Marie Sklodowska

Ia perempuan pertama penerima Hadiah Nobel, dan ia menerimanya dua kali. Ia profesor perempuan pertama di Sorbonne, dan cukup lama satu-satunya.

Dan ketika sudah terlalu terlambat, ia perempuan pertama yang diterima di mausoleum hebat yang disediakan bagi “Laki-laki Luar Biasa Prancis,” walaupun ia bukan laki-laki dan lahir dan dibesarkan di Polandia.

Pada akhir abad sembilanbelas, Marie Sklodowska dan suaminya, Pierre Curie, menemukan zat yang memancarkan radiasi empatratus kali lebih tinggi dari uranium. mereka menamakannya polonium, sebagai penghormatan kepada negara kelahiran Marie.

Selanjutnya, mereka melakukan percobaan dengan radium yang tigaribu kali lebih kuat dibanding uranium. mereka menciptakan istilah “radioaktif,” dan bersama menerima Hadiah Nobel.

Pierre mengemukakan keraguannya: apakah mereka pembawa anugerah dari surga atau dari neraka? Dalam pidato penerimaannya di Stockholm, ia mengangkat kasus Alfred Nobel, penemu dinamit:

“Bahan peledak telah memungkinkan manusia melakukan hal-hal hebat. Tetapi di tangan mereka yang jahat yang membawa manusia ke perang, ia menjadi alat perusak yang dahsyat.”

Tidak lama setelahnya, Pierre meninggal tertabrak kereta kuda yang membawa beban empat ton peralatan militer.

Marie hidup lebih lama, tetapi tubuhnya harus membayar suksesnya. Radiasi menyebabkan luka bakar, luka koreng, dan nyeri hebat sampai akhirnya ia meninggal karena anemia yang sangat buruk.

Irene, anak perempuannya ,yang juga menerima Hadiah Nobel untuk penemuan barunya di bidang radioaktif, meninggal karena leukemia.

Eduardo Galeano

“Mirrors”

Penerjemah: Wardah Hafidz

Destinasi Terbaik Wisata di Indonesia

DestinAsian Umumkan Pemenang dari Poling Readers’ Choice Awards 2024 Majalah DestinAsian sekali lagi mengumumkan hasil...

Vasaka Hotel Jakarta Sinergi Berbagi di Ramadhan

Tepat pada 23 Maret 2024, Vasaka Hotel Jakarta managed by Dafam menyelenggarakan acara buka...

Program Stiker Drive-Thru Pertama Starbucks di Indonesia

Meriahkan Ramadan Starbucks mengusung tema "A Cup of Kindness" pada Ramadan tahun ini dengan...

- A word from our sponsor -