Ku Lari Ke Hutan 

Virtual Run Ajak Kamu Berlari Sambil Melestarikan Hutan

Gerakan Hutan Itu Indonesia (HII) mengumumkan dibukanya pendaftaran Ku Lari Ke Hutan IV yang tahun ini diadakan secara virtual. Dalam penyelenggaraannya, Hutan itu Indonesia berkolaborasi dengan platform lari 99 Virtual Race. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Hutan Indonesia yang sejak tahun 2020 selalu diadakan setiap tanggal 7 Agustus. 

Ku Lari Ke Hutan Virtual Run menjadi momentum ajakan masyarakat perkotaan, khususnya penggemar olahraga lari untuk bersama-sama berkontribusi menjaga tutupan hutan Indonesia yang kondisinya kian terancam.

“Kegiatan Ku Lari Ke Hutan merupakan kampanye untuk mengajak lebih banyak orang menjaga hutan. Ini terinspirasi dari semangat teman-teman di perkotaan yang ingin bisa ikut melestarikan hutan, walau tinggal jauh dari hutan. Pesan yang kita ingin sampaikan melalui kegiatan berlari ini adalah bahwa menjaga hutan dapat dilakukan lewat cara yang menyenangkan dan dari mana saja, termasuk perkotaan,” ujar Rinawati Eko, Ketua Umum Gerakan Hutan Itu Indonesia.

Acara Ku Lari Ke Hutan 2022 ini adalah gelaran keempat yang menyusul kesuksesan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya yaitu 2016, 2017, dan 2019. Pada gelaran tahun ini, setiap pelari dapat memilih jarak lari mulai dari 7 KM, 14 KM, 21 KM yang dapat ditempuh dengan satu putaran atau berulang kali berlari. Dengan konsep virtual run, setiap pelari tentunya perlu mengunggah jarak tempuhnya ke aplikasi 99 Virtual Race yang dapat diunduh di Google Play maupun Apple Store.

Hutan itu Indonesia mengajak seluruh peserta untuk mulai berlari pada 7 Agustus, sekaligus merayakan Hari Hutan Indonesia, dan peserta dapat terus mengumpulkan jarak sampai 21 Agustus.

“Kami di HII selalu percaya bahwa semua orang bisa menjaga hutan meski jauh dari lokasi hutan.  Dengan berlari di Ku Lari Ke Hutan ini, harapannya koneksi hutan dengan kita semakin terbangun, hutan menjadi dekat dengan kita,’’ lanjut Rina.

Para peserta Ku Lari Ke Hutan IV secara langsung ikut berkontribusi pada aksi pelestarian hutan di Hutan Buru Masigit Kareumbi, Cicalengka, Kabupaten Bandung, melalui skema Adopsi Hutan yang berkolaborasi dengan mitra setempat.

Adopsi Hutan dilakukan dengan sumbangan sebesar Rp30.000 per orangnya yang diambil dari dana registrasi peserta. Nantinya dana akan digunakan untuk pelestarian dan pemeliharaan pohon tegak yang sudah berusia belasan hingga puluhan tahun di Hutan Buru Masigit.

Jika peserta tergerak untuk memberikan kontribusi lebih untuk Adopsi Hutan, terdapat fitur add-on donasi di platform 99 Virtual Race dengan membeli merchandise khusus.

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2024 

Snoh Aalegra, Headliner Minggu untuk Special Show Jakarta International BNI Java Jazz Festival dengan bangga...

Holiday Inn Resort Bali Canggu, Sebuah Maha Karya Pesisir

Holiday Inn Resort Bali Canggu membuka pintunya, menandai hadirnya koleksi akomodasi premium terkemuka yang...

Keterlihatan

Oleh Eileen Rachman & Emilia Jakob “Out of sight, out of mind,” demikian kekhawatiran banyak orang...

- A word from our sponsor -