Hari Perempuan Internasional 2021

Saatnya Menjadi Perempuan Sadar Pilihan

Perempuan memiliki peran penting dalam mengambil keputusan dari segala aspek kehidupan. Namun faktanya, belum sepenuhnya seluruh perempuan benar-benar ‘merdeka’ atas pilihannya. Dalam hal pemberdayaan misalnya, data SDKI 2017 menunjukkan bahwa masih terdapat 10% perempuan yang tidak memiliki keterlibatan dalam pengambilan keputusan rumah tangga.

Sedangkan dalam hal kesehatan reproduksi, survei DKT Indonesia tahun 2019 yang dilakukan pada 891 perempuan di tujuh kota besar di Indonesia mengungkapkan bahwa masih terdapat 10% perempuan yang tidak mendapatkan ijin dari suami untuk menggunakan alat kontrasepsi sebagai langkah perlindungan perencanaan keluarga.

Realita tersebut menginspirasi Andalan, sebagai brand kesehatan reproduksi perempuan terdepan di Indonesia mengampanyekan #PerempuanSadarPilihan untuk menyambut momentum hari perempuan internasional 2021 yang diperingati setiap 08 Maret.

dr. Eni Gustina, MPH selaku Deputi KB KR BKKBN ditemui dalam acara virtual Andalan #PerempuanSadarPilihan mengungkapkan, “Dilahirkan sebagai Perempuan adalah anugerah. Karena perempuan berkontribusi melahirkan generasi Bangsa. Perempuan akan melahirkan generasi berkualitas ketika mereka paham akan hak reproduksinya. Perempuan berhak untuk menentukan kapan dia akan punya anak, berapa jumlah anak yg diinginkan, jarak anak dan kapan untuk tidak punya anak lagi”.

Dr. dr. Melania Hidayat, MPH selaku UNFPA Assistant Representative menambahkan, “Perempuan sudah menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa dalam berbagai peran dan situasi, termasuk selama krisis global COVID-19. Walaupun pandemi ini telah berdampak besar terhadap perempuan dengan adanya hambatan akses ke layanan kesehatan seksual dan reproduksi dan meningkatkan risiko kekerasan berbasis gender, perempuan telah memimpin dan berperan penting dalam respon COVID-19 di semua sektor, dari kesehatan hingga sains.”

“Pada Hari Perempuan Internasional ini, marilah kita rayakan perempuan dan kepemimpinan mereka yang membuat dunia menjadi lebih baik. Saat perempuan memimpin, bersama kita menjadi lebih kuat”.

Cut Vellayati, Group Product Manager DKT Indonesia yang membawahi Andalan menjelaskan “Di jaman serba modern ini, sudah saatnya perempuan sadar dan mampu untuk menentukan pilihan khususnya terkait dengan akses kesehatan seksual reproduksi secara menyeluruh. Perempuan harus berperan dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk dirinya sendiri untuk mengurangi dampak kesehatan terhadap tubuhnya”.

“Di Indonesia misalnya, 305 dari 100.000 perempuan meninggal karena hal yang berkaitan dengan kehamilan maupun pada saat melahirkan . Selain itu, Ibu Rumah Tangga saat ini masih menjadi salah satu kelompok yang rentan terhadap infeksi HIV . Ditambah, masih terdapat 11% perempuan Indonesia yang belum terpenuhi kebutuhannya dalam berkontrasepsi, dikarenakan kesulitan akses terhadap kontrasepsi,” tambah Cutvella.

“Untuk itu, melalui momentum Hari Perempuan Internasional kali ini, Andalan ingin mengaja perempuan Indonesia untuk sadar serta mampu menentukan pilihan kesehatan yang terbaik. Perempuan seringkali menomorduakan kesehatan dirinya sendiri, dan memprioritaskan kesehatan orang yang disayanginya baik itu suami, keluarga, maupun anak. Hal ini membuat perempuan akhirnya mengabaikan tentang kesehatan diri termasuk kesehatan reproduksinya.”

“Padahal, perempuan memiliki anatomi reproduksi yang sangat kompleks, berbeda dengan laki-laki, perempuan juga memiliki kekuatan untuk hamil, sehingga hal tersebut perlu direncanakan dengan matang dan baik, mulai dari persiapan kesehatan menjelang kehamilan, kelahiran, hingga sesudah melahirkan,” ujar Group Product Manager DKT Indonesia.

