5 Langkah Mudah Kurangi Stres Tanpa Bikin Kantong Kering!

World Mental Health Day jatuh pada tanggal 10 Oktober. World Mental Health Day memperingati pentingnya untuk menjaga kesehatan mental kamu. Terkadang, masalah pekerjaan bisa menjadi salah satu stressor paling kuat yang mempengaruhi kesehatan mentalmu. Beban pekerjaan, lingkungan, dan persaingan yang tidak sehat bisa membuat kesehatan mentalmu semakin buruk bila tidak diatasi secara lanjut.

Kesehatan mental kamu dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan bahkan kesehatan finansial kamu. Coach Pris, Founder Stress Management Indonesia mengatakan, “Bila kamu tidak menjaga kesehatan mental dengan cara yang tepat, kamu akan menumpuk beban pikiran, mempercepat burnout, dan menambah beberapa masalah mental dan finansial. Maka dari itu, bila kondisi fisik dan mental kamu prima, kamu juga bisa menjaga dan mengelola keuanganmu dengan baik.” 

Berikut ini adalah cara-cara untuk mengurangi stress dan mencegah burnout serta depresi tanpa bikin kantong kering:

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Kamu bisa memulai untuk menjaga kesehatan mentalmu dengan merawat diri sebaik mungkin. Jangan lupa untuk tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan minum air secukupnya.

Olahraga juga bisa membantu kamu untuk lebih bugar dan fokus untuk menghadapi aktivitas lainnya. Dengan menjaga diri lebih baik, pikiranmu menjadi lebih tenang. Selain itu, tubuh kamu juga akan terasa lebih segar.

Bersosialisasi & Kembangkan Rasa Bersyukur

Kamu tidak harus menghadapi dan melakukan semua hal sendirian. Bila kamu merasa beban emosimu menumpuk, atau kelelahan akibat overthinking, kamu bisa bercerita dan bersosialisasi dengan orang-orang terdekat.

Bantuan dan pengertian dari orang-orang yang kamu percayai sangat berarti untuk kesehatan mentalmu. Selain itu, kamu juga bisa menumbuhkan rasa bersyukur yang lebih dalam. Dengan bersyukur, kamu bisa lebih menikmati dan menghayati hidup.

Mempraktikan Mindfulness dengan Journaling

Kamu bisa mempraktekkan mindfulness secara perlahan. Kamu bisa mencoba journaling untuk mendokumentasikan hal-hal yang membuat hidupmu lebih bermakna.

Bicara Green Branding, LindungiHutan Undang Founder & CEO OXO Group Indonesia dalam Webinar Green Skilling

LindungiHutan telah menyelenggarakan webinar Green Skilling mendatangkan narasumber dari OXO Group Indonesia.Serial webinar Green...

Kementerian Perdagangan bersama Telkom Group dan Asosiasi Game Indonesia Adakan Event untuk Penggiat Game di Bandung

Kementerian Perdagangan bersama Telkom Group dan Asosiasi Game Indonesia berkolaborasi untuk memberikan wawasan kepada...

VRITIMES Memperluas Jaringan Media Melalui Kerjasama dengan Padusi.id, Sorogan.id, dan ParentsGuide.co

Jakarta, 3 Mei 2024 – Dalam rangka memperkuat jaringan distribusi berita dan meningkatkan variasi...

- A word from our sponsor -