Tren Ospek Masa Kini untuk Mahasiswa Baru

  • ​​LINE OpenChat mengakomodasi para mahasiswa baru dalam kegiatan ospek.
  • ​Sejumlah kampus menggunakan layanan LINE OpenChat sebagai media pertukaran informasi resmi.

Kegiatan Ospek (orientasi studi dan pengenalan kampus) merupakan sebuah kegiatan yang sangat dinantikan para mahasiswa baru sebelum memulai kegiatan perkuliahan. Kegiatan ini biasanya menjadi waktu di mana mereka dapat mengenal kajian studi mereka dengan lebih baik lagi dan mengenal teman-teman baru melalui berbagai aktivitas.

Dengan kondisi pandemi seperti saat ini, seluruh kegiatan ini tentunya tidak dapat berjalan seperti biasanya. Namun bukan berarti, kenangan ospek ini tidak dapat terbentuk.​

Dengan teknologi digital yang dimiliki LINE, OpenChat menjadi sebuah fitur yang diminati oleh para mahasiswa baru, terjadi peningkatan jumlah keaktifan pembicaraan sebanyak 61% dan penambahan jumlah grup sebanyak 77% di dalam kategori OpenChat ‘school dan study’

Bekerjasama dengan sejumlah Universitas di Indonesia, LINE OpenChat memberikan official group untuk kegiatan ospek masing-masing kampus tersebut di mana group official ini dapat menampung hingga 200.000 anggota dengan kapasitas group chat sebesar 5.000 anggota untuk setiap groupnya.

Layanan ‘undang dengan link’ dapat memudahkan panitia ospek dalam mengundang mahasiswa baru untuk bergabung tanpa harus mengumpulkan nomor telepon masing-masing mahasiswa.

Layanan BOT (mesin penjawab otomatis) juga diaktifkan untuk memudahkan komunikasi diantara para mahasiswa, di mana bot ini dapat berfungsi untuk menyambut mahasiswa baru, mengatur jadwal atau pengingat kegiatan yang berkaitan dengan ospek, dan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diutarakan oleh para mahasiswa, sehingga panitia tidak perlu lagi menjawab hal yang sama secara berulang. 

Cindy Ayu, Wakil Kepala Divisi Manajemen Informasi Penerimaan Raya Mahasiswa Baru Universitas Padjajaran 2021, mengatakan, “Kapasitas ruang percakapan yang besar di LINE OpenChat sangat bermanfaat dalam menyebarkan informasi seputar kegiatan ospek dan perkuliahan di Unpad secara efektif dan realtime. Selain memudahkan dalam komunikasi, bot penjawab otomatis juga sangat membantu dalam mengelola grup.”

Hingga saat ini grup LINE OpenChat Universitas Padjajaran (Unpad) telah memiliki anggota hingga 5.300 mahasiswa baru.​ ​

Ngurah Dinata, Menteri Komunikasi, Media, dan Informasi BEM Universitas Udayana, mengatakan LINE OpenChat sangat memudahkan dalam mengumpulkan dan mengelola diskusi karena chat roomnya bisa mencapai 5.000 orang. Selain itu, ada banyak fitur yang membantu, seperti pengumuman dan bot filter spam.”

Universitas Udayana (Unud) sendiri telah menggunakan LINE OpenChat sejak 2018 sebagai media untuk menghubungkan para maba dan bertukar informasi terkait kegiatan ospek pada tingkat universitas dan fakultas. 

Sebagai aplikasi yang banyak digunakan oleh generasi Z saat ini di Indonesia, LINE akan terus berupaya untuk menciptakan ekosistem yang supportif terhadap berbagai kebutuhan penggunanya. Terlepas dari kondisi pandemi, dengan keahlian digital yang dimiliki, LINE melalui fitur OpenChat berharap dapat menjangkau lebih banyak universitas di Indonesia untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan,” ujar Trisnia Anchali Kardia, Chief Commercial Officer, LINE Indonesia.

Selain Unpad dan Unud, terdapat beberapa universitas lainnya yang telah bergabung dan menjadikan LINE OpenChat sebagai platform resmi untuk kegiatan ospek, yaitu Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Islam Indonesia.

Destinasi Terbaik Wisata di Indonesia

DestinAsian Umumkan Pemenang dari Poling Readers’ Choice Awards 2024 Majalah DestinAsian sekali lagi mengumumkan hasil...

Vasaka Hotel Jakarta Sinergi Berbagi di Ramadhan

Tepat pada 23 Maret 2024, Vasaka Hotel Jakarta managed by Dafam menyelenggarakan acara buka...

Program Stiker Drive-Thru Pertama Starbucks di Indonesia

Meriahkan Ramadan Starbucks mengusung tema "A Cup of Kindness" pada Ramadan tahun ini dengan...

- A word from our sponsor -