Kesehatan Mental di Clubhouse

Hidup dalam ketidakpastian adalah salah satu hal yang paling menantang untuk dijalani oleh sebagian orang. Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan bagi semua orang di seluruh dunia, terutama pada kesehatan mental seseorang.

Berdasarkan data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, kasus depresi selama pandemi meningkat sebanyak 57,6%. Oleh karena itu, tidak heran jika kesehatan mental menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan saat ini.

Isu kesehatan mental juga kerap menjadi perbincangan di media sosial, termasuk Clubhouse, yang mulai booming di Indonesia pada awal 2021, di tengah pandemi Covid-19. Clubhouse adalah aplikasi jejaring sosial berbasis suara yang telah berhasil menarik perhatian.

Media sosial ini memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mendiskusikan banyak hal dengan menyediakan berbagai pilihan klub dan ruang diskusi atau disebut ‘room’ yang dapat diikuti oleh para pengguna Clubhouse atau disebut Clubhousers. Klub kesehatan mental juga merupakan salah satu klub paling populer di Clubhouse.

Selain itu, banyak kreator di Clubhouse membuat ‘room’ untuk membahas kesehatan mental.

Berikut adalah daftar klub dan kreator populer yang dapat membantu Anda untuk berdiskusi dan mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan mental:

Klub Kesehatan Mental Terpopuler di Clubhouse Indonesia

MENTAL HEALTH INDONESIA

Sebuah klub untuk berbagi cerita, pengalaman, informasi dan mendiskusikan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan mental. Terbuka untuk siapa saja dengan berbagai latar belakang.

Ikuti klubnya di sini

SehatMental.id

Sebuah forum yang menawarkan banyak kegiatan untuk membangun kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental agar kita bisa bebas dari stigma (#merdekatanpastigma)

Ikuti klubnya di sini

TemanCurhat.id

Teman Curhat ID adalah ruang digital yang berperan sebagai pendengar yang baik. Anggota klub ini sering berbagi cerita tentang berbagai topik untuk saling mengungkapkan perasaan dan keprihatinan, serta mendapatkan wawasan untuk memperkaya pikiran.
 
Ikuti klubnya di sini

Kreator Kesehatan Mental Terpopuler di Clubhouse Indonesia

Adjie Santosoputro

Adjie adalah praktisi mindfulness yang fokus menangani pemulihan batin. Ia aktif membagikan tentang kebahagiaan dan ketenangan jiwa melalui pelatihan, workshop dan seminar.
 
Ikuti Adjie di sini

Ade Binarko

Ade adalah pendiri Sehatmental.id yang merupakan komunitas perawatan kesehatan mental di Indonesia. Ia juga dikenal sering mengikuti berbagai kegiatan untuk membagikan kisah inspiratifnya, salah satunya adalah kisah perjuangannya melawan anxiety disorder (gangguan kecemasan).
 
Ikuti Ade di sini

Detty Wulandari 

Detty adalah Co-Founder klub Mental Health Indonesia dan Indonesia Art Network di Clubhouse. Dia adalah seorang pecinta seni yang hidup dengan kondisi bipolar selama 25 tahun. Ia sering membuat room dan membahas berbagai hal, salah satunya tentang perilaku manusia.

Ikuti Detty di sini

Destinasi Terbaik Wisata di Indonesia

DestinAsian Umumkan Pemenang dari Poling Readers’ Choice Awards 2024 Majalah DestinAsian sekali lagi mengumumkan hasil...

Vasaka Hotel Jakarta Sinergi Berbagi di Ramadhan

Tepat pada 23 Maret 2024, Vasaka Hotel Jakarta managed by Dafam menyelenggarakan acara buka...

Program Stiker Drive-Thru Pertama Starbucks di Indonesia

Meriahkan Ramadan Starbucks mengusung tema "A Cup of Kindness" pada Ramadan tahun ini dengan...

- A word from our sponsor -