Tips Berbisnis Titin Sumarni

Sosok Ibu Tunggal yang Berhasil Membesarkan Ketiga Anaknya 

Andalkan berbisnis melalui aplikasi Mitra Shopee sebagai sumber penghasilan, Titin berhasil menambah pemasukan keluarga hingga biayai kebutuhan anak-anaknya 

Menjadi orang tua memiliki tanggung jawab yang tak mudah, terlebih jika peran itu harus dilakukan seorang diri. Tak sedikit pula anggota masyarakat yang harus menempuh berbagai perjuangan dan pengorbanan demi memenuhi kebutuhan sang anak. Hal tersebut pun dilakukan oleh Titin Sumarni, seorang Mitra Shopee di Jakarta yang selama 14 tahun terakhir telah berjuang menghidupi anak-anaknya seorang diri. 

Tak menyerah, ia yang harus mencari nafkah tanpa suaminya tetap semangat dan terus mencoba berbagai usaha untuk dapat menjadi tulang punggung bagi ketiga anaknya. Setelah mencoba berbagai jenis usaha, Titin menemukan bisnis yang menjanjikan yaitu berjualan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan layanan pembayaran berbagai tagihan serta isi saldo ShopeePay melalui aplikasi Mitra Shopee. 

“Satu-satunya keterampilan yang saya miliki adalah menjahit, dan dulu saya manfaatkan dengan bekerja di butik serta usaha jahit di rumah. Namun, saya merasa perlu bangkit mencoba tantangan baru dan memiliki bisnis yang lebih menjanjikan. Di situlah jiwa wirausaha saya semakin terdorong, dan saya memutar otak untuk bisa membuka usaha lainnya dari rumah,” jelas Titin. 

Usaha menjahit Titin pun tak lagi dilanjutkan, dan berbagai bisnis mulai ia coba jalani. Ia mulai dari usaha warung kopi di rumahnya yang menawarkan berbagai minuman dan makanan ringan. Setelah secara perlahan berhasil mengumpulkan modal tambahan, warung kopi milik Titin mulai berkembang dan menawarkan kebutuhan masyarakat lainnya seperti bensin motor.

Tidak hanya itu, Titin juga menyadari bahwa dalam dua tahun terakhir masyarakat sudah semakin familiar dengan teknologi sehingga segala pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan transaksi pun semakin bergeser ke arah serba digital. Melihat situasi tersebut, Titin mencoba melihat peluang yang berbeda yakni berjualan produk digital. 

“Awalnya saya hanya ingin membuat tempat ‘nongkrong’ yang nyaman. Namun, di tengah era digital, saya sadar pasti banyak orang yang membutuhkan pulsa, paket data, dan berbagai kebutuhan produk digital lainnya. Di situ saya melihat adanya peluang untuk berbisnis dan bertemu dengan aplikasi Mitra Shopee. Selain warung kopi, sekarang saya juga membuka kios pulsa dan mendapatkan banyak langganan dari masyarakat sekitar. Kehadiran teknologi sangat membantu saya dalam mempermudah usaha saya dan mendapatkan penghasilan tambahan,” tutur Titin. 

Kerja kerasnya selama belasan tahun membesarkan ketiga anaknya seorang diri telah berhasil mengantarkan putra sulungnya hingga lulus kuliah dan bekerja. Kedua putrinya pun kini tengah menempuh perguruan tinggi. Semua ini berhasil dicapai oleh Titin berkat semangat dan kegigihannya dalam menekuni berbagai usaha dan terus mencoba peluang baru di era digital ini. 

Mengelola Energi

Oleh Eileen Rachman dan Emilia Jakob Kita melihat semakin banyak orang muda yang mengalami penyakit...

Banyan Group Bermitra dengan Urasaya Property

Untuk Hunian Bermerek Mewah Pertama di Nakhon Si Thammarat  Terletak di pantai teluk Thailand, Banyan...

Genki Sushi: “From Japan to You” ke Fukuoka

Setelah sukses dengan kampanye "From Japan to You" tahun lalu, yang menampilkan hidangan khas...

- A word from our sponsor -