Jangan Salah, Ini Cara Merawat Tipe Kulit Kering

Tahukah Anda bahwa dengan semakin bertambahnya usia maka risiko kulit kering akan semakin besar? Kondisi ini biasanya disebabkan karena berkurangnya produksi kolagen, sebum, dan kadar air dalam kulit. Tidak hanya itu, kesalahan pada saat memilih krim perawatan kulit yang cocok juga dapat mengakibatkan kulit menjadi kering.

“Pada tipe kulit normal, biasanya cenderung tidak ada masalah. Tetapi, jika salah penggunaan krim atau salah pemilihan krim, itu akan menjadi masalah. Kenapa? Karena hilangnya barrier kulit. Nah, itu akan menyebabkan kulit yang tadinya normal menjadi kering. Kenapa? Karena barrier yang seharusnya melindungi kulit akan hilang,” tutur dr. Ratna Defi, M. Biomed (AAM).

Setiap tipe kulit pastinya memiliki masalahnya sendiri. Berbeda dengan pemilik tipe kulit berminyak yang ingin wajahnya bebas dari minyak dan jerawat, pemilik tipe kulit normal cenderung kering pun memiliki masalahnya sendiri, seperti wajah yang kusam, mudah iritasi, dan cepat mengalami kerutan.

Keadaan kulit seperti ini tentunya dapat mengganggu kegiatan sehari-hari dan bahkan membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Terlebih, kondisi kulit kering biasanya juga akan menyebabkan riasan makeup yang dipakai tampak retak atau bahkan mengelupas.

Lalu, kalau sudah begini, bagaimana solusinya?

1. Hindari membasuh wajah dengan suhu air yang terlalu panas

Kita tahu bahwa membasuh tubuh dan wajah dapat membuat tubuh menjadi rileks, apalagi setelah seharian beraktivitas di luar. Namun, membasuh tubuh, terutama bagian wajah, dengan menggunakan air panas dapat membuat kulit menjadi dehidrasi sehingga dapat membuat wajah semakin kering. 

2. Pilih produk pembersih wajah yang tidak menyebabkan iritasi

Pemilihan produk pembersih wajah yang tepat juga sangat penting. Apabila memilih produk pembersih wajah yang salah, wajah bisa menjadi iritasi kemudian membuat wajah jadi semakin kering. Untuk membersihkan wajah, pemilik tipe kulit kering disarankan untuk mencuci muka dengan pembersih wajah atau cleanser yang mengandung aloe vera agar kelembaban kulit tetap terjaga.

3. Selalu menggunakan produk pelembab setelah membersihkan wajah

Membersihkan wajah tentunya merupakan tahap yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun sayangnya, membersihkan wajah juga bisa membuat wajah menjadi kering, terlebih apabila kita terlalu sering melakukannya. Maka dari itu, untuk menghindari kulit semakin kering setelah dibersihkan, segera gunakan produk pelembab agar kelembaban kulit terjaga.

4. Konsumsi suplemen untuk nutrisi kulit

Terakhir, konsumsi suplemen untuk kulit. Hayoo, siapa yang baru tahu kalau ternyata, selain merawat kulit dari luar dengan segala macam skincare yang ada, penting juga, loh, untuk merawat kulit dari dalam menggunakan suplemen yang berfungsi untuk menutrisi kulit.

Salah satu suplemen kulit yang sudah dipercaya untuk merawat kulit kering dari dalam oleh masyarakat Indonesia selama hampir 20 tahun terakhir adalah NourishSkin Ultimate.

NourishSkin Ultimate adalah suplemen perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk merawat tipe kulit normal dan kering dari dalam dan dapat membantu menghilangkan flek hitam dan kerutan yang biasanya ditemukan di wajah ketika sudah memasuki usia di atas 30 tahun. 

Destinasi Terbaik Wisata di Indonesia

DestinAsian Umumkan Pemenang dari Poling Readers’ Choice Awards 2024 Majalah DestinAsian sekali lagi mengumumkan hasil...

Vasaka Hotel Jakarta Sinergi Berbagi di Ramadhan

Tepat pada 23 Maret 2024, Vasaka Hotel Jakarta managed by Dafam menyelenggarakan acara buka...

Program Stiker Drive-Thru Pertama Starbucks di Indonesia

Meriahkan Ramadan Starbucks mengusung tema "A Cup of Kindness" pada Ramadan tahun ini dengan...

- A word from our sponsor -