Kisah Sukses Formula E, Mercedes-EQ Kembali Fokus ke Pengembangan Mobil Listrik

  • Keputusan tersebut diambil dalam konteks memfokuskan kembali strategi sumber daya untuk pengembangan kendaraan listrik.
  • Markus Schäfer: Dalam dunia motorsport, Formula E telah menjadi ajang pembuktian keahlian kendaraan elektrik kami dan membangun brand Mercedes-EQ kami, tetapi di masa depan, kami akan terus mendorong kemajuan teknologi – terutama di sisi penggerak listrik – dengan fokus pada Formula One.
  • Bettina Fetzer: Formula E telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menampilkan brand Mercedes-EQ dalam format sangat mutakhir dan benar-benar inovatif.
  • Ian James: Kami sangat beruntung untuk dapat menikmati dukungan dari Mercedes-Benz dalam perjalanan kami sejauh ini, dan saya ingin berterima kasih kepada mereka untuk ini – dan semua dukungan yang akan kami terima di tahun terakhir keterlibatan mereka dengan tim ini.
  • Toto Wolff: Kami bangga dengan prestasi kami di Formula E, terutama dalam meraih dua gelar kejuaraan dunia, hal ini merupakan sebuah tonggak bersejarah dalam sejarah motorsport Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri kisah sukses ABB FIA Formula E sebagai peserta tim dan pabrikan pada akhir Musim 8, pada Agustus 2022.

Sejak HWA Racelab pertama kali berpartisipasi di Musim 5, dan menetapkan fondasi untuk partisipasi Mercedes di Formula E, tujuan utamanya adalah untuk menciptakan sebuah standar untuk setiap tim yang berpartisipasi di setiap levelnya. Kemenangan Mercedes pertama untuk Stoffel Vandoorne di babak final Musim 6, dilanjuti oleh awal yang kuat untuk Musim ke-7, membawa kejuaraan tim di musim keduanya. Puncaknya, akhir pekan lalu di Berlin ketika Nyck de Vries dan Tim Formula E Mercedes-EQ menjadi juara dunia motorsport listrik pertama, dengan memenangkan gelar ABB FIA Formula E World Championship Drivers’ and Teams’.

Secara paralel, Mercedes-Benz membuat pengumuman strategis pada akhir Juli bahwa brand tersebut akan siap untuk menjadi all-electric di akhir dekade, ketika kondisi pasar memungkinkan.

Sebagai bagian dari tujuan strategis baru, Mercedes-Benz telah mempertimbangkan untuk memilih mengalihkan sumber daya dalam mempercepat proses elektrifikasi, termasuk pengembangan tiga arsitektur khusus listrik yang akan diluncurkan pada tahun 2025.

Oleh karena itu, Mercedes akan merealokasi sumber daya dari ABB Program Kejuaraan Dunia Formula E FIA dan penerapan pembelajaran dalam kompetisi untuk pengembangan produk secara terangkai.

Ke depannya, perusahaan akan memusatkan kegiatan motorsport di Formula 1, memperkuat status olahraganya sebagai laboratorium tercepat untuk mengembangkan dan membuktikan teknologi kinerja masa depan yang berkelanjutan dan terukur.

Pembelajaran ini akan diwujudkan melalui arsitektur produk masa depan seperti platform AMG.EA, platform listrik kendaraan kinerja khusus yang akan diluncurkan pada tahun 2025, dan proyek-proyek seperti Vision EQXX.

Sementara Mercedes-Benz akan meninggalkan Formula E pada akhir Musim 8, pimpinan grup tim telah memulai mempelajari opsi bagi tim dapat terus bersaing dalam seri selama era Gen 3, termasuk potensi penjualan kepada pemilik baru.

