Ghost Piracy

BSA Serukan “Ghost Piracy” pada Perangkat Lunak Bisnis, serta Rincian Kasus Pekerja Jarak Jauh yang Menggunakan Perangkat Lunak Ilegal selama Bekerja dari Rumah

BSA mengusung upaya baru untuk membatasi akses ke perangkat lunak ilegal pada perusahaan-perusahaan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam 

Bekerja dari rumah tidak menghambat penggunaan perangkat lunak ilegal, terutama perangkat lunak kelas atas yang digunakan dalam industri teknik, desain, dan animasi di seluruh kawasan ASEAN. 

BSA | The Software Alliance melaporkan bahwa perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara terus melanggar Hak atas Kekayaan Intelektual Perangkat Lunak (Hak KIPL). Adapun kasus yang terjadi baru-baru ini menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan teknologi untuk memungkinkan pekerja mengakses perangkat lunak ilegal di kantor – begitupun saat bekerja di rumah karena pandemi.

Minggu ini, Petugas Kepolisian Ekonomi dan Kejahatan Siber di Thailand melaporkan telah melakukan penggrebekan pada sebuah studio animasi di Bangkok yang sedang membuat konten hiburan untuk platform streaming global.

Penggerebekan tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari laporan seorang karyawan kepada BSA. Sementara para petugas menjalankan surat perintah penggeledahan terkait dengan pelanggaran terhadap undang-undang hak cipta perangkat lunak, mereka menyaksikan para pekerja dirumah mengakses komputer kantor dari jarak jauh untuk menyelesaikan pekerjaan desain.

Para pekerja menggunakan akses jarak jauh dan perangkat lunak  kendali jarak jauh untuk mengakses versi yang diretas dari perangkat lunak ilegal.

Perusahaan memiliki 20 komputer di kantor, 15 di antaranya berisi program Autodesk Maya tanpa izin yang digunakan untuk efek khusus pada film dan animasi. Nilai total perangkat lunak ilegal tersebut senilai hampir $200,000.  

Menurut BSA, kasus serupa seperti “Ghost Piracy” jarak jauh juga diyakini terjadi di antara para profesional desain, kreatif, animasi, dan teknik di Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Vietnam serta negara lainnya. Eksekutif BSA di Asia Tenggara mengatakan bahwa mereka sedang mengatur waktu diskusi dengan pihak pemerintah di kawasan ASEAN untuk mengatasi potensi kasus ‘Ghost Piracy, seiring dengan kepatuhan umum terhadap hukum kekayaan intelektual perangkat lunak dan kejahatan dunia maya. 

“Seiring dengan kerugian yang terjadi pada keamanan siber dan supremasi hukum, kami percaya bahwa perusahaan dapat menemukan cara untuk mengakses perangkat lunak ilegal bahkan selama pekerjaan jarak jauh,” kata Senior Director BSA, Tarun Sawney.  

Rekomendasi Berbagai Hidangan Ayam Khas Asia

Cocok dengan Minuman Khas Archipelago International Archipelago International, yang terkenal dengan komitmennya dalam menciptakan pengalaman...

Apa Kata Orang?

Oleh Eileen Rachman dan Emilia Jakob Berdiri dan berbicara di depan orang banyak merupakan ketakutan...

Jelajahi Banten 

Tiga Pilihan Akhir Pekan Maupun Outing Kantor yang Tak Terlupakan bersama Aston Hotels International Mulailah petualangan...

- A word from our sponsor -