Pengguna Aktif Bulanan Duolingo di Indonesia Naik 40% YoY Januari 2022

Duolingo, aplikasi bahasa nomor 1 di dunia dengan maskot ikonik burung hantu ini telah memasuki usianya yang ke 10 tahun dan memiliki 500 juta pengguna aktif secara global dan mencatatkan peningkatan pengguna aktif bulanan sebesar 40% YoY pada Januari 2022 di Indonesia.

Aplikasi yang menggunakan pendekatan unik dalam membantu pengguna mempelajari bahasa baru ini menawarkan 41 ragam bahasa untuk dipelajari, mulai dari Spanyol, Prancis, Jerman, dan Jepang hingga Navajo dan Yiddish. Bahkan ada bahasa buatan atau fiksi, seperti  Klingon dan High Valyrian. 

Lantas apa saja yang menjadi keunggulan Duolingo selama 10 tahun terakhir ini? Berikut merupakan beberapa hal penting yang perluuntuk diketahui:

Duolingo merayakan hari jadinya yang ke-10

Belajar sambil bermain, membuat belajar bahasa menjadi sangat menyenangkan

Sebagian besar orang masih mengira bahwa belajar bahasa hanya dapat dilakukan secara tradisional dan melelahkan seperti tatap muka berjam-jam dengan guru, atau menghafal tabel kata kerja.

Pada tahun 2012, Luis von Ahn, yang pada saat itu merupakan seorang profesor dan pengusaha dengan latar belakang ilmu komputer, yakin bahwa ada cara yang lebih baik untuk belajar bahasa. Ia kemudian meluncurkan Duolingo, menjadikan belajar bahasa sebagai “game of tongue“.

Alih-alih menghafal dan berlatih berulang kali, dengan aplikasi baru ini, pengguna dapat belajar dengan memenangkan gems, mendapatkan poin, naik level dan belajar kosakata dari topik yang berbeda. Bahkan Duo, si maskot ikonik, menyemangati pengguna, dengan mengatakan seperti “Kamu hebat!”, atau “Kamu pasti bisa!”

Burung Hantu yang paling bersemangat —  Duo telah mendapatkan popularitas dari mulut ke mulut di seluruh dunia

Maskot ikonik Duolingo dikenal dengan notifikasinya yang aktif dan penuh semangat. Di manapun Anda berada dan apapun yang Anda lakukan, si imut Duo akan muncul dan mengingatkan Anda tentang pelajaran harian yang belum Anda selesaikan. Pengguna pun menyukainya! Pengguna Duolingo berbagi meme dan fanart di media sosial tentang bagaimana mereka diingatkan oleh Duo untuk terus belajar.

Seorang pelajar yang menggunakan Duolingo

Sejak kehadirannya 10 tahun yang lalu, Duolingo memberikan pembelajaran gratis untuk semua kontennya

Salah satu keputusan terbaik yang pernah dibuat Duolingo adalah memberikan produk secara gratis, sehingga mendukung perusahaan untuk berkembang dengan pesat dan berhasil memiliki total 500 Juta pengguna pada tahun 2022. Duolingo menjaga semua kursusnya tetap gratis. CEO dan salah satu pendiri, Luis von Ahn, menggambarkan misi Duolingo untuk “mengembangkan pendidikan terbaik di dunia dan membuatnya tersedia secara universal”.

Tasrih Ketakutan dari Joko Anwar

Resensi Film Siksa Kubur Oleh Akmal Nasery Basral Mengisi libur Idul Fitri dengan film horor di...

15 Gerai Starbucks Tercantik yang Layak Dikunjungi Selama Liburan

Libur Lebaran adalah saat yang spesial untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun,...

Embark on a Blissful Eid al-Fitr Getaway with Le Méridien Jakarta’s Family-Friendly Package

As the joyous occasion of Eid al-Fitr approaches, Le Meridien Jakarta is thrilled to announce...

- A word from our sponsor -