yang menggembirakan sekitar 70 persen dalam angka kematian bayi, dari 40 kematian per 1.000 kelahiran hidup pada tahun 2017 menjadi 12 pada tahun 2020.

dr. Sasongko, Sp.A. RSU Haji Surabaya, mengatakan: “Atas nama tim pediatri di RSU Haji Surabaya, saya ingin menyampaikan penghargaan yang mendalam kepada SIF, SingHealth, dan KKH atas kemitraan dan upaya mereka dalam menyukseskan program pelayanan darurat pediatri dan perawatan neonatus.”

Dia menambahkan: “Melalui pelatihan dan berbagi pengetahuan yang berharga antara komunitas Singapura dan Indonesia, layanan kesehatan kami telah meningkat, seiring dengan kepercayaan publik dan kepuasan pasien. Kami berharap dampak positif dari program lintas batas ini akan berkelanjutan untuk waktu yang lama dan akan terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan di Jawa Timur, terutama dalam menurunkan angka kematian bayi.”

City of Good Award menandai tonggak sejarah baru dalam persahabatan lama antara SIF dan Indonesia. Sejak 1992, SIF telah menyatukan warga Singapura dan Indonesia untuk mengerjakan lebih dari 100 inisiatif di bidang kesehatan, pendidikan, serta yang terbaru, di bidang seni dan kewirausahaan sosial.

Peserta Indonesia (berbaju putih) berbincang dengan Ketua Tim SIV Ajun Prof Victor Samuel Rajadurai, Konsultan Senior, Departemen Neonatologi, KKH, (ketiga dari kiri) dan SIV Ibu Nurli Fadhillah Ab Latiff, Perawat Klinik, Unit Perawatan Intensif Neonatal, KKH (kanan) saat melakukan demonstrasi langsung di workshop pelatihan di RSU Haji Surabaya.

Pada tingkatan lain, penghargaan ini sekaligus menjadi warisan atas berbagai upaya SIF untuk berkontribusi bagi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB, terutama untuk Tujuan ke-17, yang mengenali pentingnya kemitraan global yang kuat untuk pembangunan berkelanjutan.

Ms Jean Tan, Direktur Eksekutif SIF, mengatakan: “Selama 30 tahun terakhir, SIF telah membantu membangun hubungan antar manusia yang lebih dalam dengan menciptakan peluang bagi orang lain dan diri kita sendiri agar bersama-sama berbagi pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya, serta bekerja pada program yang saling menguntungkan. Secara kolektif, pekerjaan kami telah berdampak pada lebih dari 15 juta jiwa di 28 negara. Kemitraan yang kuat dengan pihak-pihak yang berpikiran sama telah menjadi kunci untuk mencapai tujuan ini karena kami memanfaatkan keahlian dan sumber daya dari sektor publik, swasta, dan masyarakat untuk pembangunan berkelanjutan.”

Ia menambahkan: “Contoh yang baik sebagaimana ditunjukkan oleh kerjasama SIF dengan SingHealth, Pemprov Jawa Timur, dan RSU Haji Surabaya untuk menurunkan angka kematian bayi dan anak di Jawa Timur. Kami berterima kasih kepada relawan Singapura dan mitra Indonesia yang bekerja keras untuk tidak hanya meningkatkan standar perawatan kritis untuk bayi, tetapi juga memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan antar masyarakat. Saya percaya upaya ini akan membawa kami lebih dekat agar menjadi bangsa warga global yang bertanggung jawab, di kota yang baik.”

Professor Ivy Ng, Group CEO, SingHealth, mengatakan: “SingHealth dan SIF memiliki kemitraan jangka panjang untuk memberdayakan profesional perawatan kesehatan di kawasan ini melalui pelatihan dan pendidikan untuk mengatasi kebutuhan perawatan kesehatan yang terus meningkat. Kami berbesar hati bahwa pelayanan darurat pediatri dan perawatan neonatus kami telah berhasil membekali para profesional kesehatan di Surabaya dengan keterampilan penting untuk merespon keadaan darurat medis dengan lebih baik pada bayi baru lahir dan anak-anak.”

Dia menambahkan: “Kami senang dapat menjadi bagian dari proyek penyelamatan jiwa ini. Upaya luar biasa dari relawan medis kami dari KKH serta tim kolaborasi internasional kami untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Surabaya telah menginspirasi dan memainkan peran penting untuk memperkuat kemampuan layanan kesehatan di wilayah tersebut.”

Ms Melissa Kwee, Chief Executive Officer, NVPC, mengatakan: “Para pemenang PVPA telah merefleksikan sifat tenang dan tekad tanpa pamrih dari masyarakat kita dalam melakukan kebaikan bahkan ditengah situasi tidak menentu dan menantang seperti saat ini. Bersama-sama mereka menggambarkan Singapura sebagai kota yang baik atau City of Good. Capaian jumlah nominasi yang sangat tinggi di tahun ini telah memperkuat harapan kita bahwa City of Good telah tumbuh lebih kuat di bawah berbagai percobaan. Kita akan berhasil mengatasinya bila kita tidak menyerah.”

