Ingin Untung dari Bitcoin? Simak Cara Beli Bitcoin yang Benar!

Bitcoin, atau yang sering disebut sebagai “Mother of Coin” adalah aset kripto paling populer di dunia sekaligus bisa dikatakan sebagai induk dari semua koin yang ada di dunia cryptocurrency. Saat ini tak hanya kalangan tertentu saja yang tertarik untuk beli Bitcoin, namun sudah merambah ke kalangan tokoh masyarakat, politisi, artis dan bahkan sebuah negara seperti El Salvador.

Bagi kalian yang tertarik dengan “Mother of Coin” ini maka mari kita bahas tentang langkah-langkah detail dan mudah dipahami tentang cara beli Bitcoin.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah aset digital terdesentralisasi yang memungkinkan transaksi peer-to-peer tanpa perantara seperti bank atau lembaga keuangan.

Bitcoin ini diciptakan oleh individu atau kelompok dengan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009, Bitcoin menggunakan teknologi blockchain untuk mencatat setiap transaksi dalam sebuah buku besar publik yang aman dan transparan.

Bitcoin telah menjadi populer tidak hanya sebagai alat pembayaran tetapi juga sebagai aset investasi, sering kali dibandingkan dengan “emas digital” karena sifatnya yang langka dan potensinya sebagai penyimpan nilai.

Bitcoin memungkinkan transaksi cepat dan biaya rendah di seluruh dunia, dan telah memicu perkembangan berbagai cryptocurrency lainnya. Selain itu yang membuat para investor tertarik adalah karena nilainya yang selalu naik tiap periode.

Mengapa Membeli Bitcoin?

Potensi Investasi

Sejak awal, Bitcoin telah dianggap sebagai aset yang memiliki potensi pengembalian investasi yang tinggi. Harga Bitcoin telah melonjak pesat dalam beberapa tahun terakhir, menarik investor di seluruh dunia. Karena kelangkaan dan ketahanan terhadap inflasi Bitcoin, banyak investor menganggapnya sebagai “emas digital.”

Lebih langka daripada aset digital lainnya, Bitcoin memiliki jumlah koin tertinggi sebesar 21 juta. Ini meningkatkan permintaan Bitcoin dan nilainya. Adopsi institusional dan penerimaan yang lebih luas sebagai alat investasi utama telah meningkatkan daya tariknya sebagai aset investasi jangka panjang.

Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi adalah strategi investasi yang penting untuk mengurangi risiko dan meningkatkan potensi pengembalian; menambahkan Bitcoin ke dalam portofolio Anda dapat membantu diversifikasi dan mengurangi risiko dengan tidak bergantung pada aset tradisional seperti saham dan obligasi.

Dengan menambahkan Bitcoin ke dalam portofolio Anda, Anda dapat memperkenalkan aset yang tidak berhubungan dengan pasar tradisional, sehingga mengurangi risiko keseluruhan portofolio Anda.

Penggunaan dalam Transaksi

Bitcoin juga semakin diterima sebagai alat pembayaran di berbagai produk dan layanan, memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk transaksi sehari-hari. Bisnis besar seperti Microsoft, Overstock, dan banyak lainnya menerima pembayaran dengan Bitcoin.

Transaksi internasional dengan Bitcoin juga lebih cepat dan lebih murah daripada metode pembayaran konvensional. Bitcoin memungkinkan Anda mengirim uang ke siapa saja di seluruh dunia dalam beberapa menit tanpa harus melalui perantara seperti bank atau lembaga keuangan lainnya.

Untuk remitansi dan pembayaran lintas batas, ini sangat membantu karena mengurangi biaya dan waktu yang dibutuhkan. Namun, penggunaan Bitcoin sebagai pembayaran ini hanya berlaku di negara tertentu.

Cara Mudah Beli Bitcoin

1. Pilih Platform Exchange

Cara beli Bitcoin yang pertama adalah memilih platform bursa kripto yang tepat. Bittime adalah salah satu platform bursa kripto tepercaya di Indonesia yang menawarkan layanan jual beli dan investasi aset kripto. Produk layanan yang lengkap dan ramah pengguna membuat Bittime ideal untuk berbagai kebutuhan trading kripto.

