Gandeng Sinar Mas Land, Bobobox Dorong Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi

Para wisatawan dan business traveler kini tidak perlu lagi repot memikirkan fasilitas akomodasi yang nyaman dan terjangkau di pusat kawasan bisnis Jakarta Selatan. Bobobox meresmikan Bobobox ITC Kuningan yang merupakan proyek kolaborasi Bobobox dengan ITC Group, salah satu divisi usaha Sinar Mas Land pada Rabu (8/12) lalu.

Acara peresmian tersebut turut dihadiri oleh Wakil Walikota Jakarta Selatan Drs Haji Isnawa Aji, MAP serta Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Dedi Sumardi.

Kerja sama strategis tersebut muncul demi menjawab kebutuhan konsumen akan fasilitas beristirahat nyaman yang berlokasi di tengah kota dengan harga yang terjangkau. Christine Natasha Tanjungan, Division Head of ITC Group menyatakan bahwa kolaborasi ITC Group dengan Bobobox menjadi bagian dari strategi ITC seiring berkembangnya digitalisasi di berbagai bidang yang telah mengubah gaya hidup masyarakat.

Sebagai kelanjutan pengembangan ekosistem digital, Ia berharap keberadaan fasilitas itu di area central business district akan memudahkan akses bagi para wisatawan dan business traveler setelah seharian sibuk dengan beragam kegiatan serta dapat menimbulkan dampak positif kepada usaha pedagang UMKM di ITC Kuningan serta menciptakan peluang usaha bagi masyarakat sekitar.

CEO Bobobox Indra Gunawan menyambut kerja sama itu dengan penuh antusias. “Keahlian kami dalam menghadirkan hotel kapsul berbasis teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi dan sistem internet of things dapat memberikan pengalaman personalisasi bagi setiap penggunanya. Kami berharap kehadiran Bobobox akan mengoptimalkan pengalaman yang berkesan bagi para pengunjung,” tuturnya. 

Keunggulan fasilitas itu yakni mengusung konsep smart shared living dalam bentuk ruang istirahat yang bersih dan compact sekaligus tetap aman nan nyaman untuk diisi oleh dua orang. Masing-masing ruang kapsul akan dilengkapi dengan teknologi internet of things (IoT) untuk kemudahan check-in, check-out, dan permintaan lain. Cabang Bobobox terbaru tersebut terdiri dari total 36 pods, dengan rincian 23 double pods dan 13 single pods yang dapat pelanggan rasakan dengan harga mulai dari Rp130.000.

Di saat bersamaan, kemitraan antara Bobobox dengan Sinar Mas Land juga dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah terkait pemulihan ekonomi berbasis digitalisasi. 

“Sebagai salah satu pilihan investasi, kami menawarkan sejumlah skema kolaborasi kepada para pemilik properti yang tidak hanya dapat meningkatkan nilai investasi dari properti tersebut, namun juga dapat berkontribusi terhadap upaya pemulihan ekonomi di Indonesia,” tambah Indra.

Sebagai sebuah perusahaan rintisan di sektor proptech, Bobobox menawarkan sejumlah fasilitas bagi tamunya seperti communal area untuk mendukung produktivitas tamu selama tinggal di Bobobox, 24 hours check-in, online check-in dan check-out, serta QR key untuk meminimalisasi sentuhan tangan.

Hingga saat ini, Bobobox telah tersedia di 15 lokasi yang tersebar di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, hingga Yogyakarta. Rencananya, di bulan yang sama Bobobox juga akan meresmikan cabang barunya di Malang. Bobobox Malang akan menjadi cabang ke-16 setelah Bobobox ITC Kuningan. 

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman hampir 50 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE).

Awal 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE. 

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia. Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan properti dan real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independen di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan internasional yang prestisius seperti MIPIM Awards di Prancis (2018), ASEAN Energy Awards (2019), Asia Pacific Property Award (2021), Cambridge IFA’s Global Good Governance Award (2021), Asia Pacific Property Award (2021) dan FIABCI World Prix d’ Excellence Awards (2021).

Dengan dukungan tim manajemen yang solid, Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (melalui pengembangan BSD City), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan klaster atau concept-clustered residential (Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan lain-lain). Di samping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor pengembangan proyek inovatif Strata Mall atau Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi hijau di setiap proyeknya.

Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, mal tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun.

Sejauh ini, Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program-program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Tentang Bobobox

Bobobox didirikan pada 2018 oleh Indra Gunawan dan Antonius Bong. Sebagai startup asli Bandung, Bobobox ingin menjadi the next generation of lifestyle company yang selalu berkomitmen untuk membantu setiap orang menjalani hari-harinya yang berkesan dengan sebuah pengalaman tidur yang baik, melalui inovasi teknologi, desain modular dan keramah-tamahan.

Hingga saat ini, Bobobox telah memiliki kurang lebih 1.000 pods yang tersebar di 14 lokasi di Indonesia. Di tengah pandemi COVID-19, Bobobox mampu menunjukkan resiliensi-nya dengan mempertahankan tingkat okupansi sesaat setelah kebijakan lockdown dicabut, yaitu dengan mengembalikan okupansi di level 80% dari tingkat okupansi sebelum COVID-19.

Teknologi yang dimiliki Bobobox sangat memudahkan konsumen sehingga lebih dari 80% tamu yang menginap adalah mereka yang melakukan direct transaction melalui aplikasi. Bobobox telah menjadi brand yang dicintai masyarakat, dengan lebih dari 138.000 pengikut organik di Instagram.

Bobobox mampu mempertahankan Net Promoter Score di angka 70%. Menjawab kebutuhan konsumen yang semakin beragam, baru-baru ini Bobobox meluncurkan beberapa lini produk baru yakni Boboliving dan Bobocabin.

Sejauh ini, Bobobox telah meraih pendanaan Series A sebesar US$11.5 juta dari beberapa investor seperti Alpha JWC, Sequoia Surge dan Horizons Ventures.

Bobobox telah menjalin kerjasama dengan berbagai mitra strategis dan juga pemerintah. Baru-baru ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menggandeng Bobobox untuk berpartisipasi dalam upaya pemulihan ekonomi Indonesia, dengan mendukung wisata domestik dan juga kontribusi terhadap UMKM.

Setelah Libur Lebaran ala POCO

Begini Cara Paling Ampuh Biar Performa Kencang Lagi  Setiap libur panjang Lebaran usai, dan menghadapi kenyataan...

Berbagi Bersama Panti Asuhah Nurul Iman Jafariyah

Aryaduta Menteng berbagi kebahagiaan dan kebersamaan bersama anak-anak dari Panti Asuhan Yayasan Nurul Iman...

Tasrih Ketakutan dari Joko Anwar

Resensi Film Siksa Kubur Oleh Akmal Nasery Basral Mengisi libur Idul Fitri dengan film horor di...

- A word from our sponsor -