Labirin Konflik Kepentingan

Oleh Eileen Rachman dan Emilia Jakob

Dalam pemilihan ketua RT di beberapa perumahan, kandidat terpilih seringkali adalah orang yang itu-itu lagi. Alasannya, kebanyakan warga enggan mengajukan diri, khawatir terlibat dalam banyak masalah yang menambah kepusingannya.

Mengelola perumahan dengan beragam warga yang memiliki beragam kepentingan memang tidak mudah. Sebaliknya, memasuki tahun politik kita melihat baliho-baliho bertebaran menampilkan wajah para tokoh yang memperebutkan kursi kepemimpinan.

Kita bisa bertanya, mengapa sedikit sekali yang berminat untuk mengelola perumahan warga yang kecil, tapi banyak yang berebut untuk mengelola daerah yang lebih luas dengan masalah yang pastinya jauh lebih kompleks?

Roger L Martin, penulis buku-buku manajemen dan bisnis pernah mewawancarai sejumlah direktur dan menanyakan alasan sesungguhnya mereka menjadi anggota dewan direksi perusahaan publik.

Hasilnya, tidak banyak yang menunjukkan motif mereka yang berhubungan dengan perlindungan para pemangku kepentingan dari tindakan buruk manajemen dan pelaku pasar.

Alasan yang paling umum, mereka tertarik untuk mempelajari industri yang belum terlalu mereka kenal. Selain itu, beberapa orang mengemukakan alasan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan mereka sendiri agar perusahaannya aman dalam kemungkinan krisis kredit yang terjadi.

Ada juga yang tertarik dengan upah dan kompensasi yang menggiurkan, selain menikmati gengsi dari jabatan tersebut. Hal ini sejalan dengan penemuan Michael Jensen dan William Meckling pada 1976 yang mereka tuangkan dalam artikel berjudul Theory of the Firm.

Mereka menulis, “Professional managers can’t be completely trusted to act in the interests of shareholders.

Demikian juga halnya dengan para direktur kalau menurut Roger. Bahkan direktur bisa memiliki konflik kepentingan yang lebih besar daripada manajer yang diawasinya.

Kita melihat ketika motivasi dan alasan pribadi lebih banyak mendasari kehendak para pemegang jabatan tinggi ini untuk bekerja dan berprestasi, di sinilah mereka mudah sekali tersesat dalam labirin motivasinya sendiri.

Dash Life

Gagas Rangkaian Produk Pakaian Bergaya Hidup Active Sporty, Dash Sports Meluncurkan Jenama Apparel Dash...

Track Tribe Showdown 2024

Dash Sports Gelar Track Tribe Showdown 2024, Ajang Kompetisi Lari Lintasan Di 3 Kota:...

Ibis Jakarta Raden Saleh Hadir di Ibukota

Brand Ekonomi Terkemuka Dunia Memperluas Portofolio Hotel Bergaya Kontemporer di Ibu Kota Indonesia  Ibis, brand ekonomi terkemuka dari...

- A word from our sponsor -