Industri Kecantikan Thailand dan Indonesia Siap Berkolaborasi, Hadapi Tantangan Masa Depan

Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching

Industri kecantikan dan produk kosmetik di Thailand telah menunjukkan keunggulan pertumbuhan di kawasan Asia Tenggara. Bahkan di masa pandemi Covid-19 yang sulit, sektor ini berhasil bertahan bahkan mengalami perkembangan yang signifikan.

Fenomena serupa juga terjadi di Indonesia, di mana industri kecantikan berkembang pesat ketika sektor bisnis lain menghadapi penurunan. Produk kosmetik dan perawatan pribadi telah menjadi sorotan banyak pengusaha yang melihat potensi bisnis yang menjanjikan ini.

Acara “Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching” yang akan diadakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada 25 Juli lalu, menyadarkan kedua negara akan potensi pertumbuhan yang saling menguntungkan, kedua negara memandang peluang kolaborasi dan kerja sama di bidang industri kecantikan.

Direktur Thai Trade Center Jakarta, Hataichanok Sivara, mengakui bahwa kegiatan tersebut menjadi momen penting untuk membantu eksportir Thailand memasuki pasar Indonesia. Tidak hanya itu, acara ini juga merupakan peluang emas untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang pasar Indonesia, termasuk persyaratan sertifikasi halal yang berlaku.

Sivara menekankan bahwa produk-produk kosmetik dan perawatan pribadi dari Thailand memiliki peluang besar di pasar Indonesia. Indonesia merupakan pasar yang potensial, apalagi sejumalah produk dan brand-brand asing sudah banyak yang masuk ke negeri ini, sebutlah dari Unilever, P & G, dan lain-lain.

Ia mengamini bahwa masyarakat Indonesia selalu mencari sesuatu yang unik dan berbeda, dan dengan adanya sertifikasi halal, produk-produk asal Thailand dapat menarik perhatian konsumen di Indonesia.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membantu para eksportir Thailand menemui importir di Indonesia sehingga mereka dapat sukses memasuki dan memperluas pangsa pasar di negara ini.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, seminar tersebut melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang bertugas mengedukasi perusahaan-perusahaan Thailand, terutama yang bergerak di bidang kosmetik dan perawatan pribadi, agar lebih memahami kebutuhan pasar di Indonesia.

Thai Trade Center Jakarta merupakan bagian dari Departemen Promosi Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan Thailand. Dengan adanya kerja sama dan kolaborasi antara Thailand dan Indonesia di sektor kecantikan, diharapkan pertumbuhan industri ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat positif bagi kedua negara dan masyarakat di Asia Tenggara.

Nilai Transaksi Kripto di Indonesia Naik 200% pada Maret 2024

Jakarta, 04 Mei 2024 - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat nilai transaksi...

Ingin Punya Website Profesional, Coba Layanan Pembuatan Website Nextgen

Mempunyai website sudah merupakan keharusan dalam persaingan dunia digital sekarang ini. Website membantu perusahaan...

Bicara Green Branding, LindungiHutan Undang Founder & CEO OXO Group Indonesia dalam Webinar Green Skilling

LindungiHutan telah menyelenggarakan webinar Green Skilling mendatangkan narasumber dari OXO Group Indonesia.Serial webinar Green...

- A word from our sponsor -