Markus Schäfer, Member of the Board of Management of Daimler AG and Mercedes-Benz AG; bertanggung jawab atas Daimler Group Research dan Mercedes-Benz Cars COO

Di Mercedes-Benz, kami telah berkomitmen dan berupaya untuk memerangi perubahan iklim selama dekade ini. Hal ini menuntut kami untuk mempercepat transformasi perusahaan, produk, dan layanan kami menuju masa depan yang bebas emisi dan berbasis perangkat lunak, dan untuk mencapainya, kami harus memberikan fokus penuh pada kegiatan inti kami. Dalam dunia motorsport, Formula E telah menjadi ajang pembuktian keahlian kendaraan elektrik kami dan membangun brand Mercedes-EQ kami, tetapi di masa depan, kami akan terus mendorong kemajuan teknologi – terutama di sisi penggerak listrik – dengan fokus pada Formula One. Hal ini merupakan sebuah medium di mana kami terus-menerus menguji teknologi kami dalam persaingan paling ketat yang ditawarkan dunia otomotif – dan membuat brand bintang-sudut-tiga kami hampir sulit bersinar lebih terang di tempat lain. F1 menawarkan potensi yang besar untuk transfer teknologi, seperti yang dapat kita lihat dalam proyek yang sedang berlangsung seperti Vision EQXX, dan tim kami serta seluruh seri akan mencapai status net-zero pada akhir dekade ini.

Bettina Fetzer, Vice President Marketing, Mercedes-Benz AG

Selama dua tahun terakhir, Formula E telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menampilkan brand Mercedes-EQ dalam format sangat mutakhir dan benar-benar inovatif. Namun, pada tingkat strategis, Mercedes-AMG akan diposisikan dan diperkuat sebagai kinerja brand kami melalui penyelarasan yang erat dengan tim Formula Satu kami yang memecahkan rekor, dan F1 akan menjadi fokus motorsport utama perusahaan kami untuk tahun-tahun mendatang. Kami berharap kejuaraan Formula E ini, para pemangku kepentingan, dan format inovatifnya memberikan yang terbaik untuk masa depan karena dapat terus berkembang, dan kami berharap seri ini memiliki masa depan yang cerah.

Ian James, Team Principal, Mercedes-EQ Formula E Team

Kami sangat beruntung dapat menikmati dukungan dari Mercedes-Benz dalam membangun operasi Formula E yang terdepan di kelasnya selama beberapa musim terakhir. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada perusahaan atas kepercayaan dan dukungannya dalam perjalanan kami sejauh ini – dan sepanjang apa yang kami harapkan akan menjadi penutup yang sukses untuk Musim 8 dengan tantangan kejuaraan yang kuat. Meskipun Mercedes-Benz telah memutuskan untuk pergi, kami mengakui nilai dan kekuatan Formula E; oleh karena itu, kami akan mempelajari opsi terbaik bagi tim untuk terus bersaing di luar Musim 8.

Toto Wolff, Head of Mercedes-Benz Motorsport & CEO, Mercedes-EQ Formula E Team

Kami memasuki Formula E dengan pikiran terbuka tentang seri ini dan pendekatan inovatifnya terhadap motorsport. Banyak kerja keras yang dilakukan untuk membangun tim dan membuat hal ini menjadi kompetitif – dan kami telah melihat sekelompok wanita dan pria berbakat yang luar biasa tampil di level tertinggi. Kami bangga dengan pencapaian kami dan terutama dalam meraih dua gelar kejuaraan dunia yang dimenangkan akhir pekan lalu di Berlin, yang akan menjadi tonggak bersejarah dalam sejarah panjang motorsport Mercedes-Benz. Kami akan memberikan segalanya untuk memastikan bahwa kami menyelesaikan petualangan Formula E kami dengan gaya di Musim 8.

Halal Bihalal Mangkuluhur Artotel Suites

Siap Hangatkan Suasana Pasca Idul Fitri Dalam rangka merayakan kemenangan Hari Raya Idul Fitri, Mangkuluhur...

Babak Baru MGallery dengan Peluncuran Kampanye Globalnya 

Dimulainya 2024, MGallery semakin bertekad untuk menggiatkan “M” yang ikonik, yang sekarang identik dengan...

Tempayan Indonesian Bistro Rayakan Grand Opening dengan Penawaran Diskon 50%

Setelah sukses dengan rangkaian pembukaan hingga masa soft opening sejak Maret 2024, Tempayan Indonesian...

- A word from our sponsor -