Keempat Bahan Alami Ini Jarang Terdengar Namun Efektif Tingkatkan Imunitas

Hampir tiga tahun sudah dunia dihantui oleh virus super kecil bernama Corona, tidak terkecuali Indonesia. Menurut data harian yang dihimpun dari Humas BNPB pada Rabu (27/7/2022), terdapat sebanyak 6.438 kasus baru dengan DKI Jakarta sebagai penyumbang kasus terbanyak.

Muncul dengan berbagai varian, mulai dari Alpha, Beta, Gamma, Delta, hingga kini Omicron, virus ini tidak kunjung hengkang dan bahkan menjadi semakin dekat dengan kehidupan seluruh manusia. Masyarakat nampaknya semakin terbiasa dan menganggap ringan virus satu ini. Padahal, sekalipun varian terbaru yang menjadi perhatian, Omicron BA.4 dan BA.5, tergolong tidak seberbahaya varian-varian sebelumnya, namun lebih cepat menular dan lebih kebal atau resisten terhadap vaksin Covid-19.

Hal ini menunjukan bahwa memiliki daya tahan tubuh yang optimal harus benar-benar menjadi perhatian, selain menjaga kedisiplinan memakai masker. Dengan begitu, transisi menuju endemi akan lebih cepat.

Yuk kenali bahan-bahan dari alam yang jarang terdengar namun sangat efektif dalam meningkatkan imunitas.

Daun ruku-ruku atau Holy Basil

Tanaman herbal yang dalam Bahasa Inggris disebut Holy Basil adalah merupakan salah satu tanaman herbal yang telah digunakan selama  ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional  Ayurveda karena dianggap sebagai tanaman suci yang memiliki beragam fungsi kesehatan. Sebegitu banyaknya, hingga ruku-ruku sering dijuluki sebagai ratu herbal.

Menurut Amway Nutrilite Clinical Investigations Scientist, Kristin Morris, Ph.D, “Daun Holy Basil dipercaya memiliki kemampuan yang dapat mendukung respons yang sehat terhadap stress serta menenangkan hati. Tanaman ini juga dapat membantu mendukung imunitas tubuh; mengurangi kadar lemak dan gula pada darah; mengendalikan tekanan darah dan kolesterol; menjaga kesehatan lambung dan jantung; mengobati luka dan infeksi; melawan radikal bebas, mengikis peradangan; dan menjaga kesehatan mulut.”

Lebih lanjut, Kristin menjelaskan, daun ini memiliki sifat imunomodulator, yang mampu mengoptimalkan respon sistem imum, menyeimbangkan produksi antibodi, serta mengaktifkan mekanisme pertahanan alami atau yang biasa disebut imunitas bawaan.

“Daun Holy Basil juga berperan dalam menjaga kesehatan dalam kesehatan pernapasan karena daun ini dapat meringankan penumpukan lendir, mencegah stress oksidatif pada sel di saluran pernapasan, serta bersifat antivirus,” tambahnya.

Selenium

Selenium adalah mineral yang merupakan senyawa antioksidan kuat yang membantu dalam melindungi sel dari radikal bebas yang berbahaya.

Selenium berperan besar dalam mendukung aktivasi dan fungsi dari sel limfosit B dan sel limfosit T, juga dapat meningkatkan proses pembentukan sel limfosit T. Kedua sel ini adalah bagian dari kekebalan adaptif, yang merupakan anggota paling cerdas dari sistem pertahanan tubuh manusia.

Archipelago Gelar Kompetisi Mini Soccer

Archipelago International, grup manajemen hotel swasta terbesar di Asia Tenggara, mengadakan kompetisi Mini Soccer...

Restoran Scusa Dibuka di Ayana Segara Bali

Restoran baru di Ayana Segara Bali ini menghadirkan perjalanan kuliner ke kawasan Mediterania Bergabung dalam...

Kerja Sama Alodokter dan FWD Insurance Berikan Kenyamanan Bagi Nasabah 

Pada era new normal telah membentuk kebiasaan baru bagi masyarakat Indonesia, khususnya di bidang kesehatan, di...

- A word from our sponsor -