Pertumbuhan Industri Perhotelan dan Pariwisata Daerah

Komunitas media yang tergabung dalam Himpunan Anak Media (HAM) dari Jakarta mendukung industri perhotelan dan pariwisata untuk tumbuh dan berkembang kembali pasca pandemi Covid-19. 

Untuk itu, diharapkan pemerintah daerah seperti Kabupaten Wonosobo dan Banyumas berperan aktif dalam menerapkan strategi dan kebijakannya agar industri dan pariwisata daerah tersebut bangkit kembali.

Arief Suharto, Ketua HAM saat menggelar jamuan makan malam di Hotel Dafam Wonosobo menyatakan, momentum perayaan hari jadi ke-13 yang bertema HAM Overland de Java ini mendukung penuh peran pemerintah daerah dalam menggerakan kembali industri perhotelan dan pariwisata dengan adaptasi kebiasaan baru berbasis Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE).

Posong

“Hal ini selaras dengan sub tema perayaan HUT HAM ke-13 yakni ‘Media Mengkonstruksi Industri Perhotelan & Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19’. Kami menyaksikan di lapangan, hotel dan destinasi pariwisata telah menerapkan protokol kesehatan, seperti adanya fasilitas cuci tangan, hand sanitizer, tanda jaga jarak dan lainnya. Wisatawan yang datang pun diwajibkan mengenakan masker,” ungkapnya.

Pariwisata Jangan Di-lockdown 

Dalam jamuan makan malam yang berlangsung pada Minggu malam (22/11/2020) lalu, Agus Subagyo, Wakil Bupati Wonosobo menuturkan, kebijakan lockdown di industri pariwisata kurang tepat. Ia lebih setuju dengan penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE di suatu destinasi.

Off Road di Kawasan Wisata Baturraden

“Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Wonosobo adalah pariwisata. Untuk itu kurang tepat jika industri pariwisata di-lockdown, mungkin lebih tepat menerapkan adaptasi kebiasaan baru seperti disiplin dalam menjalankan dan menyediakan fasilitas 3M,” tambah Wabup Wonosobo.

Agus Subagyo pun menegaskan, jika pariwisata dan perhotelan Wonosobo di-lockdown sama halnya memberhentikan laju perekonomian daerah. Sebab menurutnya, efek ganda dari pariwisata dalam membangun kesejahteraan masyarakat sangat besar.

“Jika setiap orang atau wisatawan sadar betul menjaga pentingnya kesehatan Insya Allah tidak perlu adanya lockdown. Dengan demikian sendi perekonomian dapat maju semua dan rakyat sejahtera,” ungkap Agus.

Manisan Carica khas Wonosobo

DHM Kembangkan Pengalaman Pelanggan

Andi Irawan, Chief Executive Officer (CEO) Dafam Hotel Management (DHM) mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 bukan untuk tidur melainkan dimulainya era dan kebiasaan adaptasi baru dalam mengembangkan seluruh propertinya yang ada di seluruh Indonesia.

“Masa pandemi, DHM menerapkan konsep baru yakni journey of human capital dan journey of information technology. Upaya ini dilakukan untuk memberi pengalaman terbaik bagi pelanggan atau guest experience yang terbaik sesuai harapan pelanggan,” terang Andi.

Eco Print — Melukis Kain dengan Pewarna Alami (Dedaungan), oleh Kelompok Ibu-ibu Penggerak PKK Wonosobo

Andi Irawan pun menegaskan bahwasannya DHM telah menerapkan praktik-praktik konsep tersebut sebelum masa sulit ini datang. “Untuk journey of IT Dafam telah mengembangkan 2 tahun belakangan dan kami akan terus mengembangkannya untuk menyempurnakan guest experience para pelanggan,” tandasnya.

Dengan konsep tersebut ditambah lagi dengan pelayanan dan keramahan khas Indonesia yang menjadi ciri khas DHM tidaklah salah Majalah SWA akan memberikan penghargaan sebagai The Best Company 2020 pada Desember mendatang.

Breman85, Keunggulannya Secara Lugas Memadukan Keramahan Bali

Selamat datang di Breman85, di mana makanan lezat, bir yang luar biasa, dan suasana...

The Legacy

Ramadhan Sananta, Rifda Irfanaluthfi, dan Yudha Saputera menceritakan tekanan yang dihadapi sebagai atlet dalam...

Chuck 70 De Luxe Squared Bertatah Kristal Swarovski

Converse Perkenalkan Siluet Terbaru Bagaimana caranya menghormati masa lalu, sambil membangun masa depan?   Selama lebih dari 100 tahun,...

- A word from our sponsor -