Terra Drone Indonesia Lakukan Uji Coba

Inspeksi dan Pemodelan Tower Telekomunikasi Pertamina

Terra Drone Indonesia, perusahaan penyedia jasa pemanfaatan drone industri, beberapa waktu lalu berhasil melakukan uji coba inspeksi dan pemodelan tower telekomunikasi milik PT Pertamina (Persero) di wilayah kerja Pertamina Hulu Rokan, Rumbai, Riau.

Objek yang diinspeksi mencakup integritas struktur tower serta guy wire/sling wire sebagai salah satu bagian struktur tower tersebut.

Selain itu, Terra Drone juga mencoba melakukan pemodelan tiga dimensi pada tower telekomunikasi yang ada. Data yang dihasilkan drone berupa foto dan video yang sangat detail dan jernih untuk keperluan inspeksi visual. Data-data tersebut kemudian ditinjau oleh seorang inspektur untuk menghasilkan laporan inspeksi yang komprehensif.

Selain itu, foto dan video yang diperoleh juga dapat digunakan untuk melatih machine learning sehingga kedepannya inspeksi dapat dilakukan secara otomatis menggunakan artificial intelligence (AI).

Drone yang digunakan untuk menginspeksi tower telekomunikasi milik PT Pertamina Hulu Rokan tersebut ialah drone berjenis multirotor. Selain inspeksi pada tower komunikasi, drone multirotor juga dapat digunakan untuk inspeksi struktur vertikal seperti flare stack, vent stack, mooring tower, transmission tower, serta power pole. 

Terra Drone Indonesia sendiri memiliki banyak pengalaman inspeksi struktur vertikal, di mana kurang lebih 100 flare stack serta 1.000 power pole yang telah berhasil di inspeksi.

Dalam pengoperasiannya, drone terbang mengikuti ketinggian tower, dengan jarak 5-10 meter dari tower untuk mendapatkan gambar yang detail dan jernih oleh pilot Terra Drone yang terlatih dan berpengalaman.

Michael Wishnu Wardana, Managing Director Terra Drone Indonesia, mengungkapkan “Manfaat penggunaan drone dalam menginspeksi tower telekomunikasi ini adalah berkurangnya kebutuhan inspeksi visual yang biasanya dilakukan dengan cara memanjat, di mana memiliki risiko sangat tinggi bagi pekerja.

“Selain itu, inspeksi visual yang dilakukan mendukung konsep predictive maintenance sehingga fungsi dari tower sebagai salah satu infrastruktur telekomunikasi dapat terjaga.”

Mengungkap Kemegahan Dubai di Indonesia

Tandai kalender Anda dan bersiaplah untuk konvergensi keunggulan real estat yang belum pernah terjadi...

Thailand Industrial Business Matching 2024

Membangun Aliansi Global: Menghubungkan Industri Thailand dengan Pasar Internasional Menggali Potensi Perdagangan dan Investasi Thailand...

KarirLab Mempersembahkan Inovasi Baru dalam Dunia Pencarian Kerja dengan Resume Builder Integrasi AI Pertama di Indonesia

Jakarta, 4 Mei 2024 — Di tengah dinamika pasar kerja yang semakin kompetitif, KarirLab,...

- A word from our sponsor -