Menggandeng Anak Muda Kampanye Damai Anti Hoaks di Media Sosial

Memberantas disinformasi alias hoaks tidak melulu bisa dilakukan dengan gaya peperangan. Sebab, menghadapi ujaran kebencian dan hoaks juga bisa dilakukan dengan pendekatan damai dan positif ala anak muda.

Sejak April 2022 silam, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) bersama The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan didukung Oleh European Union (Uni Eropa) menggelar rangkaian pelatihan dan kompetisi bagi anak muda di media sosial.

Acara tersebut berbentuk Pelatihan Kampanye Perdamaian di Kanal Digital/Media Sosial bagi Komunitas atau Civil Society Organization (CSO) dan Pelatihan Edukasi Literasi Media dan Informasi (Media and Information/MIL).

Dua pelatihan yang digelar bersama para mitra MAFINDO ini diharapkan dapat menjawab sebagian permasalahan yang dialami komunitas/CSO terkait dengan pengelolaan media sosial dan situs yang dimiliki. Terlebih lagi dalam menghadapi ujaran kebencian, hoaks dan polarisasi yang mengancam persatuan dan perdamaian di kalangan anak muda pada masa-masa menjelang Pemilihan Umum 2024 ke depan.

Puncak kegiatannya berupa Final dan Selebrasi Kompetisi Konten Social Media 4Peace dan Periksa Fakta dengan Tema Perdamaian yang diadakan secara daring di kanal YouTube MAFINDO pada Kamis, 14 Juli 2022. Kedua kompetisi ini diikuti oleh 97 peserta dari seluruh Indonesia, baik umum maupun yang telah mengikuti pelatihan bersama MAFINDO dan UNESCO.

“Indonesia menjadi salah satu negara yang dijadikan sebagai pilot project untuk mengusung perdamaian di internet,” ujar Shafiq Pontoh selaku Program Manager Social Media 4Peace MAFINDO dalam siaran persnya.

Ia berharap, para peserta yang mengikuti lomba menjadi agen perdamaian di internet dan masyarakat Indonesia secara umum agar dapat lebih bijak lagi dalam bermedia sosial.

Antusiasme tinggi terlihat dari peserta yang berasal dari hampir semua daerah. Karya-karya kreatif yang dihasilkan pun membuat penjurian berjalan cukup alot.

Adapun juri dalam acara ini antara lain, Direktur Tempo dan jurnalis Wahyu Dhyatmika, Sekretaris AJI Indonesia Ika Ningtyas, Hesti Murti (Perwakilan Unesco), Yosi Mokalu (Ketua Umum Siberkreasi dan Konten Kreator), Ruby Kholifah (Sekretaris Jenderal AMAN), dan Rahmat Saputra (CEO Seruni Creative Agate International).

Selain itu, Aribowo Sasmito (Co Founder. Fact Checker Specialist Dedy Helsyanto (Sr Fact Checker) serta Shafiq Pontoh selaku Presidium MAFINDO dan Program Manager Social Media 4 Peace juga ikut menjadi juri sebagai perwakilan dari MAFINDO.

Mengungkap Kemegahan Dubai di Indonesia

Tandai kalender Anda dan bersiaplah untuk konvergensi keunggulan real estat yang belum pernah terjadi...

KarirLab Mempersembahkan Inovasi Baru dalam Dunia Pencarian Kerja dengan Resume Builder Integrasi AI Pertama di Indonesia

Jakarta, 4 Mei 2024 — Di tengah dinamika pasar kerja yang semakin kompetitif, KarirLab,...

“Nusuk” Adakan Roadshow & Pameran Interaktif di Jakarta 

Indonesia dengan partisipasi dari Pejabat Senior dan Perwakilan dari Perusahaan Biro Perjalanan Umrah  Platform pemerintah...

- A word from our sponsor -