Java Lotus Hotel “Goes West?”

Traveler dari Eropa yang menginap di Java Lotus Hotel Jember dalam kuartal pertama 2023 ini, meningkat signifikan. Tren pendorong menajemen meningkatkan kenyamanan menginap bagi pelanggan dari beragam pasar yang mulai mengeksplor kawasan negeri “cerutu” dan pasokan ikan segar pesisir utara Pulau Jawa di tempat pelelangan ikan pelabuhan Puger. 

Prediksi peningkatan kunjungan pasar internasional makin menjanjikan dengan diselenggarakannya sejumlah event yang menetapkan target penonton pasar internasional. Seperti diketahui, Jember juga identik dengan perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC), di tahun 2023, mengambil tema Timelapse pada 4 – 6 Agustus. Karnaval diramaikan delegasi peserta dari 33 negara, melibatkan fotografer dalam dan luar negeri.

Menyongsong naiknya permintaan pasar Eropa dan pergeseran perilaku pasar wisata secara global, diperlukan kecerdasan untuk menangkap added value tanpa tercerabut dari tradisi “pendalungan” Jember. Tim kuliner hotel artisan Java Lotus di Jember mengembangkan produk makanan klasik internasional, Road to JFC, dengan menu “anyar” Classic Fish and Chips.

Jeffrey Wibisono, General Manager mengungkapkan, “Trade mark olahan “pawon” Java Lotus Hotel bercitarasa pedas, asin, gurih yang umum dikonsumsi warga Jember. Makin kaya ragam dengan kehadiran menu Classic Fish and Chips. Kudapan populer “must eat” orang Barat yang identik dengan kehadiran Pisang Goreng di keseharian masyarakat Nusantara. Olahan berbahan baku ikan dori, tepung untuk batter dan bumbu rempah tersedia di pasar lokal”. 

Jeffrey menambahkan, “Jangan lupa Jember itu memiliki pelabuhan dan tempat pelelangan ikan segar Puger dengan oleh-oleh terasi Jember. Budidaya sayur-mayur, termasuk kentang, berasal daerah setempat dan kabupaten tetangga seperti Malang, Bondowoso. Semua ada di pasar lokal terdekat.”

Mengapa Classic Fish & Chips?

Olahan ikan dan kentang goreng ini memiliki sejarah unik. Tercipta ditahun 1860-an, tidak pernah punah dan lekang oleh waktu, di tengah semaraknya tawaran menu-menu olahan ikan. Fish and chips salah satu “comfort food”  digemari banyak orang dengan rasa sangat ringan, tidak berat, tetapi mengenyangkan karena dilengkapi si kentang goreng alias french fries.

Lembutnya daging ikan Dori fillet tanpa duri, dibalut dengan tepung berbumbu klasik Barat racikan Arif, Chef de Cuisine Java Lotus Hotel, semakin sedap dikonsumsi selagi “hangat” di segala cuaca.

Plating di dalam piring termasuk kentang goreng, fresh salad dan tiga macam saus yaitu tartar. Untuk penikmat berpaspor hijau – lidah bercitarasa pedas “cabe” —, tersedia saos tomat dan saos sambal. 

Ingin mencoba piring dengan sambal uleg khas Java Lotus, sila. Well balance!

HatiPlong Membuka Jalan bagi Terapi EMDR Online di Indonesia

Menghancurkan Stigma, Mengubah Hidup Dengan menggunakan aplikasi NiceDay yang inovatif, HatiPlong membawa kekuatan penyembuhan EMDR...

Embrace You, Empower All

Persembahan Minutes of Manager, Girls Beyond, dan Women Nations untuk Perempuan di Indonesia Dalam rangka...

Kekuatan Nilai

Oleh Eileen Rachman dan Emilia Jakob Semenjak pendidikan dasar sekolah, kita sudah diperkenalkan dengan nilai-nilai...

- A word from our sponsor -