Tentang Yayasan Internasional Singapura

Singapore International Foundation menjalin pertemanan untuk dunia yang lebih baik. Kami membangun hubungan yang kuat antara masyarakat Singapura dan dunia, dan mendorong persahabatan ini untuk memperkaya kehidupan dan menghasilkan perubahan positif.

Upaya kami berpusat pada kepercayaan bahwa interaksi lintas budaya dapat memberikan wawasan yang memperkuat pemahaman. Pertukaran ini menginspirasi tindakan nyata dan memungkinkan kerja sama atas nama kebaikan. Program kami manyatukan orang untuk berbagi ide, keterampilan dan sumber daya di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, seni dan budaya, penghidupan dan bisnis.

Kami melakukan ini karena kami percaya bahwa kami semua dapat, dan harus, melakukan bagian kami untuk membangun dunia yang lebih baik, yang kami bayangkan sebagai dunia yang damai, inklusif, dan menawarkan peluang bagi semua. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.sif.org.sg

Tentang National Volunteer & Philanthropy Centre (NVPC)

National Volunteer & Philanthropy Centre (NVPC) adalah pengelola visi City of Good untuk Singapura, yang menjadi tempat bagi individu, organisasi, dan pemimpin berkumpul untuk memberikan yang terbaik bagi orang lain. Melalui merek, program, dan inisiatif kami, kami memfasilitasi kemitraan dengan organisasi nirlaba, organisasi, badan sektor publik, dan individu untuk memeriahkan ekosistem pemberian di Singapura.

Kami mengundang Anda untuk bergabung bersama kami menjadi #CityofGood. Kunjungi kami di www.cityofgood.sg.

Tentang Rumah Sakit Umum Haji Surabaya (RSU Haji Surabaya)

Rumah Sakit Umum Haji Surabaya merupakan rumah sakit umum yang melayani semua golongan masyarakat, semua agama dan semua lapisan sosial ekonomi. Dengan moto menyapa dan tersenyum dalam pelayanan, kami selalu mengutamakan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Berbagai jenis pelayanan dan fasilitas rumah sakit yang kami miliki tersedia, seperti tenaga medis, peralatan medis, akomodasi dan lain sebagainya. Dengan kumpulan dokter yang profesional di bidangnya serta peralatan yang memadai, kami siap memberikan layanan dan dukungan dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan pasien kami. Kami telah membuat komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan prima dan kepuasan pelanggan.

Tentang SingHealth

SingHealth, klaster layanan kesehatan publik terbesar di Singapura, berkomitmen untuk menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau, mudah diakses, dan berkualitas bagi pasien. Dengan jaringan rumah sakit akut, pusat spesialisasi nasional, poliklinik dan rumah sakit komunitas yang menawarkan lebih dari 40 spesialisasi klinis, ia memberikan perawatan yang komprehensif, multi-disiplin dan terintegrasi.

Di luar tembok rumah sakit, SingHealth bermitra dengan penyedia layanan komunitas untuk memungkinkan pasien menerima perawatan yang tepat di dekat rumah mereka. Sebagai bagian dari Pusat Medis Akademik Duke-NUS SingHealth, SingHealth juga berfokus pada memajukan pendidikan dan penelitian untuk terus meningkatkan hasil perawatan bagi pasien.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi singhealth.com.sg

Anggota grup SingHealth

Rumah Sakit (Perawatan Khusus Tersier):

Rumah Sakit Umum Singapura, Rumah Sakit Umum Changi, Rumah Sakit Umum Sengkang dan Rumah Sakit Wanita dan Anak KK

Pusat Spesialisasi Nasional (Perawatan Khusus Tersier):

National Cancer Centre Singapore, National Dental Centre Singapore, National Heart Centre Singapore, National Neuroscience Institute, dan Singapore National Eye Centre

Poliklinik SingHealth (Perawatan Primer):

Bedok, Bukit Merah, Marine Parade, Outram, Pasir Ris, Punggol, Sengkang, Tampines, Eunos (diharapkan selesai: 2021) dan Tampines North (diharapkan selesai: 2022)

Rumah Sakit Komunitas SingHealth (Perawatan Menengah dan Jangka Panjang):

Rumah Sakit Bright Vision, Rumah Sakit Komunitas Sengkang, dan Rumah Sakit Komunitas Outram.

Rock Bar Luncurkan Identitas Visual Baru

Perubahan besar pada identitas visual Rock Bar menandai era baru komitmen Ayana Resort untuk tetap...

Marriott International Rayakan Momen Penting Menuju Nol Bersih

Marriott International, Inc. (Nasdaq: MAR) telah memverifikasi target pengurangan emisi jangka pendek dan jangka...

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

- A word from our sponsor -