50 Tahun Harry Darsono Berkarya

Angka adalah simbol. Ada banyak makna terkandung di balik angka. Apalagi angka 50.

Menurut psikoanalis R. Allendy angka 50 “is a vorable number marking a grace, a kindness, a regeneration”. Bahkan ada yang berpendapat bahwa lima puluh adalah bilangan tersuci dan paling alami, karena sama dengan jumlah kuadrat angka 9 + 16 + 25 yang dibangun di atas segitiga suci Pythagoras (3, 4 dan 5) dan juga hasil kali 5 x 10 dari pentad dan decade. Angka-angka dari kehidupan yang menghasilkan harmoni dunia, mikrokosmos dan makrokosmos”.

Lalu apa makna 50 yang menjadi penanda bagi sosok seniman, desainer, musisi, psikolog dan pendidik seperti Sir Dr. Harry Darsono PhD?

Saya tak bisa banyak berkata kecuali mencatat: Tak banyak seniman di Indonesia bahkan dunia yang mampu bertahan berkarier sepanjang limapuluh tahun dan tetap sehat serta awet muda seperti dia.

Pria ini telah berkarya nyata selama 50 tahun di Perancis, Inggris, Italia, Jerman, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura dan Indonesia. Karya-karyanya banyak disimpan dan dipajang di museum-museum di Australia, Jepang, Inggris, Kanada dan tentu saja Indonesia.

Selain itu Harry Darsono juga memiliki 7 museum pribadi di Jakarta, Yogya, Surabaya, dan Bali. Sampai sekarang Harry Darsono masih terus berkarya dan tidak pernah berhenti.

(Dwi Sutarjantono, Brand Consultant, Mind Programmer)

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

Babak Baru MGallery dengan Peluncuran Kampanye Globalnya 

Dimulainya 2024, MGallery semakin bertekad untuk menggiatkan “M” yang ikonik, yang sekarang identik dengan...

Tempayan Indonesian Bistro Rayakan Grand Opening dengan Penawaran Diskon 50%

Setelah sukses dengan rangkaian pembukaan hingga masa soft opening sejak Maret 2024, Tempayan Indonesian...

- A word from our sponsor -

1 COMMENT

  1. Semoga karya² pak Harry menginspirasi orang lain untuk terus kreatif, berdampak bagi banyak orang serta belajar mengajar mendidik orang lain terutama anak2 milenial…
    Dunia terus berubah, dengan kreatifitasakan terus mengikuti trend…
    Sukses terus pak Harry..love you pak..

Comments are closed.