Skrining Deteksi Kanker Berbasis microRNA

Gandeng MiRXES, Bumame Luncurkan Layanan  Pertama di Indonesia Tersebut

Setelah didaulat sebagai laboratorium dengan Performa Pemeriksaan Covid-19 Terbaik di Jakarta yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam perhelatan “PPKM Award 2023”, Bumame luncurkan layanan GASTROClear dan LUNGClear, yaitu tes skrining risiko kanker pertama di Indonesia dengan teknologi biomarker microRNA yang memiliki tingkat akurasi >80% sejak stadium awal.  

Layanan ini merupakan kolaborasi Bumame dengan Elion Media Indonesia untuk mendatangkan produk MiRXES, perusahaan bioteknologi Singapura yang berfokus dalam menciptakan solusi teknologi deteksi dini berbasis microRNA pertama di dunia untuk penyakit kanker, kardiovaskular, metabolisme, dan penyakit menular.

Berdasarkan data Globocan 2020, kanker paru-paru di Indonesia berada pada urutan ketiga dengan jumlah 34.783 kasus atau 13,2% dari total kematian yang disebabkan oleh kanker. Sedangkan untuk kanker lambung dari total 3.484 kasus kanker lambung, angka kematiannya mencapai 2.946 kasus.

Data tersebut mendorong Bumame untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia dalam mendeteksi risiko dini kanker paru-paru dan kanker lambung.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Ika Mariani Ratna Devi, Sp.PD  menyampaikan melalui konten edukasi yang ia unggah, bahwa Kanker lambung menjadi salah satu penyakit yang sering terlambat untuk terdiagnosis dan angka kematiannya cukup tinggi mencapai lebih dari 84%.

Hal tersebut dikarenakan seringkali datangnya dengan keluhan yang tidak jelas, mulai dari nyeri perut, gastritis berulang, anemia, hingga penurunan berat badan.

James Wihardja, Direktur Utama Bumame mengatakan 90% kasus kanker paru-paru terdeteksi setelah memasuki stadium 3 & 4. “Pemeriksaan dini kanker secara reguler merupakan solusi untuk mendukung langkah pencegahan dan pengobatan yang lebih efektif. Jika terdeteksi sedini mungkin, tingkat kelangsungan hidup atau survival rate bisa meningkat hingga 80% dengan penanganan yang tepat dan lebih awal.”

“Kami percaya GASTROClear dan LUNGClear dapat membawa dampak yang signifikan pada pencegahan dan pengobatan penyakit kanker di Indonesia,” ujar James.

Berdasarkan riset dari MiRXES, orang yang berusia di atas 40 tahun, terlebih jika memiliki riwayat keluarga pengidap kanker, memiliki risiko yang lebih tinggi dalam mengidap kanker. Memiliki perhatian yang tinggi akan kesehatan, pengusaha kenamaan Indonesia, Rudy Salim mengambil layanan tes skrining GASTROClear dan LUNGClear tak hanya untuk dirinya, namun untuk istri dan juga mertuanya.

Mengungkap Kemegahan Dubai di Indonesia

Tandai kalender Anda dan bersiaplah untuk konvergensi keunggulan real estat yang belum pernah terjadi...

KarirLab Mempersembahkan Inovasi Baru dalam Dunia Pencarian Kerja dengan Resume Builder Integrasi AI Pertama di Indonesia

Jakarta, 4 Mei 2024 — Di tengah dinamika pasar kerja yang semakin kompetitif, KarirLab,...

“Nusuk” Adakan Roadshow & Pameran Interaktif di Jakarta 

Indonesia dengan partisipasi dari Pejabat Senior dan Perwakilan dari Perusahaan Biro Perjalanan Umrah  Platform pemerintah...

- A word from our sponsor -