Strategi Pengembangan Employee Experience

Oleh Eileen Rachman dan Emilia Jakob

Menghadapi era digital, saat ini, banyak organisasi yang berlomba-lomba melakukan transformasi digital untuk dapat membawa organisasi mereka tetap bertahan dalam kompetisi bisnis yang semakin menantang. Para pemimpin pun sadar bahwa kunci sukses dalam transformasi ini sebenarnya adalah transformasi manusia-manusia di dalamnya

Digital transformation is not about technology, it is about people. Para pemimpin bisnis ini juga melihat kesuksesan organisasi yang mengedepankan user experience dan data driven customer experience dalam interaksi organisasi mereka dengan para pelanggannya melalui produk dan servis yang mereka berikan.

Namun, sejauh mana organisasi telah membangun employee experience dalam strategi manajemennya?

Mengingat peran penting karyawan sebagai kunci utama kesuksesan organisasi pada saat ini maupun masa mendatang, sejauh mana kita telah benar-benar mendalami employee experience ini dan mewujudkannya dalam berbagai keputusan strategis kita?

Ataukah tanpa disadari kita masih menggunakan pendekatan-pendekatan yang sama seperti zaman dulu meskipun sudah mengagung-agungkan slogan people centered dalam organisasi?

Apa sebenarnya yang diinginkan karyawan?

Covid-19 membuat karyawan lebih banyak memikirkan “aku”-nya sendiri; kebutuhannya akan keseimbangan kesejahteraan fisik dan psikis, jarak rumah-kantor yang semakin mengganggu sampai pada makna pekerjaan bagi eksistensinya di dunia ini. Namun, individu bekerja ini juga menyadari bahwa mereka pun harus berproduksi di dunia kerja.

Dalam dunia kerja yang mereka jalani ini juga terdapat individu-individu lain, yaitu tim kerja serta para pelanggannya. Jadi, ada tiga dimensi yang perlu kita pertimbangkan: aku, kita, dan dunia kerja. Mengapa “kita” harus diperhitungkan?

Sikap pemimpin, atasan, rekan kerja, sangat berpengaruh pada emosi dan mental individu. Budaya kerja perusahaan atau lembaga sangat dipengaruhi oleh sikap manusia di dalamnya.

Tiga unsur ini perlu berjalan secara sinkron dan harmonis. Individu memberikan dirinya kepada kelompok dalam bentuk engagement sekaligus berkontribusi kepada pekerjaan.

PT. Surya Indo Plastic Meluncurkan Kemasan Minuman PET 100% Daur Ulang dengan Segel PET: Solusi Pengemasan Berkelanjutan

PT. Surya Indo Plastic (SIP) meluncurkan kemasan minuman plastik 100% daur ulang dengan segel...

Kolaborasi #BirukanNusantara antara EVOS dan Tirta Murni Nusantara: Menggerakkan Para Gamers untuk Mengatasi Krisis Air Bersih.

Sebuah kampanye sosial menggerakkan EVOS Fams untuk aktif berdonasi dalam upaya pengadaan akses air...

Jalur Menuju Kemenangan: Stasiun Kereta Grand Central Dubai Menandakan Era Baru dalam Kemewahan Perjalanan

Stasiun kereta Dubai melambangkan komitmen kota ini terhadap infrastruktur mutakhir dan transportasi yang lancar....

- A word from our sponsor -