Bermitra dengan UMN, Fortinet Kembangkan Tenaga Ahli Keamanan Siber Masa Depan Indonesia Lewat Pelatihan

UMN Bergabung dengan Jaringan Mitra Akademik yang Semakin Luas untuk Mengatasi Kesenjangan Tenaga Ahli di Indonesia dan Memperkuat Postur Keamanan Perusahaan

Fortinet®, pemimpin global dalam keamanan siber yang mendorong konvergensi jaringan dan keamanan, hari ini mengumumkan bahwa Universitas Multimedia Nusantara (UMN), yang merupakan Universitas unggulan di bidang ICT berlokasi di Tangerang, Indonesia, telah bergabung dengan Program Mitra Akademik (Academic Partner Program) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU).

MoU ini bertujuan melengkapi mahasiswa UMN dengan pelatihan dan sertifikasi keamanan siber yang diakui industri dari Fortinet, sekaligus mengembangkan kemampuan keamanan siber mereka. MoU yang ditandatangani pada 12 Juni 2023 ini akan mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang sangat dibutuhkan untuk melindungi infrastruktur digital Indonesia sekaligus mengatasi kekurangan tenaga ahli.

Dengan kesepakatan ini, UMN menjadi lembaga pendidikan terkini di Indonesia yang bergabung dengan Program Mitra Akademik Fortinet Training Institute, yang bekerja sama dengan lembaga akademik dan sekolah di seluruh dunia untuk mengatasi kesenjangan tenaga ahli keamanan siber.

Sekitar 300 mahasiswa diharapkan dapat memetik manfaat dari program ini selama tahun akademik pertama kemitraan. Mereka akan memulai program pada Level 4 NSE (Network Security Expert) dengan kesempatan untuk menjelajahi jalur pelatihan tambahan sesuai aspirasi karir mereka.

Instruktur bersertifikat akan menyelenggarakan program pelatihan dan sertifikasi, yang terdiri dari kombinasi kursus berbasis mandiri dan bimbingan instruktur melalui sesi kelas dan laboratorium, termasuk latihan praktis dan pengalaman langsung. Kurikulum yang kuat ini akan menghasilkan lulusan berkualifikasi tinggi dengan keahlian keamanan siber untuk membantu melindungi jaringan dari ancaman siber global dan memperkuat lanskap keamanan digital nasional.

Indonesia sedang menghadapi tantangan kesenjangan tenaga ahli yang signifikan di bidang keamanan siber akibat meningkatnya frekuensi serangan siber. Survei terbaru oleh Fortinet mengungkap lonjakan jumlah perusahaan yang mengalami pelanggaran, dengan 94% melaporkan insiden dalam setahun terakhir. 

Dari pasir hingga pantai: Indonesia Bersiap untuk merasakan Glamor nya Dubai.

Acara "Own Part of Dubai" adalah upaya Signature untuk menawarkan peluang investasi di...

Telkom Indigo Dukung Kreativitas Mahasiswa Pengembang Gim Melalui Gametech Exhibition (GTX) 2024 Re On The Game

Telkom Indigo dukung mahasiswa calon-calon pengembang gim yang berpartisipasi di dalam Gametech Exhibition (GTX)...

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Biaya Pendaftaran Perusahaan untuk Perusahaan Milik Asing di Indonesia

Jika Anda seorang pengusaha yang sedang mempertimbangkan prospek yang menarik ini, memahami biaya pendaftaran...

- A word from our sponsor -