Penelitian Fortinet Temukan Lebih dari 80% Serangan Siber Incar Karyawan Perusahaan

Penelitian terbaru menggarisbawahi pentingnya pelatihan kesadaran siber (cyber awareness) yang efektif untuk karyawan dalam mengurangi risiko siber (cyber risk), dengan lebih dari 50% pimpinan mengindikasikan bahwa pengetahuan karyawan mereka kurang memadai.

Ringkasan Berita

Fortinet®, pemimpin keamanan siber global yang mendorong konvergensi antara jaringan dan keamanan, telah merilis Laporan Penelitian Global tentang Kesadaran dan Pelatihan Keamanan 2023, yang menyoroti pentingnya langkah penguatan tenaga kerja melek siber (cyber-aware) oleh perusahaan dalam menguatkan postur keamanan dan mengurangi serangan siber (cyberattack).

Membekali Karyawan dalam Melindungi Aset Digital Terpenting Perusahaan

Perusahaan sedang bergulat dengan lanskap ancaman yang makin canggih. Laporan Lanskap Ancaman Global terkini dari Fortiguard Lab, Fortinet, menemukan bahwa ancaman ransomware masih bercokol di puncak tanpa adanya tanda-tanda akan melambat secara global.

Sementara itu, Laporan Global tentang Kesenjangan Keahlian Keamanan SIber 2023 menemukan bahwa 84% perusahaan mengalami paling sedikit satu kali kebocoran pada 2022.

Sekarang, penelitian terkini dari Laporan Penelitian Global tentang Kesadaran dan Pelatihan Keamanan 2023 oleh Fortinet mengungkap lebih dari 90% pimpinan meyakini bahwa peningkatan kesadaran siber karyawan akan membantu mengurangi terjadinya serangan siber.

Seiring meningkatnya risiko siber yang dihadapi perusahaan, penelitian tersebut menyoroti peran penting karyawan sebagai lini terdepan pertahanan perusahaan dalam menghadapi kejahatan siber (cybercrime).

Temuan penting lainnya dari penelitian Fortinet antara lain:

1. Karyawan diincar oleh penjahat siber (cyber criminal).

Penelitian ini menemukan bahwa 81% perusahaan menghadapi serangan malware, phishing, dan kata sandi sepanjang tahun lalu, yang pada umumnya mengincar pengguna. Hal ini menegaskan bahwa karyawan dapat menjadi titik lemah sekaligus salah satu benteng pertahanan suatu perusahaan.

2. Pentingnya program pelatihan yang efektif dalam menanamkan prinsip kebersihan siber (cyber hygiene) pada karyawan.

Sebanyak 85% pimpinan mengatakan bahwa perusahaan mereka sudah memiliki program kesadaran dan pelatihan siber, tetapi lebih dari 50% meyakini bahwa karyawan mereka masih belum berpengetahuan dalam keamanan siber.

Kesenjangan ini mengindikasikan bahwa efektivitas program pelatihan yang sudah ada mungkin masih belum optimal, sehingga karyawan masih belum konsisten menerapkan praktik kebersihan siber yang baik, atau bahwa pelatihan masih belum dijalankan secara memadai.

3. Keamanan siber kian jadi prioritas bagi Dewan Direksi.

Laporan ini menemukan bahwa 93% perusahaan mengindikasikan adanya pertanyaan dari direksi tentang pertahanan dan strategi siber perusahaan mereka.

Membangun Tenaga Kerja Melek Siber dengan Layanan Kesadaran dan Pelatihan Keamanan Fortinet

Bagi perusahaan yang ingin menjalankan pelatihan kesadaran keamanan siber untuk karyawannya, atau yang ingin mengevaluasi efektivitas program mereka saat ini, Fortinet menawarkan layanan Kesadaran dan Pelatihan Keamanan untuk membangun tenaga kerja yang melek siber.

Dirancang oleh pelatih kelas dunia dari Fortinet Training Institute, layanan ini mencakup beragam topik praktis dan memperkuat pembelajaran dengan sistem pengingat dan cek, sehingga membantu meningkatkan hasil pelatihan. Perusahaan yang menggunakan layanan ini juga memiliki akses ke dasbor dan pelaporan untuk menanggapi kebutuhan asuransi siber dan kepatuhan.

Layanan ini secara unik memanfaatkan intelijen ancaman FortiGuard Labs dengan menyediakan bahan pelatihan yang rutin diperbarui berdasarkan observasi perkembangan pada lanskap ancaman.

Selain itu, layanan ini juga selaras dengan panduan Institut Nasional Standar dan Teknologi (National Institute of Standards and Technology/NIST)—NIST 800-50 dan NIST 800-16—untuk semakin memastikan tercakupnya topik-topik penting seperti keamanan informasi, privasi data, keamanan fisik, perlindungan kata sandi, dan keamanan internet.

