Katarak: Kenali Gejalanya dan Ketahui Solusinya

Ditinjau oleh Dr. Maria Magdalena Purba, SpM

Salah satu penyakit mata yang banyak dikeluhkan adalah katarak. Katarak banyak dialami oleh orang yang telah memasuki usia lanjut.

Katarak dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur sehingga kondisi ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apabila dibiarkan, katarak dapat menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan secara permanen. 

Banyak yang menganggap bahwa katarak identik dengan penyakit orang tua, namun bukan berarti orang yang lebih muda bisa terhindar dari katarak. Itulah sebabnya, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui gejala katarak agar tetap selalu waspada menjaga kesehatan mata kita.

Gejala Katarak yang Patut Diwaspadai

Seringkali di tahap awal katarak, penderita tidak menyadari bahwa matanya sudah mengalami katarak. Penderita mungkin menganggap bahwa penglihatannya kabur karena terdapat gangguan seperti debu atau masalah perubahan refraksi atau ukuran kacamata dan sebagainya. 

Pada tahap awal katarak, biasanya kekeruhan hanya terjadi pada sebagian kecil dari massa lensa. Seiring berjalannya waktu dimana derajat katarak akan semakin parah yang ditandai dengan lensa yang bertambah keruh, keras dan tebal, sehingga menutup sebagian besar bahkan semua bagian lensa mata. Maka penglihatan juga akan bertambah buram.

Katarak dapat memengaruhi salah satu atau kedua mata. Gejala katarak yang paling umum dirasakan oleh penderita, meliputi:

1. Penglihatan Menjadi Kabur

Seiring berkembangnya katarak, penglihatan seseorang akan menjadi kabur seperti berkabut. Semakin parah derajat katarak, semakin buruk pula tajam penglihatan.

2. Lebih Sensitif Terhadap Cahaya

Orang yang menderita katarak mungkin merasa lebih sensitif terhadap cahaya terang. Cahaya terang dapat menyebabkan silau dan ketidaknyamanan di mata.

3. Terjadi Perubahan Warna pada Objek yang Dilihat

Katarak dapat menurunkan sensitivitas kontras sehingga warna yang biasanya terlihat terang dan cerah mungkin tampak lebih kusam atau pudar.

4. Penglihatan ganda

Beberapa orang dengan katarak mungkin melihat objek ganda.

Mengelola Energi

Oleh Eileen Rachman dan Emilia Jakob Kita melihat semakin banyak orang muda yang mengalami penyakit...

Banyan Group Bermitra dengan Urasaya Property

Untuk Hunian Bermerek Mewah Pertama di Nakhon Si Thammarat  Terletak di pantai teluk Thailand, Banyan...

Genki Sushi: “From Japan to You” ke Fukuoka

Setelah sukses dengan kampanye "From Japan to You" tahun lalu, yang menampilkan hidangan khas...

- A word from our sponsor -