2. Registrasi dan Verifikasi Akun

Setelah memilih platform jual beli kripto, langkah berikutnya adalah mendaftar dan membuat akun. Proses ini biasanya melibatkan:

Mengisi Formulir Pendaftaran: Berikan informasi pribadi seperti nama, alamat email, dan nomor telepon.

Verifikasi Identitas: Unggah dokumen identitas seperti paspor atau KTP untuk mematuhi regulasi KYC (Know Your Customer).

3. Deposit Dana ke Akun Exchange

Setelah akun Anda diverifikasi, Anda perlu menambahkan dana ke dalam akun bursa kripto Anda. Platform bursa kripto biasanya menyediakan beberapa metode deposit, seperti:

Transfer Bank: Mengirim uang langsung dari rekening bank Anda.

Kartu Kredit/Debit: Pembayaran instan dengan kartu kredit atau debit.

PayPal: Beberapa platform juga menerima deposit melalui PayPal.

4. Mulai Beli Bitcoin

Setelah dana berhasil didepositkan, Anda siap untuk membeli Bitcoin. Berikut langkah-langkah umumnya:

Cari Pasangan Trading: Di bursa kripto, cari pasangan trading (trading pair) yang sesuai, seperti BTC USDT atau BTC IDR.

Pilih Jenis Order: Anda dapat memilih untuk melakukan market order (membeli dengan harga pasar saat ini) atau limit order (membeli dengan harga tertentu).

Masukkan Jumlah: Tentukan jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli atau jumlah dana yang ingin Anda belanjakan.

Konfirmasi Pembelian: Tinjau kembali detail transaksi dan konfirmasi pembelian.

5. Simpan Bitcoin di Wallet

Setelah berhasil membeli Bitcoin, penting untuk menyimpan Bitcoin Anda dengan aman. Anda dapat memilih untuk menyimpan di:

Wallet Exchange: Penyimpanan di platform bursa kripto, meskipun praktis, memiliki risiko keamanan yang lebih tinggi.

Hardware Wallet: Penyimpanan offline yang lebih aman menggunakan perangkat keras seperti Ledger atau Trezor.

Software Wallet: Aplikasi di komputer atau smartphone yang menawarkan keamanan lebih tinggi daripada wallet exchange.

Tips Aman Beli Bitcoin

Untuk menjaga keamanan dalam berinvestasi Bitcoin, ada beberapa langkah penting yang perlu Anda terapkan.

Pertama, pastikan untuk menggunakan autentikasi dua faktor (2FA) di akun bursa kripto Anda. Dengan mengaktifkan 2FA, Anda menambah lapisan keamanan ekstra yang dapat melindungi akun dari akses yang tidak sah.

Kedua, hindari menyimpan Bitcoin di exchange dalam jangka panjang. Sebaiknya, transfer Bitcoin Anda ke private wallet untuk mengurangi risiko kehilangan akibat peretasan.

Terakhir, jaga informasi pribadi Anda dengan baik. Hindari berbagi informasi pribadi terkait investasi kripto untuk mencegah upaya phishing atau penipuan. Dengan langkah-langkah ini, investasi Bitcoin Anda akan lebih aman dan terlindungi.

Tentang Bittime

Bittime melalui PT Utama Aset Digital Indonesia adalah platform investasi aset kripto yang telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo).

Bittime juga merupakan anggota Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) dan Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO). Selaku platform investasi aset kripto, Bittime memiliki visi untuk memanfaatkan teknologi blockchain demi menghadirkan akses menuju kemerdekaan finansial yang adil bagi semua orang, terlepas dari lokasi atau posisi keuangan mereka.

Aplikasi Bittime bisa diunduh di Google Play dan App Store.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

BINUS Rayakan Ulang Tahun ke-43 dengan Komitmen Membangun dan Memberdayakan Nusantara

Jakarta, 1 Juli 2024 – BINUS University, perguruan tinggi top di Indonesia, merayakan ulang tahun...

Setelah Deny Sumargo Jadi ‘CEO’, Lion Parcel Perkuat CRM Supaya Makin Cuan

CRM itu bukan soal service kasih diskon, bonus terus cross selling dan upselling aja....

Halo Robotics Hadirkan Solusi Drone Pemetaan LiDAR untuk Perkebunan Sawit

Halo Robotics menghadirkan solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi manajemen dan produksi perkebunan kelapa sawit....

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here