Rumah Solo: Rumah-Rumah Klasik Paduan Kultur Jawa-Eropa 

By Krisnina Maharani Tandjung

Selama beberapa abad, Solo Jawa Tengah merupakan tempat berhimpunnya budaya Jawa kuno. Sebagai tempat berlokasinya dua istana, Kraton Kasunanan dan Puro Mangkunegaran, Solo terkenal karena seni dan budayanya. Pergelaran gamelannya diakui sebagai salah satu yang terbaik di negeri ini. Sampai sekarang pun Solo masih tetap dikenal sebagai salah satu pusat terpenting dalam seni batik tradisional.

Rumah Solo mengetengahkan sejarah dan budaya yang melatarbelakangi beberapa rumah di Solo, antara lain rumah milik para saudagar batik. Buku ini bukan sekadar menampilkan keagungan dan kemewahan rumah peninggalan paduan gaya Eropa dan vernacular, namun juga mengangkat budaya dan hakikat kepercayaan orang Jawa dalam mendirikan rumah.

Di dalamnya ditampilkan rumah-rumah berhiaskan lampu kristal Austria yang tergantung dari atap joglo yang ditopang oleh soko guru, empat pilar yang mewakili unsur api, angin, tanah dan air; aneka cermin bergaya Rococo dan kaca jendela bergaya Art Deco dan corak bernuansa Islami; serta patung-patung bergaya Eropa klasik yang tegak berdiri seperti yang berada di Kraton.

Dengan dihiasi 350 foto nan indah, Rumah Solo adalah pengakuan atas kecantikan arsitektur dan budaya yang khas Solo (Jawa).

Hardcover
26 x 30 x 2 cm (Portrait)
188 pages
Bahasa Indonesia
2.5 kg
2010
Yayasan Warna Warni Indonesia
9789791383066

About Afterhours Books

Afterhours Books is an international award-winning, independent book publisher for art, culture, design, lifestyle, and wisdom from Jakarta, Indonesia. We aim to enrich people’s lives and perspectives with our well-written, visually-appealing, meticulously-designed, and premium-quality books.

Mengungkap Kemegahan Dubai di Indonesia

Tandai kalender Anda dan bersiaplah untuk konvergensi keunggulan real estat yang belum pernah terjadi...

KarirLab Mempersembahkan Inovasi Baru dalam Dunia Pencarian Kerja dengan Resume Builder Integrasi AI Pertama di Indonesia

Jakarta, 4 Mei 2024 — Di tengah dinamika pasar kerja yang semakin kompetitif, KarirLab,...

“Nusuk” Adakan Roadshow & Pameran Interaktif di Jakarta 

Indonesia dengan partisipasi dari Pejabat Senior dan Perwakilan dari Perusahaan Biro Perjalanan Umrah  Platform pemerintah...

- A word from our sponsor -