7 Selebriti Indonesia Lakukan Tes NIPT Saat Hamil 

Dapat Deteksi Kelainan Genetik Sejak Dini

Setelah mengetahui kehamilan melalui hasil testpack, seorang ibu hamil disarankan untuk melakukan beberapa prenatal test, seperti tes darah lengkap untuk mengetahui kadar sel-sel darahtes gula darah untuk mengecek diabetes gestational. Hal tersebut dilakukan untuk memantau keadaan ibu hamil sendiri maupun janin yang sedang dikandung. Berbagai tes pra persalinan juga dijalani untuk memastikan kondisi ibu dan calon bayi. 

Salah satu tes yang sedang marak dilakukan oleh para artis tanah air adalah tes NIPT. Non-Invasive Prenatal Test (NIPT) merupakan skrining kehamilan yang >99% akurat dan aman dalam mendeteksi 90+ masalah genetik, terutama Patau Syndrome, Edward Syndrome, Down Syndrome, Klinifelter Syndrome, hingga Turner Syndrome.

Prosedur pemeriksaan NIPT dilakukan seperti tes pengambilan darah pada umumnya, tanpa perlu berpuasa terlebih dahulu.

Berikut 7 selebriti yang pernah menjalani NIPT semasa kehamilannya: 

1. Aurel Hermansyah 

Menyambut kehamilannya yang kedua, Aurel Hermansyah kembali melakukan tes NIPT. Tes ini menjadi hal yang penting baginya mengingat Aurel pernah mengalami keguguran pada bulan Mei 2021. Maka tak heran tes NIPT menjadi tes yang wajib baik untuk kehamilan anak pertama maupun kedua.

“Di kehamilan kedua ini, aku ambil tes NIPT by NIFTY dari Bumame karena hasilnya paling cepat se-Indonesia dan terlindungi asuransi hingga 800 juta rupiah”, ujar Aurel pada video yang ia unggah melalui Instagram. 

2. Nadia Mulya  

Riset menunjukkan ibu hamil dengan usia di atas 35 tahun lebih berisiko mengalami kelainan pada janin yang dikandung. Sadar akan hal tersebut, Nadia Mulya melakukan tes NIPT saat kehamilan anak keempatnya. Presenter berdarah Banten tersebut melakukan tes NIPT saat kehamilannya berusia 12 minggu. 

3. Aura Kasih 

Aktris Aura Kasih juga melakukan tes NIPT saat mengandung putrinya, Arabella di tahun 2019 silam. Pelantun “Mari Bercinta” juga menyarankan para calon ibu di luar sana untuk turut melakukan tes NIPT untuk mengecek kesehatan janin lebih dini. 

4. Tya Ariestya 

Kembali menjalani program bayi tabung, Tya Ariestya yang  tes NIPT menjadi prenatal test yang selalu dilakukan Tya pada setiap kehamilannya. Tya merogoh kocek sebesar 8 juta untuk mengetahui perkembangan anak keduanya di dalam perut.

Melalui unggahannya, ia  menjelaskan bahwa tes NIPT bahkan menjadi tes wajib saat hamil di beberapa negara maju sementara di Indonesia tes NIPT masih dinilai sebagai tes pilihan. 

5. Tasya Kamila 

Selain dapat mengetahui kelainan kromosom janin, calon Ibu juga dapat mengetahui jenis kelamin buah hati mereka lebih awal dan akurat melalui tes NIPT. Hal itulah yang dilakukan oleh mantan penyanyi cilik Tasya Kamila saat kehamilan anak keduanya. Tasya konsisten melakukan tes NIPT sejak kehamilan anak pertama di usia kehamilan 23 minggu.

Mengungkap Kemegahan Dubai di Indonesia

Tandai kalender Anda dan bersiaplah untuk konvergensi keunggulan real estat yang belum pernah terjadi...

KarirLab Mempersembahkan Inovasi Baru dalam Dunia Pencarian Kerja dengan Resume Builder Integrasi AI Pertama di Indonesia

Jakarta, 4 Mei 2024 — Di tengah dinamika pasar kerja yang semakin kompetitif, KarirLab,...

“Nusuk” Adakan Roadshow & Pameran Interaktif di Jakarta 

Indonesia dengan partisipasi dari Pejabat Senior dan Perwakilan dari Perusahaan Biro Perjalanan Umrah  Platform pemerintah...

- A word from our sponsor -