Pelabuhan KCN Marunda Gelar Tanam Bibit Mangrove Tahap 2 Sepanjang 1.1 Km 

KCN Dukung Pelestarian Alam Berkelanjutan Wilayah Pelabuhan Marunda Lewat Program Penanaman Bibit Mangrove

Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karya Citra Nusantara atau dikenal sebagai Pelabuhan KCN Marunda sebagai pelabuhan supporting Pelabuhan Internasional Tanjung Priok yang khusus melayani bongkar muat barang curah, dalam rangka mewujudkan visi sebagai terminal ramah lingkungan (Green Port) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar penanaman bibit Mangrove Rhizopora Mucronata Tahap II Sepanjang 1100 meter (1.1 kilometer) di hutan bakau di areal Terminal Umum BUP Karya Citra Nusantara.

Pelabuhan KCN Marunda yang dibangun dengan NON APBN APBD dan merupakan proyek strategis infrastruktur pendukung tol laut memiliki komitmen kuat kepedulian terhadap lingkungan dan upaya pelestarian alam berkelanjutan ini sebelumnya telah melaksanakan penanaman bibit Mangrove Tahap I sepanjang 600 meter di perimeter selatan KCN pada tahun 2017 dan akan melanjutkan penanaman Tahap III.

Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara, Widodo Setiadi (Tengah) berpose bersama Kepala Bidang Pengendalian dan Pemanfaatan Kelestarian Hutan, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Fatma Puspitasari, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Capt. Wisnu Handoko dan Kepala Kantor KSOP Kelas IV Marunda, Capt. Isa Amsyari (Kiri ke-3) serta Ketua PMI Kota Jakarta Utara, Rizal Kobar (Kanan ke-3) dalam momen penanaman bibit mangrove sepanjang 1.1KM di Pelabuhan KCN Marunda.
Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara, Widodo Setiadi menyerahkan bibit mangrove kepada petugas penanam dalam momen penanaman bibit mangrove sepanjang 1.1KM di Pelabuhan KCN Marunda.
Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara, Widodo Setiadi bersama Kepala Kantor KSOP Kelas IV Marunda, Capt. Isa Amsyari menyerahkan bibit mangrove kepada petugas penanam dalam momen penanaman bibit mangrove sepanjang 1.1KM di Pelabuhan KCN Marunda.

Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara, Widodo Setiadi menyampaikan, “Badan Usaha Pelabuhan Karya Citra Nusantara (KCN) melanjutkan komitmennya untuk pelestarian alam berkelanjutan, khususnya di kawasan pesisir Jakarta lewat penanaman bibit mangrove tahap II di Hutan Bakau yang berada di area Terminal Umum KCN pier 2 dan pier 3 sepanjang 1.100 meter.”

“Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kelautan dan juga Institut Pertanian Bogor. IPB memberikan masukan atas jenis mangrove yang cocok ditanam. Ini merupakan upaya kami untuk mewujudkan pelabuhan yang ramah lingkungan atau disebut juga ‘green port’.” 

Lebih jauh Widodo Setiadi menjelaskan bahwa kegiatan penanaman bibit mangrove yang berlangsung pada Jumat (3/6) siang di Pelabuhan KCN Marunda di Jalan Jayapura nomor 1 KBN Cilincing, Jakarta Utara ini merupakan kelanjutan dari program penanaman mangrove yang sebelumnya sudah dilakukan pada 2017 silam sepanjang 600 meter di perimeter selatan terminal umum yang dikelola oleh KCN. Selain penanaman mangrove, KCN beberapa waktu yang lalu juga menanam pohon jenis spathodea sebanyak 120 pohon dengan ketinggian kurang lebih tujuh meter di lokasi yang dikelola oleh KCN.

Penanaman mangrove jenis rhizopora mucronata tahap dua yang berlangsung awal Juni 2022 akan diikuti oleh penanaman tahap III di kawasan Pelabuhan KCN Marunda dan telah disesuaikan dengan desain yang terdapat dalam Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Marriott International Rayakan Momen Penting Menuju Nol Bersih

Marriott International, Inc. (Nasdaq: MAR) telah memverifikasi target pengurangan emisi jangka pendek dan jangka...

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

Babak Baru MGallery dengan Peluncuran Kampanye Globalnya 

Dimulainya 2024, MGallery semakin bertekad untuk menggiatkan “M” yang ikonik, yang sekarang identik dengan...

- A word from our sponsor -