Remaja Anti-Cyberbullying

Di zaman milenial ini perkembangan teknologi menjadi penyebab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Pada era ini, teknologi digital sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Tantangan utama pesatnya perkembangan teknologi adalah penggunaan internet dan media digital yang tak hanya memberikan manfaat bagi penggunanya, namun juga membuka peluang terhadap beragam persoalan. Kurangnya kecakapan digital dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak menimbulkan penggunaan media digital yang tidak optimal. Lemahnya budaya digital bisa memunculkan pelanggaran terhadap hak digital warga.

Terjadinya berbagai kejahatan digital dan juga cyberbullying, terutama di kalangan remaja. Rendahnya etika digital berpeluang menciptakan ruang bagi pelaku perundungan di media sosial,  platform chatting dan game.

Menanggapi permasalahan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital yang aman, beretika dan produktif.

Ada empat pilar yang disajikan dalam kegiatan webinar literasi digital yang berlangsung mulai tanggal 24 Juni 2022 hingga enam bulan kedepan. Aman bermedia digital, cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, juga etis bermedia digital.

Kegiatan webinar “Remaja Anti-Cyberbullying” menjadi salah satu topik dalam empat pilar bermedia digital dengan pemateri dari berbagai latar belakang. Ada Muhammad Mikail Karimov Head of Operations Meraki Kreasi Bangsa, Dirgantara Wicaksono CEO Guru Youtuber dan terakhir ada Andi Muslim, Ketua SubKomisi Media Baru Lembaga Sensor Film RI.

Kegiatan yang akan dilaksanakan Kamis, 21 Juli 2022 pukul 10.00 – 12.00 WIB merupakan wujud peran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Siberkreasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam dunia digital demi terwujudnya Indonesia makin cakap digital.

Yuk daftarkan segera dirimu melalui link berikut info.literasidigital.id atau linktr.ee/siberkreasi

ShopeePay Hadirkan 5 Pilihan Kegiatan dengan Penawaran Menarik Setiap Harinya

Berbagi Kebaikan Ramadan ●  Temukan beragam pilihan kegiatan seru untuk ngabuburit dan promo Cashback...

Adidas Originals dan Nickelodeon Berkolaborasi dalam Sepatu Superstar Spesial

Terinspirasi dari Teenage Mutant Ninja Turtles Musim ini, Adidas Originals, Nickelodeon, dan Paramount Consumer Products...

HatiPlong Membuka Jalan bagi Terapi EMDR Online di Indonesia

Menghancurkan Stigma, Mengubah Hidup Dengan menggunakan aplikasi NiceDay yang inovatif, HatiPlong membawa kekuatan penyembuhan EMDR...

- A word from our sponsor -