Kampanye #PerempuanSadarPilihan dilakukan dengan berbagai kegiatan digital untuk menjangkau perempuan secara menyeluruh, antara lain:

  1. Virtual Event bekerja-sama dengan BKKBN dan UNFPA yang dihadiri oleh seribu partisipan perempuan dari berbagai latar belakang profesi seperti tenaga kesehatan, pemerintah, karyawan swasta, akademisi, dan ibu rumah tangga.
  2. Digital kompetisi “Perempuan Sadar Pilihan” yang menjangkau 1 juta perempuan Indonesia lewat akun social media @andalankontrasepsi @andalankehamilanku @andalanfemininecare, di mana perempuan didorong untuk memberikan support dan motivasi untuk sahabat andalannya dan saling menginspirasi untuk menjadi perempuan yang mampu memberikan pilihan terbaik.

Acara ini juga sekaligus menjadi momentum Andalan untuk meluncurkan tiga produk spesial dari Andalan berupa Andalan Pregnancy Test (Midstream dan Strip) dan Ovulation Test Kit untuk menemani perempuan

Photo by Drew Hays on Unsplash

Indonesia dalam merencanakan kehamilannya secara tepat dan terpercaya, antara lain:

Andalan Pregnancy Test Kit (Midstream & Strip)

Alat uji pribadi awal kehamilan yang 99,9% akurat, tepat, dan terpercaya dengan hasil yang lebih cepat, praktis dan mudah dibaca.

Alat ini bekerja dengan mendeteksi hormone hCG (human chorionic gonadotropin) dalam urin yang meningkat pada awal kehamilan. Andalan meluncurkan dua varian pregnancy test kit yaitu Andalan Pregnancy Test Midstream & Andalan Pregnancy Test Strip.

  • Harga Eceran yang Disarankan untuk Andalan Pregnancy Test Strip Rp7.500/pack
  • Harga Eceran yang Disarankan untuk Andalan Pregnancy Test Midstream Rp0.000/pack

Andalan Ovulation Test

Alat uji pribadi untuk menentukan masa subur secara praktis, 99,9% akurat, tepat, dan terpercaya. Alat ini bekerja dengan cara mengukur kadar LH (Lutenizing Hormone) pada urin untuk memprediksi waktu ovulasi. 

Andalan Ovulation Test bertujuan untuk membantu Perempuan Indonesia merencanakan kehamilan lebih baik maupun berkontrasepsi alami dengan kalender KB sebagai pendamping kontrasepsi modern lainnya. Harga eceran yang disarankan untuk Andalan Ovulation Test Kit Rp20.000,-

Untuk menyambut perayaan Hari Perempuan Internasional 2021 dan mendukung perempuan Indonesia dalam merencanakan kehamilan lebih baik, Andalan memberikan harga spesial Rp803 untuk seluruh produk Andalan Pregnancy and Ovulation Test Kit di official store Sutra Fiesta Andalan di Shopee pada 8 Maret 2021.

Cutvella menambahkan “Hadirnya inovasi berupa Andalan Pregnancy and Ovulation Test Kit ini diharapkan dapat menjadi pilihan Perempuan Indonesia untuk merencanakan kehamilan secara tepat dan terpercaya”.

“Andalan merupakan brand kesehatan reproduksi yang telah dipercaya oleh perempuan Indonesia untuk menjaga kesehatan reproduksi dari kini hingga nanti. Seterusnya, kami ingin menjadi sahabat andalan bagi perempuan Indonesia untuk perlindungan kesehatan mereka, yang selalu memahami, serta memberikan rasa nyaman dan aman untuk perempuan menghadapi peran di masyarakat,” ujar Group Product Manager DKT Indonesia tersebut menutup.

Andalan Pregnancy and Ovulation Test Kit bisa didapatkan di minimarket dan apotek terdekat di kota Anda dan juga melalui Sutra, Fiesta, Andalan Official Shop di Shopee, Tokopedia, Lazada, Buka Lapak, Asmaraku, Jd.id.

Holiday Inn Resort Bali Canggu, Sebuah Maha Karya Pesisir

Holiday Inn Resort Bali Canggu membuka pintunya, menandai hadirnya koleksi akomodasi premium terkemuka yang...

Keterlihatan

Oleh Eileen Rachman & Emilia Jakob “Out of sight, out of mind,” demikian kekhawatiran banyak orang...

Imperva Perluas Jaringan Global dengan Menambah PoP Kedua di Indonesia

Dukung Pertumbuhan Bisnis Imperva Inc., perusahaan cyber security terdepan dalam sektor pelindung data business critical organisasi, hari ini mengumumkan...

- A word from our sponsor -