Humor di Tempat Kerja

Oleh Eileen Rachman dan Emilia Jakob

Tempat kerja yang penuh senyum, canda-canda kecil, kadang tertawa bersama pasti lebih menyenangkan daripada kantor yang dingin, hening, dengan semua sibuk berfokus di tempatnya masing-masing. Bila kita perhatikan, atmosfer dalam organisasi memang berbeda-beda.

Ada yang serius, formal, ada yang memiliki suasana seperti kampus dengan kelompok-kelompok yang semangat berdiskusi sambil sesekali berteriak atau bahkan tertawa terbahak-bahak.

Bila kita membandingkan mana yang lebih baik, banyak ahli mengatakan bahwa teams that grin together win together karena rasa bahagia dapat memicu dopamin yang dampaknya membuat otak menjadi lebih kreatif dan termotivasi untuk mencapai prestasi.

Humor dapat mengatasi stres. Stres kronis dapat menyebabkan ketegangan otot, tekanan darah tinggi, dan penurunan kekebalan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa tertawa dapat mengendurkan otot, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Humor dalam dunia profesional

Seorang ahli perilaku Jennifer Aaker dan ahli strategi korporasi Naomi Bagdonas mengungkapkan, humor adalah aset perusahaan yang sering dipandang sebelah mata. Dalam presentasi mereka di Ted Talk, mereka menyebut humor sebagai senjata rahasia untuk membangun hubungan, bahkan bisa berpengaruh terhadap efektivitas kepemimpinan seseorang. 

Atasan yang menggunakan humor dapat mengurangi jarak sosial mereka dengan anak buahnya dan menciptakan persahabatan. Saat tertawa bersama, kita bisa berempati satu sama lain dan menciptakan dinamika tim yang lebih kuat.

Karyawan yang bekerja di organisasi yang penuh humor melaporkan tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi dan cenderung berada di organisasi untuk waktu yang lebih lama.

Humor memungkinkan kita untuk mengekspresikan diri dan berkomunikasi dengan cara yang menyenangkan, impulsif, dan kreatif. Pendekatan yang ringan dapat membantu setiap orang berada dalam suasana hati yang lebih santai dan bahagia sehingga lebih mudah untuk berkolaborasi dan menghasilkan ide-ide kreatif.

Mengapa?

Oleh Eileen Rachman dan Emilia Jakob Semua orangtua pernah kewalahan menjawab pertanyaan anak-anaknya pada...

Cara Mengatasi Komputer Kantor No Booting dengan Tepat

Masalah display atau booting pada komputer adalah ketika komputer tidak dapat menampilkan tampilan pada...

Mengungkap Kemegahan Dubai di Indonesia

Tandai kalender Anda dan bersiaplah untuk konvergensi keunggulan real estat yang belum pernah terjadi...

- A word from our sponsor -