Bhumi Atsanti: Wahana Edukasi dan Eksplorasi Kebudayaan di Borobudur

Bhumi Atsanti lebih dari sekadar komitmen kebudayaan, Bhumi Atsanti adalah rumah, ruang, dan rasa…

Yayasan Atma Nusvantara Jati atau Atsanti Foundation yang berdomisili di kabupaten Magelang berdiri pada 7 Januari 2020 dan bergerak di bidang kebudayaan, pendidikan, spiritualitas, UMKM dan pariwisata berbasis kebudayaan. Minggu, 18 September 2022 Atsanti meresmikan pembukaan Bhumi Atsanti sebagai wahana edukasi dan eksplorasi budaya. Bhumi Atsanti berlokasi di Dusun Bumi Segara, Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, berjarak kurang lebih 1 km dari Candi Borobudur.

Pembangunan Bhumi Atsanti adalah sebuah komitmen yayasan Atsanti untuk mendukung pemajuan kebudayaan dalam berbagai ragam kegiatan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak serta ragam kreasi-inovasi untuk membuat kebudayaan dari peradaban luhur di masa lalu relevan dengan masa kini dan masa depan, khususnya bagi generasi muda.

Acara pembukaan Bhumi Atsanti memilih format yang khas warga masyarakat yaitu syukuran, kenduren disertai pentas seni yang dibuat hangat dan guyub dengan melibatkan masyarakat agar tercipta hubungan atau srawung yang harmonis. Dalam kesempatan pembukaan ini, selain dihadiri oleh warga masyarakat, seniman dan pelaku budaya di kawasan Borobudur juga hadir tokoh-tokoh masyarakat, diantaranya Kepala Desa, Camat, Muspika, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Nilo Wardhani, “Bhumi Atsanti hadir sebagai jembatan, wadah dan wahana edukasi yang membuka ruang seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin belajar kebudayaan Nusantara.”

Hadir juga wakil-wakil dari universitas yang selama ini sudah bekerjasama dengan Atsanti seperti Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Atmajaya Jakarta, Universitas Tarumanegara Jakarta, ISI Yogyakarta dan ISI Surakarta.

Menurut Ketua Yayasan Atma Nusvantara Jati, Nilo Wardhani, Bhumi Atsanti hadir sebagai jembatan, wadah dan wahana edukasi yang membuka ruang seluas-luasnya bagi siapa saja, khususnya generasi muda, yang ingin belajar kebudayaan nusantara, secara khusus yang bersumber dari inspirasi nilai-nilai adi luhung Candi Borobudur dan kearifan lokal masyarakat di Kawasan Borobudur.

Rock Bar Luncurkan Identitas Visual Baru

Perubahan besar pada identitas visual Rock Bar menandai era baru komitmen Ayana Resort untuk tetap...

Marriott International Rayakan Momen Penting Menuju Nol Bersih

Marriott International, Inc. (Nasdaq: MAR) telah memverifikasi target pengurangan emisi jangka pendek dan jangka...

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

- A word from our sponsor -