Kepada Tuhan Kita Percaya?

Para presiden Amerika Serikat cenderung berbicara atas nama Tuhan, walaupun tak seorang pun dari mereka pernah menyampaikan apakah Ia berkomunikasi lewat surat, fax, telepon, atau telepati. Tanpa atau dengan persetujuan-Nya, pada 2006 Tuhan diklaim sebagai ketua Partai Republik Texas.

Dengan segala latar belakang itu, Ia yang Maha Kuasa, yang bahkan disebut di uang kertas dolar, ternyata dengan sangat mencolok tidak hadir saat kemerdekaan. Konstitusi tidak menyebut-Nya.

Pada acara Konvensi Konstitusi, ketika diusulkan ada acara doa, Alexander Hamilton menjawab: “Kita tidak membutuhkan bantuan asing.”

Menjelang ajalnya, George Washington tidak mau ada doa atau pastur atau pendeta atau apapun sejenisnya di sekitar ranjangnya.

Benjamin Franklin bilang wahyu ilahiah itu tidak lain hanya omong kosong.

“Pikiranku adalah gereja pribadi,” tegas Thomas Paine, dan Presiden John Adams percaya bahwa “dunia akan jauh lebih baik, jika tidak ada agama.”

Menurut Thomas Jefferrson, para pastur Katolik dan pendeta Protestan adalah “tukang ramal dan ahli nujum” yang memecah kemanusiaan, menjadikannya “separuh bodoh dan separuh lagi hipokrit.”

Eduardo Galeano

“Mirrors”

Penerjemah: Wardah Hafidz

Rock Bar Luncurkan Identitas Visual Baru

Perubahan besar pada identitas visual Rock Bar menandai era baru komitmen Ayana Resort untuk tetap...

Marriott International Rayakan Momen Penting Menuju Nol Bersih

Marriott International, Inc. (Nasdaq: MAR) telah memverifikasi target pengurangan emisi jangka pendek dan jangka...

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

- A word from our sponsor -

Previous article
Next article