Generasi Sandwich

Monday Moneyfest

Anda tentu sering sarapan roti sandwich. Rasanya enak dan menyiapkannya pun praktis. Umumnya roti sandwich diisi dengan daging asap atau isian manis seperti selai kacang.

Bagaimana dengan Generasi Sandwich? Yang satu ini jauh dari enak.

Ciri-ciri Generasi Sandwich:

  1. Financial suffocation atau sesak napas finansial. Tidak bebas karena terhimpit beban finansial.
  2. Gaji biasanya sudah habis sebelum gajian berikutnya. Boro-boro untuk menabung, tengah bulan pun sudah mulai minus.

Fenomena Generasi Sandwich muncul karena orang tua mereka tidak sempat menyiapkan dana untuk hari tuanya sehingga orang tua akan bergantung pada anaknya. Semua orang pasti akan menjalani usia tua dan memasuki masa pensiun. Persoalannya, apakah kita juga akan membiarkan anak anak kita menjadi Generasi Sandwich?

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana Anda akan hidup di masa tua nanti? Apakah Anda akan bergantung pada penghasilan anak Anda kelak? Apakah Anda masih bisa produktif di usia tua dan mampu membiayai kehidupan Anda dengan gaya hidup yang Anda inginkan?

Anak memang punya ‘kewajiban’ untuk mengurus orang tuanya di masa tua, namun bukankah lebih baik jika hal ini tidak terjadi? Akan lebih damai jika orang tua tidak membebani anaknya. Jika tidak ingin memberatkan generasi penerus sebagai Generasi Sandwich, maka sekaranglah saatnya mulai menyiapkan dan merencanakan keuangan jangka panjang.

_________ Photo by Thirdman from Pexels

Siapa pun yang saat ini sudah terlajur menyandang status sebagai Generasi Sandwich, bersikaplah positif dan segera mencari solusi agar Anda tetap bisa menikmati hidup. Teruslah perbesar kapasitas Anda karena Tuhan pasti akan mengucurkan berkat-NYA agar Anda tetap kuat menjalankan peran sebagai Generasi Sandwich.

Bagaimana caranya?

  1. Bersyukur karena diberi kesempatan membalas budi ke orang tua
  2. Tidak menyalahkan orang tua
  3. Bersikap terbuka terhadap peluang bisnis serta kesempatan menambah income.
  4. Meningkatkan literasi keuangan dan berinvestasi dengan benar, melalui komunitas dan mentor yang tepat
  5. Sisihkan dana untuk untuk mengelola risiko dengan asuransi dan dana investasi untuk tabungan hari tua.
  6. Mendidik anak cerdas finansial sejak dini.

Pelajaran hidup biasanya kita dapatkan dari peristiwa hidup, karenanya Anda yang berpotensi menjadi Generasi Sandwich dapat melakukan serangkaian tindakan pencegahan dengan menyusun strategi keuangan agar jika tiba saatnya harus membiayai orang tua dan anak-anak, Anda akan jauh lebih siap.

Bacalah buku buku tentang financial planning dan berdiskusi dengan perencana keuangan bersertifikat, karena manusia boleh berencana namun saldo jugalah yang menentukan.

Oleh Susan Djokosudirgo, AWP

Untuk diskusi gratis perencanaan keuangan, silakan japri ke IG @susandjoko

Rekomendasi Berbagai Hidangan Ayam Khas Asia

Cocok dengan Minuman Khas Archipelago International Archipelago International, yang terkenal dengan komitmennya dalam menciptakan pengalaman...

Apa Kata Orang?

Oleh Eileen Rachman dan Emilia Jakob Berdiri dan berbicara di depan orang banyak merupakan ketakutan...

Jelajahi Banten 

Tiga Pilihan Akhir Pekan Maupun Outing Kantor yang Tak Terlupakan bersama Aston Hotels International Mulailah petualangan...

- A word from our sponsor -