Perusahaan Singapura Gandeng LindungiHutan lakukan Penghijauan di Indonesia.

Perusahaan Singapura Gandeng LindungiHutan lakukan Penghijauan di Indonesia.

Pada hari Rabu tanggal 8 Maret 2023, CEO LindungiHutan Miftachur (Ben) Robani bersama Founder & Director 10 Degree Solar Muhammad Furqan Shamsudin melakukan penandatanganan kerjasama skema Collaboratree, atau skema donasi penanaman pohon Mangrove di Pesisir Pengarengan, Kabupaten Cirebon untuk setiap pemasangan panel surya oleh 10 Degree Solar.

Menurut Abdul Khabir, Administrative & Operational Support 10 Degree Solar, upaya ini krusial oleh karena menjadi pendekatan baru untuk mengurangi jejak karbon klien maupun internal perusahaan, sehingga menjadi carbon neutral atau carbon negative. “Beberapa komitmen lainnya juga termasuk menerapkan kerja jarak jauh sehingga mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari melakukan perjalanan menggunakan transportasi”.

Penanaman pohon mangrove ini merupakan hasil kampanye 1 Panel Surya = 1 Pohon yang dilakukan oleh 10 Degree Solar dalam rangka perwujudan terhadap komitmen menuju Net Zero Emission. Pemilihan terhadap lokasi pesisir Indonesia bukan tanpa alasan, oleh karena Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia menjadi yang paling berdampak terhadap perubahan iklim. 

Penanaman pohon Mangrove diwakili oleh Mitra Petani setempat 

Aksi penanaman di Pesisir Pengarengan diwakili oleh mitra kelompok tani setempat dan juga tim LindungiHutan. Sebanyak 578 pohon Mangrove berhasil dikumpulkan dari hasil kampanye bertajuk 10 Degree Solar x LindungiHutan. Sebagai bentuk apresiasi, LindungiHutan memberikan e-Certificate kepada client yang telah berkontribusi untuk melakukan penghijauan di Pesisir Indonesia. Pengalaman ini menjadi yang pertama bagi 10 Degree Solar bersama klien untuk dapat terlibat langsung dalam aksi pelestarian lingkungan. 

Sebagaimana diketahui bahwa aksi hijau ini berkontribusi terhadap 7 dari total 13 pilar SDGs. Mulai dari peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat hingga dukungan terhadap aksi iklim dan peningkatan fungsi ekosistem darat.

Penanaman Mangrove di Pesisir Pengarengan, Cirebon 

Kami percaya kolaborasi ini akan memberikan dampak yang besar terhadap lingkungan, sebagaimana mangrove tidak hanya dapat menyerap karbon tetapi juga memberikan perlindungan bagi wilayah pesisir. Hubungan dekat LindungiHutan dengan mitra dan keterlibatan masyarakat setempat, membuat kami percaya kampanye ini akan dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” Tutur Khabir.

Perusahaan luar negeri yang memiliki keterbatasan di area memang lebih sulit untuk melakukan aktivasi lingkungan, sehingga demikian bekerjasama dengan LindungiHutan dapat menjadi solusi dan juga kami layak untuk dipercaya dengan semua track record yang kami miliki. Harapannya kerjasama ini dapat berjalan dengan harapan sebagaimana kami selalu memberikan kemudahan akan akses informasi karena itu adalah komitmen dan konsistensi yang kami kerjakan selama ini” Tutur Chief Executive Officer LindungiHutan, Miftachur Robani.

Prosesi persiapan penanaman oleh Mitra Petani lokal 

Apa yang dilakukan oleh 10 Degree Solar Panel tentu patut kita apresiasi bersama! Aksi dan kolaborasi semacam ini krusial sebagai bentuk kontribusi langsung terhadap Nationally Determined Contribution (NDC) yang dimiliki oleh setiap negara. Besar harapan bahwa akan ada banyak pihak-pihak asing yang mau mengikuti jejak 10 Degree Solar Panel untuk menciptakan dunia yang lebih baik melalui aksi penghijauan yang dilakukan di Indonesia . 

Dalam penutupnya Khabir mengatakan bahwa kolaborasi bersama LindungiHutan sangat dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. “Sebagai perusahaan kecil dengan sumber daya yang terbatas, kami tidak perlu menunggu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk memulai kampanye aksi nyata bagi lingkungan.”

LindungiHutan membantu para perusahaan mewujudkan komitmen terhadap lingkungan melalui beberapa inisiatif dan skema penghijauan. Dalam prosesnya, kami senantiasa melibatkan komunitas lokal sebagai mitra penggerak yang membantu dalam proses penanaman pohon, pengelolaan area penanaman, dan lainnya yang berkaitan dengan langkah hijau yang kami lakukan. Sudah lebih dari 400 Mitra Hijau, baik itu perusahaan maupun brand yang telah mempercayakan aksi baiknya bersama kami!

About 10 Degree Solar

10 Degree Solar merupakan sebuah perusahaan teknologi hijau asal Singapura yang menjual produk–produk energi terbarukan, mulai dari Solar Panel hingga Electric Vehicle Charging (EV Charging) dan Energy Storage Solutions. Telah dipercayai oleh para Arsitektur Singapura, 10 Degree Solar berupaya untuk dapat memberikan manfaat dari energi bersih kepada setiap orang. Memiliki sumber daya yang berkualitas dan profesional di bidangnya, membuat perusahaan ini memimpin dalam hal layanan dan kepuasan pelanggan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Intan Widianti Kartika Putri
Head of Partnership
Email: [email protected]
Phone: +62 823-2901-5769

LindungiHutan
Jl. Lempongsari I No. 405, Lempongsari, Gajah Mungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50231
Website: https://lindungihutan.com/

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Miliki Bagian dari Dubai: Gerbang Anda menuju Kehidupan Mewah Dubai

Dubai, mercusuar kemewahan dan inovasi di bidang real estate, akan menjadi tuan rumah Signature...

Acara Ini Memiliki Bagian Dubai: Undangan Anda untuk memiliki bagian dari lanskap ikonik Dubai

Dubai, yang terkenal dengan perkembangan pesat, gaya hidup mewah, dan proyek real estate yang...

Susu Kambing Etamilku : Pilihan Terbaik untuk Kesehatan Pernafasan Anda

Jakarta – Elmedinah Indonesia dengan bangga mengumumkan peluncuran produk terbaru mereka: Susu Kambing...

- A word from our sponsor -