Creative Fashion Show

Menilik Industri Kreatif Fashion Negeri Laskar Pelangi dalam Creative Fashion Show di “Timor de Belitong”

Belitung Timur banyak cerita, selain karya seni dan budaya, ternyata industri kreatif di Negeri Laskar Pelangi ini pun terus berkembang.

Dalam pagelaran event ‘Timor de Belitong’ pada 1-4 Juni 2023, Kabupaten Belitung Timur memamerkan industri kreatifnya dalam tajuk Creative Fashion Show. Lebih dari sekedar memanfaatkan material limbah, para fashion designer pun membangun storytelling di balik look yang diperagakan oleh para generasi Z.

Novi Taylor, fashion designer yang memamerkan ‘The Queen of Chinas’. Look ini terinspirasi dari perpaduan budaya bangsa China dan Belitung di masa lalu. Dulu, pada tahun 1293 armada Mongol terdampar di sebuah pulau yang disebut Gou-lan/ Kau-lan (Belitung), sehingga keturunannya adalah penduduk yang sampai saat ini menjadi warga asli pulau Belitung.

‘The Queen of Chinas’ ini menggunakan material karung goni dan tikar lais yang dibentuk kipas sehingga kesan Orientalnya sangat menonjol.

Dipadukan dengan tampah kecil sebagai pemanis di bagian depan baju dari tikar dan tutup kepala caping tradisional yang di hiasi dengan tali goni asli dan daun kering sehingga perpaduan China dan pribumi menyatu layakya warga pribumi dan warga China yang sudah menyatu di pulau Belitung ini.

Aksesoris menggunakan anting-anting yang di but dari tikar lais asli,dan hiasan dada menggunakan bahan tikar dan buah cemara kering.

Dan properti yang terbuat dari ranting kayu dan tampah sehingga ada 7 bahan yang di gunakan dalam proses pembuatan kostum kreatif ini yaitu goni, tikar lais, tampah, caping, daun kering.buah cemara kering dan ranting kering.

Khalila Faiha Ramadhani, model yang mengenakan look ‘The Queen of Chinas’ mengatakan, bangga bisa membawakan fashion dari Novi Taylor. “Mengikuti Creative Fashion Show kali ini sebagai upaya mempromosikan industri kreatif dari subsektor fashion kabupaten kami yang terus berkembang,” ungkapnya.

Jelajahi Arab Saudi dan Temukan Keindahan Sejati Arabia di Jakarta, 1-5 Mei 2024

Arab Saudi Mengundang Wisatawan Indonesia untuk Menjelajahi Lebih dari Sekadar Perjalanan Spiritual Arab Saudi, yang...

Mengelola Energi

Oleh Eileen Rachman dan Emilia Jakob Kita melihat semakin banyak orang muda yang mengalami penyakit...

Banyan Group Bermitra dengan Urasaya Property

Untuk Hunian Bermerek Mewah Pertama di Nakhon Si Thammarat  Terletak di pantai teluk Thailand, Banyan...

- A word from our sponsor -