K-Fans Cerdas Bermedia Sosial

Fenomena maraknya budaya Korea yang didapatkan dari media sosial membuat K-Fans seakan lupa akan budaya bangsa sendiri, yang mana jika di tampilan tidak akan kalah menariknya dibanding budaya Korea. Lalu bagaimana menjadi K-Fans yang cerdas dalam bermedia sosial?

Di zaman milenial ini perkembangan teknologi menjadi penyebab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Pada era ini, teknologi digital sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Guna mendukung terwujudnya Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan  ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif.

Ada empat pilar yang disajikan dalam kegiatan webinar literasi digital yang berlangsung mulai 24 Juni 2022 hingga enam bulan ke depan. Aman bermedia digital, cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, juga etis bermedia digital.

Perkembangan dunia digital dan memasuki era globalisasi membuat kita mudah mengakses informasi dari belahan dunia lain. Hal tersebut memudahkan budaya asing masuk Indonesia sehingga menyebabkan masyarakat terutama anak muda mudah terpengaruh.

Belakangan ini lagi trending budaya Korea Selatan atau biasa disebut K-Fans begitu digandrungi anak muda dari segala aspek, baik itu dari fashion, makanan, bahkan gaya hidup idolanya. 

Kegilaan akan budaya Korea yang didapatkan oleh K-Fans dari media sosial membuat mereka seakan lupa akan budaya bangsa sendiri, yang mana jika di tampilan tidak akan kalah menariknya dibanding budaya Korea. Lalu bagaimana menjadi K-Fans yang cerdas dalam bermedia sosial?

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat. Webinar kali ini dengan tema “K-Fans Cerdas Bermedia Digital” akan dilaksanakan Senin, 25 Juli 2022 pukul 15.00 – 17.00 WIB bersama narasumber dari berbagai latar belakang.

Ada Nadia Aisyah Penyanyi yang juga seorang Influencer yang membahas budaya Korea di media sosialnya, selanjutnya ada Dewi S. Sari dari Komite Edukasi Mafindo dan terakhir Tiffani Afifa seorang konten creator akan memberikan materi tentang kecakapan di media sosial.

Dengan adanya kegiatan webinar ini diharapkan masyarakat dapat semakin cakap bermedia digital agar bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan potensi diri dan menciptakan dunia digital yang Aman, Etis dan Berbudaya.

Yuk daftarkan segera dirimu melalui link berikut info.literasidigital.id atau https://linktr.ee/siberkreasi

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

Babak Baru MGallery dengan Peluncuran Kampanye Globalnya 

Dimulainya 2024, MGallery semakin bertekad untuk menggiatkan “M” yang ikonik, yang sekarang identik dengan...

Tempayan Indonesian Bistro Rayakan Grand Opening dengan Penawaran Diskon 50%

Setelah sukses dengan rangkaian pembukaan hingga masa soft opening sejak Maret 2024, Tempayan Indonesian...

- A word from our sponsor -