Fortinet juga telah menyesuaikan versi layanan untuk kalangan pendidik dan menyediakannya secara gratis bagi wilayah dan sistem sekolah di Amerika Serikat serta otoritas pendidikan setempat di Inggris, sekaligus berencana untuk terus meningkatkan aksesnya secara global.

John Maddison, EVP of Products and CMO, Fortinet

“Laporan Penelitian Global tentang Kesadaran dan Pelatihan Keamanan 2023 dari kami menegaskan peran krusial karyawan dalam mencegah serangan siber. Laporan ini juga menyoroti kebutuhan krusial perusahaan dalam memprioritaskan kesadaran dan layanan pelatihan siber guna memastikan kesiapan karyawan sebagai lini terdepan pertahanan.”

Tentang Survei Kesadaran Siber Fortinet

Survei ini dilakukan terhadap lebih dari 1.800 pembuat keputusan TI dan/atau keamanan siber dari 29 lokasi berbeda.

Responden survei berasal dari berbagai jenis industri, termasuk teknologi (21%), manufaktur (16%), dan layanan keuangan (13%).

Berikut adalah temuan Survei Asia Pasifik:

  • 92% dari dewan direksi mengkhawatirkan keamanan siber.
  • 59% perusahaan meyakini masih kurangnya kesadaran keamanan siber.
  • Penelitian FortiGuard Labs 2022 menunjukkan bervariasinya volume serangan tergantung pada industri dan kawasannya. Untuk Asia Pasifik: layanan kesehatan (62%), minyak dan gas (18,9%), rite dan perhotelan (8,6%), layanan keamanan terkelola (1,8%)
  • Tipe serangan paling umum di Asia Pasifik: Malware (46%), Phishing (40%), dan Web (38%).

Sumber Informasi lebih lanjut

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pentingnya pelatihan kesadaran siber bagi karyawan, baca blog ini.

Pelajari lebih lanjut tentang pelatihan keamanan siber gratis dari Fortinet, yang meliputi kesadaran umum mengenai keamanan siber dan pelatihan produk. Sebagai bagian dari Agenda Pemajuan Pelatihan (Training Advancement Agenda/TAA) Fortinet, Institut Pelatihan Fortinet juga menyediakan pelatihan dan sertifikasi melalui Sertifikasi Pakar Keamanan Jaringan/Network Security Expert (NSE)Mitra Akademik, dan program Penjangkauan Pendidikan.

Baca tentang cara pelanggan Fortinet mengamankan perusahaan mereka.

Ikuti Fortinet di TwitterLinkedInFacebook, dan Instagram. Silakan juga berlangganan blog atau kanal YouTube.

Tentang Fortinet

Fortinet adalah motor penggerak evolusi keamanan siber serta konvergensi antara jaringan dan keamanan. Misi kami adalah mengamankan orang-orang, perangkat, dan data di mana saja, dan kini kami menghadirkan keamanan siber di mana pun Anda butuhkan dengan portofolio terintegrasi terbesar yang mencakup lebih dari 50 produk kelas enterprise.

Lebih dari setengah juta pelanggan telah mengandalkan solusi dari Fortinet, yang termasuk paling diterapkan, dipatenkan, dan divalidasikan dalam industri ini.

Fortinet Training Institute, salah satu program pelatihan terbesar dan terluas dalam industri ini, didedikasikan untuk memastikan pelatihan keamanan siber dan peluang karier baru tersedia bagi semua.

FortiGuard Labs, organisasi inteligensi dan penelitian ancaman elite Fortinet, mengembangkan dan menggunakan pembelajaran mesin dan teknologi AI paling mutakhir untuk menyediakan perlindungan yang senantiasa bernilai terbaik dan inteligensi ancaman yang dapat ditindaklanjuti kepada pelanggan.

Pelajari lebih lanjut di fortinet.comFortinet Blog, dan FortiGuard Labs.

VRITIMES Memperluas Jaringan Media Melalui Kerjasama dengan Padusi.id, Sorogan.id, dan ParentsGuide.co

Jakarta, 3 Mei 2024 – Dalam rangka memperkuat jaringan distribusi berita dan meningkatkan variasi...

REFO Sukses Selenggarakan G-Schools Indonesia Summit (GSIS) 2024 dengan Tema “Tren AI dalam Pembelajaran Berbasis Google”

PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) menggelar G-Schools Indonesia Summit (GSIS) 2024. Dihadiri lebih dari...

Dari pasir hingga pantai: Indonesia Bersiap untuk merasakan Glamor nya Dubai.

Acara "Own Part of Dubai" adalah upaya Signature untuk menawarkan peluang investasi di...

- A word from our sponsor -