Kampanye #UbahDenganSuara

Bekerja sama dengan Indonesia Mengajar, LISTERINE® membantu Guru Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi mereka

LISTERINE®, salah satu produk unggulan PT Johnson & Johnson Indonesia serta pemimpin pasar brand mouthwash yang didukung oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia, 16 Oktober 2019 secara resmi meluncurkan kampanye Cause Related Marketing (CRM), #UbahDenganSuara. Kampanye ini adalah kelanjutan dari kesuksesan #UbahDenganSuara yang terselenggara awal tahun ini, dan sebagaimana kampanye sebelumnya, LISTERINE® juga kembali berkolaborasi dengan Indonesia Mengajar, yaitu organisasi yang memiliki serangkaian program berfokus pada peningkatan kapabilitas guru di Indonesia dengan cara mengadvokasi mereka agar menjadi fasilitator yang baik.

Di kampanye #UbahDenganSuara kali ini, LISTERINE® dan Indonesia Mengajar akan fokus meningkatkan kemampuan komunikasi para guru di Kabupaten Aceh Singkil.

Fokus dalam kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah yang ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik, sehingga ke depannya, Indonesia bisa menjadi negara maju. Pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melangkah maju dalam mewujudkan upaya tersebut dengan mengubah peraturan bagi para guru yang sekarang diwajibkan bekerja selama 40 jam per minggu, di mana dalam cakupan waktu kerja tersebut, guru akan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pengajaran tatap muka, memberi penilaian hasil belajar anak didik, membimbing (melaksanakan bimbingan) dan melatih, serta melaksanakan tugas tambahan seperti pembinaan pramuka atau menjadi wali kelas.

Kemampuan komunikasi menjadi sangat penting bagi guru sebab 60% atau 24 jam dari total jam kerja mingguan yang diatur tersebut dialokasikan untuk berkomunikasi langsung dengan siswa. Oleh karena itu, LISTERINE® dan Indonesia Mengajar hadir dengan konsep #UbahDenganSuara.

Devy Yheanne, Country Leader of Communications and Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia mengatakan, “Johnson & Johnson selalu membangun merek dengan tujuan dan tidak hanya itu, perusahaan kami selalu berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi Indonesia. Kami percaya bahwa pendidikan adalah hal yang paling mendasar untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Indonesia, di mana peran penting guru adalah sebagai garis terdepan pendidikan bangsa.

Melalui LISTERINE® #UbahDenganSuara, kami ingin membantu para guru Indonesia menunjukkan versi terbaik dari diri mereka sendiri kepada generasi masa depan, yaitu para siswa. LISTERINE® sadar bahwa kesehatan mulut yang baik dapat membantu para guru membangun kepercayaan diri yang positif. Saat mereka percaya diri, mereka bisa berkomunikasi dengan lebih baik, para siswa akan lebih termotivasi untuk memahami materi pembelajaran, dan pada akhirnya, dapat mengungkap potensi maksimal mereka.”

Lebih lanjut, Rikka Anggitha, Marketing Lead Oral Care PT Johnson & Johnson Indonesia juga menambahkan bagian penting dari pencapaian kampanye ini, “Kemajuan pendidikan membutuhkan dukungan dari semua elemen masyarakat, oleh karena itu, LISTERINE® mengundang masyarakat Indonesia turut berkontribusi dan ambil bagian demi peningkatan kompetensi komunikasi para guru di Kabupaten Aceh Singkil, dengan hanya membeli produk mouthwash kami, yaitu LISTERINE® Cool Mint dan Siwak 250 ml mulai dari 14 Oktober 2019 hingga 17 November 2019 di toko-toko terdekat. Kami percaya bahwa orang Indonesia memiliki aspirasi yang sama seperti kami, mewujudkan Indonesia yang lebih baik.”

“Sekarang, kami lebih optimis bahwa Indonesia dapat menjadi negara maju dengan kompetensi sumber daya manusia yang lebih baik.”

Setelah berakhirnya periode pembelian produk untuk mengumpulkan dukungan, LISTERINE® dan Indonesia Mengajar kemudian akan mengadakan pelatihan untuk guru di Aceh Singkil yang disajikan secara mendalam. Di pelatihan tersebut, akan di bagikan pengetahuan mengenai cara menjadi fasilitator yang baik, dengan materi mencakup keterampilan dasar fasilitasi, yaitu agar para guru memahami dan mempraktikkan cara mengajar yang komunikatif; manajemen kelas, untuk pemahaman pembelajaran aktif dan kreatif; serta materi peningkatan kepercayaan diri, di mana kesehatan mulut menjadi salah satu unsur penting untuk diperhatikan. Pada tahun 2020, kampanye ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak guru di daerah lain di Indonesia.

“Sudah sekitar satu dekade sejak Indonesia Mengajar didirikan sebagai upaya untuk membantu Indonesia meningkatkan kualitas sektor pendidikannya, dimana selama ini karakteristik sebagai negara kepulauan selalu memberikan tantangan tersendiri. Kami bangga dengan kolaborasi bersama Listerine di kampanye #UbahDenganSuara untuk kedua kali ini. Komitmen LISTERINE® tidak perlu diragukan lagi dan sesuai dengan nilai-nilai yang kami jalankan selama ini, sehingga menjadikan gerakan Indonesia mengajar jadi lebih bernilai. Sekarang, kami lebih optimis bahwa Indonesia dapat menjadi negara maju dengan kompetensi sumber daya manusia yang lebih baik,” kata Sidik Eka Hermawan, Project Director Business Partnership Unit Indonesia Mengajar.

Rangkaian kegiatan kampanye #UbahDenganSuara dimulai pada Januari 2019 di mana LISTERINE® menyelenggarakan roadshow ke berbagai universitas, mal, dan beberapa ruang publik di Jakarta, untuk mengumpulkan suara dari generasi muda Indonesia. Mayoritas suara yang terkumpul saat itu mengatakan pendidikan adalah hal penting. Oleh karena itu, LISTERINE® memprakarsai kampanye CRM yang berfokus pada pendidikan untuk menanggapi persoalan tersebut. Semua donasi yang dikumpulkan dari kampanye pertama telah secara resmi diberikan kepada Indonesia Mengajar untuk program pendidikan kesehatan mulut dan membuat modul metode pembelajaran kreatif.

LISTERINE® secara khusus mendukung para guru karena mereka adalah garis terdepan pendidikan bangsa. Bersama Indonesia Mengajar sebagai mitra, diharapkan kampanye ini akan membawa dampak positif dan perubahan bagi pendidikan di daerah terpencil di Indonesia.

Tasrih Ketakutan dari Joko Anwar

Resensi Film Siksa Kubur Oleh Akmal Nasery Basral Mengisi libur Idul Fitri dengan film horor di...

15 Gerai Starbucks Tercantik yang Layak Dikunjungi Selama Liburan

Libur Lebaran adalah saat yang spesial untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun,...

Embark on a Blissful Eid al-Fitr Getaway with Le Méridien Jakarta’s Family-Friendly Package

As the joyous occasion of Eid al-Fitr approaches, Le Meridien Jakarta is thrilled to announce...

- A word from our sponsor -