Yayasan Jantung Indonesia Selenggarakan Indonesia Heart Bike 2022

Memperingati Hari Jantung Sedunia Tahun Ini

Manfaat bersepeda tidak hanya sekedar untuk rekreasi atau sebagai alat transportasi semata, tetapi juga baik bagi kesehatan tubuh kita. Bersepeda secara rutin dapat membuat kita terhindar dari berbagai masalah kesehatan, mulai dari stres hingga serangan jantung.

Bersepeda merupakan salah satu pilihan olahraga yang praktis dan mudah dilakukan. Hal inilah yang menjadikan bersepeda sebagai olahraga favorit berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Esti Nurjadin selaku Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) mengatakan “Penyakit jantung dan kardiovaskular masih menduduki peringkat paling atas sebagai penyebab kematian baik itu di Indonesia maupun di dunia. Meningkatnya penderita penyakit jantung di Indonesia tidak terlepas dari perubahan gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah kemajuan teknologi yang membuat segalanya serba mudah lalu membuat kita minim dalam bergerak dan kurang berolahraga.”

Ada berbagai macam jenis olahraga yang dapat dilakukan, salah satunya adalah bersepeda yang belakangan ini marak di tengah masyarakat. Bersepeda termasuk kegiatan olahraga yang menyenangkan. Bersepeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama bagi kesehatan jantung.

Tahun ini YJI menggelar Indonesia Heart Bike 2022 sebagai salah satu kegiatan dalam menyambut Hari Jantung Sedunia yang diperingati di bulan September setiap tahunnya.

Kegiatan bersepeda ini diselenggarakan sebagai ajakan untuk menjaga kesehatan dengan cara tetap beraktivitas fisik seperti berolahraga dan akan berlangsung dari 3 September – 2 Oktober 2022 secara nasional dan offline di 8 kota yaitu Medan, Semarang, Surabaya, Bandung, Malang, Denpasar, Makassar, dan Jakarta.

Pendaftaran peserta sudah dapat dilakukan mulai 20 Agustus 2022 melalui tautan berikut indonesiaheartbike.id  

Mela Sabina sebagai Ketua Penyelenggara Indonesia Heart Bike 2022 mengungkapkan “Indonesia Heart Bike 2022 merupakan salah satu komitmen YJI untuk terus memberikan kampanye dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki dan mempertahankan gaya hidup sehat agar terhindar dari risiko penyakit jantung dan kardiovaskular sesuai dengan visi dan misi Yayasan Jantung Indonesia selama ini.”

Tidak hanya itu saja, kegiatan bersepeda kali ini diadakan sebagai penggalangan dana untuk kegiatan preventif, kuratif serta rehabilitatif Yayasan Jantung Indonesia seperti kegiatan penyuluhan kepada masyarakat, serta bantuan intervensi, rehabilitasi serta deteksi dini pada anak-anak dengan Penyakit Jantung Bawaan (PJB) dari keluarga pra sejahtera.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini akan dihitung setiap denyut jantungnya yang sesuai dengan usia pesertanya dan juga jarak kilometer yang ditempuh, kemudian akan dikonversi menjadi jumlah donasi yang akan dikumpulkan. 

Peserta diharuskan untuk mengunduh aplikasi GERAK yang juga dapat terhubung dengan aplikasi olahraga lainnya untuk melihat secara otomatis ke leaderboard yang berisikan informasi mengenai jumlah donasi yang sudah dikumpulkan oleh masing-masing peserta disesuaikan dengan berapa waktu yang telah dipakai untuk bersepeda dan apakah usia peserta sudah sesuai dengan perhitungan detak jantung dengan kecepatan dan jarak yang telah ditempuh oleh masing-masing peserta.

Archipelago Gelar Kompetisi Mini Soccer

Archipelago International, grup manajemen hotel swasta terbesar di Asia Tenggara, mengadakan kompetisi Mini Soccer...

Restoran Scusa Dibuka di Ayana Segara Bali

Restoran baru di Ayana Segara Bali ini menghadirkan perjalanan kuliner ke kawasan Mediterania Bergabung dalam...

Kerja Sama Alodokter dan FWD Insurance Berikan Kenyamanan Bagi Nasabah 

Pada era new normal telah membentuk kebiasaan baru bagi masyarakat Indonesia, khususnya di bidang kesehatan, di...

- A word from our sponsor -